Galvatron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Galvatron
Galvatron.jpg
Decepticon
Fungsi Decepticon Leader
Peringkat 9
Semboyan "My power is everything; defeat is absurd!"
Model alternatif Laser Cannon/Pistol
Seri Transformers: Generation 1
Transformers: Generation 2
Transformers: Titanium
Transformers: Universe

Galvatron merupakan salah satu karakter robot fiksi dari serial The Transformers. Ia merupakan re-inkarnasi dari Megatron yang diceritakan tewas bersama Optimus Prime saat perang besar yang terjadi pada tahun 2005.

Profil[sunting | sunting sumber]

Kata Galvatron bermakna sebagai sebuah batere elektronik berkekuatan besar. Ia merupakan robot dari hasil pembangunan ulang oleh Unicron. Ia sebelumnya dikenal sebagai Megatron.

Masih sama seperti Megatron, ia dikenal sebagai pemimpin Decepticons pengganti Megatron. Setelah Megatron berubah menjadi Galvatron, dia segera pergi ke Cybertron bersama Cyclonus untuk membunuh Starscream atas pengkhianatannya.

Galvatron sempat merebut matrix warisan Optimus Prime dari tangan Ultra Magnus. Namun ia tidak lama memegang barang pusaka tersebut, sebab seorang robot muda bernama Hot Rod berhasil merebut matrix tersebut dan memakainya pada tubuh dia sendiri, hingga akhirnya Hot Rod berubah menjadi Rodimus Prime.

Galvatron bisa berubah menjadi sebuah kanon laser yang besar. Ia mempunyai dua asisten yaitu Cyclonus dan Scourge.

Dalam episode “The Return of Optimus Prime”, Galvatron sempat bekerja sama dengan Optimus Prime yang baru saja bangkit dari kematian. Ia berkerjasama semata-mata hanya untuk menghindari infeksi akibat spora matahari. Namun lucunya ia juga malah terinfeksi, sebelum akhirnya Optimus Prime berhasil menyelamatkan seluruh umat manusia, dan seluruh Transformers (Autobots dan Decepticons) dengan menggunakan kekuatan matrix.

Diakhir cerita, Galvatron memutuskan untuk berdamai dengan Autobots dengan menjabat tangan Optimus dan berkata “Terima kasih Optimus, mulai sekarang kita tidak usah berperang lagi”.

Age of Extinction film[sunting | sunting sumber]

Galvatron muncul di Transformers: Age of Extinction. Setelah pertempuran Chicago, sebuah perusahaan bernama KSI mengumpulkan sisa-sisa Decepticons yang mati dari sana dan Autobots yang diburu manusia. Mereka digunakan untuk menciptakan Transformers buatan manusia, termasuk Galvatron yang diciptakan dari sisa-sisa Megatron dan Stinger yang diinspirasi dari Bumblebee. Tanpa sepengetahuan siapapun, Megatron secara aktual masih hidup dan tinggal kepalanya yang tidak aktif. Pertama, dia dikirim untuk menangkap Optimus Prime, namun batal karena intervensi Lockdown. Galvatron, Stinger, dan prototipe lainnya dibawa ke Beijing, di mana Galvatron mengaktifkan dirinya sendiri dan menginfeksi prototipe Transformers buatan manusia lainnya dan menggunakannya sebagai anak buahnya untuk mencuri "Seed". Namun, Optimus dan Autobots berhasil menghancurkan pasukan barunya dengan bantuan Dinobots. Karena rencananya gagal, Galvatron memutuskan untuk melarikan diri dari pertempuran. Galvatron memiliki bentuk alternatif truk 2014 Freighliner Argosy.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]