First Aid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
First Aid
Autobot
Sub-grup Protectobots
Fungsi Dokter
Staf Medis
Semboyan "An ounce of maintenance is worth a pound of cure."
Model alternatif Mobil Ambulan Toyota Hiace
Seri Transformers: Generation 1
Transformers: Generation 2
Transformers: Universe
Transformers: Energon

First Aid adalah nama untuk salah satu karakter robot fiksi dari serial Transformers. Ia merupakan salah satu anggota tim Protectobots yang juga merupakan sub-grup dari Autobots.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

First Aid adalah robot Autobots yang juga menjadi dokter dan ahli kesehatan untuk seluruh anggota Autobots. Ia bisa berubah menjadi mobil ambulan Toyota Hiace. Ia dikenal tidak suka bila ada mesin yang rusak, atau benda apapun yang rusak. Meskipun begitu ia adalah petarung sejati. Dan ia merupakan salah satu bagian dari Defensor.

Pengisi suaranya adalah aktor Michael Bell.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Pertama kali First Aid muncul adalah dalam episode #63, "The Revenge of Bruticus" dengan tanpa penjelasan siapa dia dan dari mana Protectobots berasal.

Setelah kematian Ratchet dalam The Transformers: The Movie, First Aid menjadi tulang punggung utama Autobots bila ada salah satu anggotanya yang cedera atau rusak.

Peran utama ia dapatkan dalam episode #85, The Ultimate Weapon. Dalam episode ini, First Aid masuk ke Metroplex untuk menolong Blades yang ditembak oleh Decepticons. Dan saat itu, hanya First Aid-lah satu-satunya Protectobots yang ada di Metroplex. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Combaticon Swindle untuk menyelinap ke Metroplex dan ia mencuri roda transformasi Metroplex. First Aid mencoba menghadang, namun gagal. Daripada ia dimarahi oleh para Autobots, First Aid kemudian memilih untuk kabur.

Sementara itu, begitu mengetahui roda Metroplex dicuri, Autobots akhirnya memutuskan untuk mencuri roda milik Trypticon. Sayangnya roda tersebut tidak berfungsi karena memang tidak kompartibel. Satu-satunya orang yang bisa menambatkan roda tersebut dengan benar adalah First Aid. Akhirnya Hot Spot mencoba untuk merayu First Aid agar kembali ke Autobots, dan Hot Spot berhasil. Ketika Metroplex diserang Trypticon, First Aid memberanikan diri masuk ke Metroplex, dan menyetel roda transformasi untuk Metroplex, dan hal itu berhasil, Metroplex berhasil mengalahkan Trypticon sekali lagi, dan hal ini membuat First Aid semakin bersemangat.

Dalam The Return of Optimus Prime Part 1, First Aid membuatkan Jessica Morgan sebuah kaki mekanik, dikarenakan Jessica mengalami kelumpuhan akibat di serang Decepticon, namun ayah Jessica, Dr. Mark Morgan tidak suka dengan hal tersebut, dan malah menyerang Autobots dengan Hate Plague. Namun semua Transformers berhasil selamat berkat usaha Optimus Prime yang memakai Matrix.

Penampilan terakhir First Aid adalah di episode The Rebirth Part 3.

Transformers: Universe[sunting | sunting sumber]

Sebuah Micromaster bernama First Aid dirilis dalam toy line Transformers: Universe di 2004. Ia adalah redeco dari G1 Sireen. First Aid di versi ini adalah kaki kiri dari Defensor.

Transformers: Energon[sunting | sunting sumber]

First Aid adalah nama Jepang untuk Autobot yang di versi AS dikenal dengan nama Red Alert.