Constructicon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Scrapper)
Mainan Devastator Transformers.

Constructicons (dikenal dengan nama Buildrons di Jepang, dan Szerkesztettek di Hungaria) adalah salah satu sub-grup Decepticons. Mereka merupakan grup kombinasi pertama dalam serial Transformers sebelum kedatangan beberapa grup lainnya seperti Aerialbots, Stunticons, Predacons, Terrorcons, Protectobots, Combaticons, Seacons, dan Technobots. Constructicons bisa bergabung menjadi sebuah robot besar dengan nama Devastator.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Scrapper[sunting | sunting sumber]

Ia merupakan pemimpin dari grup Constructicons yang merupakan anak grup dari Decepticons. Scrapper bisa berubah menjadi sebuah scoop loader.

Bonecrusher[sunting | sunting sumber]

Bonecrusher dikenal sebagai salah satu anggota Constructicons yang suka membuat kerusuhan. Ia juga dikenal sebagai salah satu pekerja spesialis pembongkaran bangunan. Dibawah motivasi dan juga motifnya, ia adalah seorang perfeksionis dalam hatinya. Dan ia juga berharap bisa menghancurkan semua yang tidak sependapat dengan hatinya, termasuk juga semua anggota Autobots. Ia sangat menyukai perannya sebagai penghancur ketika ia bergabung bersama rekan-rekan Constructicons lainnya sebagai Devastator. Dalam mode normal, Bonecrusher bisa berubah menjadi sebuah bulldozer. Dan dalam mode Devastator, ia merupakan bagian kiri dari lengan Devastator. Bonecrusher juga tampil dalam film Transformers 2007 karya sutradara Michael Bay. Pengisi suara Bonecrusher dalam serial versi kartun adalah Neil Ross yang juga berperan sebagai pengisi suara Hook.

Scavenger[sunting | sunting sumber]

Scavenger adalah salah satu anggota Constructicons yang diceritakan mempunyai kemampuan agak kurang dari anggota-anggota lainnya. Satu-satunya kemampuan ia adalah ia dapat mendeteksi berbagai item elektrik, magnetik, dan juga gas yang terdapat dibeberapa tempat. Sayangnya kebanyakkan item yang ia temukan adalah sampah, sehingga ia sering dianggap bodoh oleh Megatron dan juga Scrapper. Scavenger dapat berubah menjadi sebuah eskavator. Ia merupakan bagian lengan kanan dari Devastator. Tadinya nama original Scavenger adalah Scrounge. Namun oleh pihak Hasbro, nama Scrounge digunakan sebagai julukan untuk Scavenger dari semua anggota Constructicons dan juga Decepticons.

Mixmaster[sunting | sunting sumber]

Mixmaster merupakan anggota Constructicons yang mempunyai sedikit mikrochip di pusat datanya. Namun walaupun mempunyai chip yang sangat sedikit, ia merupakan salah satu anggota Constructicons yang cukup jenius. Ia dikenal sebagai ahli kimia Constructicons. Ia dapat mencampur berbagai unsur kimia dalam drum mixernya ketika ia berubah menjadi truk mixer. Selain itu ia juga sering mencampur beberapa objek solid –seperti mobil– dalam drum mixernya sehingga bangunan-bangunan hasil karya Constructicons terlihat sangat kuat (walaupun sebenarnya cukup rapuh jika bangunan tersebut diserang oleh Autobots). Mixmaster merupakan bagian kaki kiri dari Devastator.

Hook[sunting | sunting sumber]

Long Haul[sunting | sunting sumber]

Long Haul merupakan anggota armada pengangkutan dari Constructicons Ia bertugas untuk mengantarkan dan membawa bahan-bahan bangunan ke tempat yang dituju Ia lebih menyenangi dirinya yang menjadi ksatria ketimbang armada. Long Haul dapat berubah menjadi sebuah dump truck dan merupakan bagian badan bawah dari Devastator Pengisi suara Long Haul adalah Gregg Berger Dalam buku mewarnai anak-anak Long Haul biasa disapa oleh nama julukan Scrapper yaitu Gravedigger.

Devastator[sunting | sunting sumber]

Devastator adalah gabungan dari enam anggota Constructicons. Bila berdiri secara mandiri, boleh dikatakan kekuatan Constructicons sangatlah payah. Namun bila mereka bergabung menjadi Devastator, kekuatan mereka sangatlah kuat.

