Dinobot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dinobots (dalam bahasa Hungaria dinamakan Dinobotok) adalah sebuah tim sub-group dari Autobots]. Mereka merupakan salah satu grup dalam serial Transformers yang bisa berubah menjadi binatang purba dinosaurus.

Profil singkat[sunting | sunting sumber]

Dinobots versi original berisikan lima anggota. Mereka digambarkan seperti hewan dinosaurus yang asli, yaitu memiliki kemampuan intelektual yang rendah. Namun diluar itu kekuatan mereka sangatlah luar biasa. Mereka bisa menyemburkan api dari dalam mulutnya dan juga menembakkan laser dari matanya.

Anggota Dinobots original yang paling dikenal oleh masyarakat seluruh dunia yaitu:

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Ide penciptaan Dinobots berawal dari penyelidikan Ironhide tentang gerakan seismic dan kerangkan tulang-berulang di bawah tanah tepat di bawah markas Autobots. Lalu Spike Witwicky dan ayahnya Sparkplug Witwicky menceritakan bahwa fosil hewan dinosaurus-lah yang Ironhide temukan, dan hewan tersebut di zaman dahulu kala memang ada dan hidup di muka Bumi.

Setelah mempelajari beberapa jenis dinosaurus di museum, Wheeljack mengusulkan untuk membuat projek sebuah tim Autobots yang jenisnya adalah dinosaurus. Wheeljack merasa ini penting karena untuk menambah armada pasukan Autobots ketika menghadapi Decepticons. Ratchet juga menyetujui, demikian juga Optimus Prime. Nama projek tersebut adalah Dinobots.

Singkatnya, Grimlock, Slag, dan Sludge berhasil diciptakan. Namun dalam presentasi para Dinobots tersebut malah mangacau di markas Autobots. Salah satu ulah mereka adalah menghancurkan komputer Teletraan I. Optimus akhirnya memerintahkan agar projek Dinobots dibatalkan, dan semua tubuh mereka disimpan kembali di bawah tanah.

Namun ketika Autobots mengalami kesulitan dalam menghadapi Decepticons, Wheeljack akhirnya memutuskan untuk meng-upgrade Dinobots dengan sedikit kemampuan intelejensi, dan akhirnya berhasil. Optimus akhirnya memperbolehkan Dinobots hidup sebagai bagian dari keluarga besar Autobots.

Tak lama setelah itu, Dinobots banyak membantu Autobots dalam pertarungan dengan Decepticons. Namun sifat mereka yang sedikit agak bodoh telah dimanfaatkan dengan baik oleh Megatron untuk memperdaya Autobots. Ketika Dinobots disuruh menjaga asteroid yang jatuh ke Bumi, Soundwave dengan segera menghipnotis seluruh anggota Dinobots. Dan tak lama, Megatron berhasil memengaruhi Dinobots.

Atas aksi Megatron ini, pihak Autobots memutuskan untuk membuat dua anggota Dinobots lagi. Atas saran dari Chip dan Spike, kedua jenis Dinobots selanjutnya adalah Stegosaurus (Snarl) dan Pteranodon (Swoop). Dan kedua Dinobots baru ini berhasil membujuk balik tiga anggota Dinobots sebelumnya agar kembali memihak Autobots di bawah pimpinan Optimus Prime.

Dinobots sempat beberapa kali bertarung dengan Constructicons (Devastator). Dan Grimlock juga merupakan salah satu anggota Dinobots (atau Autobots selain Optimus Prime) yang sangat berani melawan Megatron satu lawan satu.

Di season ketiga, hanya Grimlock-lah sebagai anggota Dinobots yang paling banyak diceritakan dalam serial ini. Ia menjadi pahlawan saat berhasil menciptakan grup Technobots, ketika Autobots dalam kesulitan saat melawan Decepticons yang dibantu Terrorcons. Selain itu, ia juga berhasil menyelamatkan semua Transformers Primitif dari aksi Primacron yang berencana akan menggunakan kekuatan Transformers Primitif untuk melawan ciptaannya.

Beast Wars and Beast Machine[sunting | sunting sumber]

Beast Wars[sunting | sunting sumber]

Grimlock adalah satu-satunya Dinobot yang kemudian dibangun ulang sebagai Maximals. Dalam versi nini Maximal dan Predacons sempat mengelilingi Bumi saat zaman purba dulu.

Grimlock kemudian tampil dalam buku mini-seri berjudul Beast Wars: The Gathering. Ia diceritakan melawan Magmatron, namun gagal, dan kemudian bergabung bersama Razorbeast di Bumi.

Beast Machine[sunting | sunting sumber]

Dalam versi ini, Megatron menggunakan virus Technorganic untuk memperbesar kekuatannya, dan hal itu membuat Maximals dan Predacons harus kabur dari Cybertron. Namun komputer Oracle membuat sebuah grup untuk meng-handle kekuatan dari Megatron. Dengan menggunakan sisa-sisa DNA dari mantan Maximal, maka terciptalah ksatria Dinobot. Berikut adalah daftar ksatria Dinobots dari Beast Machine:

Transformers: Energon[sunting | sunting sumber]

Dua anggota Dinobots tampil sebagai bagian promosi mainan dalam Transformers: Energon. Mereka adalah Grimlock dan Swoop, dimana mereka bisa bergabung menjadi satu dengan nama Mega-Dinobot. Namun mereka tidak tampil dalam serial kartun.

Transformers Film[sunting | sunting sumber]

Dalam film Transformers karya sutradara Michael Bay, Dinobots sama sekali tidak ditampilkan. Walaupun begitu, dalam video streaming Sector 7, Dinobots sempat tampil dengan karakter Grimlock yang sedang mengacak-acak sebuah konstruksi.

Ribuan fans Transformers dari seluruh dunia sempat meminta Bay untuk menampilkan Dinobots dalam sekuel film ini. Namun menurut komfirmasi terakhir, Michael Bay sudah memutuskan tidak akan menyertakan Dinobots dalam film Transformers: Revenge of the Fallen yang akan dirilis pada 2009 nanti.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Aslinya, dalam Transformers: Animated, Dinobots merupakan sekumpulan robot dinosaurus elektronik dari taman Dino Drive. Ketika Bulkhead secara tidak sengaja menghancurkan mereka, Prof. Sumdac kemudian memperbaiki robot-robot tersebut di lab-nya. Megatron, yang saat itu masih berbentuk kepala, juga turut ikut campur. Ia berharap, dengan diperbaikinya Dinobots, maka akan menjadi sebuah senjata baru untuk menghancurkan Autobots. Tanpa diketahui oleh Prof. Sumdac, Megatron kemudian menambahkan beberapa kemampuan baru kepada Dinobots. Ia menambahkan semburan api, dan juga senjata roket. Saat dinosaurus robot tersebut dicoba oleh Prof. Sumdac, mereka lepas kontrol, kemudian Autobots membantu untuk menghentikan mereka. Bumblebee dan Ratchet kemudian menyerang dinosaurus-dinosaurus elektronik tersebut, namun dengan bantuan kunci Sari Sumdac, dino elektronik tersebut malah berubah menjadi Transformers yang asli. Kemudian Autobots membawanya ke pulau di tengah Lake Erie, dan Grimlock menjadi anggota pertama Dinobots yang berubah menjadi robot.

Selanjutnya, Dinobots tampil dalam beberapa kesempatan, salah satunya saat mereka menggunakan Meltdown untuk berubah menjadi robot seperti Autobots, dan juga menyelamatkan Blackarachnia untuk kembali menjadi Elita One. Mereka juga tampil membantu Autobots untuk melawan Megatron, dan sempat menyerang Sentinel Prime sebelum akhirnya digiring kembali oleh Ultra Magnus.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]