Transformers Generasi 1[sunting | sunting sumber]

Serial kartun[sunting | sunting sumber]

Menunjuk pada keterangan Omega Supreme, Constructicons adalah pencipta Crystal City di Cybertron jutaan tahun yang lalu, di mana Omega sendiri bertugas sebagai penjaga di Crystal City. Omega adalah teman baik dari Constructicons, tetapi ia terluka karena diserang oleh Megatron, di mana Megatron sendiri juga memprogram ulang Constructicons menjadi Decepticons. Tugas pertama Constructicons sebagai Decepticons adalah pada saat mereka menyerang dan menipu Omega Supreme. Namun dengan taktis Omega berhasil mengalahkan Constructicons dan memperbaiki program mereka yang dikacaukan oleh Megatron. Namun ketika mereka dihidupkan kembali oleh Omega dan kembali lagi ke Crystal City, Omega mengetahui bahwa Cosntructicons tidak bisa diperbaiki lagi, sebab ternyata Megatron telah memberi mereka sebuah kekuatan super, Constructicons bisa bergabung menjadi sebuah robot bernama Devastator, dan kembali Constructicons menyerang Omega Supreme. Setelah pertengkaran itu selesai, dan Omega merasa dikhianati temannya sendiri, akhirnya ia memutuskan untuk pergi mengelilingi galaksi. Hingga akhirnya ia bertemu dengan Autobots pimpinan Optimus Prime dan menjadi salah satu anggotanya.

Pada 1984, Constructicons bergabung dengan armada Megatron di Bumi. Tugas pertama mereka cukup impresif, di mana Scrapper mendesain sebuah mesin untuk mentransfer energi semua anggota Decepticons kepada Megatron, dan ketika ia melawan Optimus Prime bersama semua Autobots, Constructicons berencana menyerang markas mereka, yakni The Ark untuk menghancurkan Teletraan I, tetapi gagal karena The Ark dilindungi oleh Dinobots. Setelah itu para Constructicons memutuskan bergabung menjadi Devastator, dan siasat ini juga sudah diperhitungkan oleh Autobots setelah mereka berhasil menghandle Megatron. Hound kemudian menciptakan sebuah hologram robot super raksasa yang lebih besar dari Devastator dan menyerang mereka. Akhirnya pada Constructicons dan juga Decepticons masuk ke dalam lava yang tadinya mereka siapkan untuk para Dinobots. Constructicons akhirnya selamat setelah mereka berhasil keluar dari sungai lava tersebut.

Dalam perang besar di Autobots City pada 2005, Devastator merupakan senjata utama Decepticons dalam menghadapi Autobots. Mereka kembali lagi melawan rival utamanya, yakni Dinobots. Namun sekali lagi pihak Decepticons kalah. Dalam perjalanan pulang ke Cybertron, Bonecrusher menominasikan Scrapper sebagai pemimpin baru Decepticons menyusul kabar tewasnya Megatron. Sementara Hook menominasikan Soundwave, hingga akhirnya robot re-inkarnasi Megatron yang dinamakan Galvatron hadir dan meminta semua anggota Decepticons patuh sebab ialah pemimpin baru mereka.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Dari serial Transformers original, kita dapat melihat adanya keanehan tentang asal usul Constructicons sebenarnya. Dalam season 1, episode Heavy Metal War, Megatron menjelaskan bahwa Constructicons dibangun dan dibuat di Bumi. Namun dalam season 2, episode The Secret of Omega Supreme, dijelaskan bahwa Constructicons asalnya memang bukan Decepticons, tetapi mereka memang memakai lencana Decepticons. Mereka berubah menjadi jahat karena ulah Megatron.

Penulis skenario The Secret of Omega Supreme, David Wise, memang mengakui ada masalah tersebut. Dan ia juga mengakui bahwa sulit untuk menyambungkan dua cerita tersebut (Heavy Metal War dan The Secret of Omega Supreme). Namun asumsi ia dengan sederhana menjelaskan bahwa kata Megatron yang menerangkan bahwa Constructicons dibangun di Bumi merujuk pada model kendaraan Bumi, dan bukan pada penciptaan mereka. Sayangnya, dalam episode The Secret of Omega Supreme, Construticons malah tampil di Cybertron dengan mode Bumi. Untuk ini Wise menjelaskan bahwa: Constructicons saat di Cybertron bertemu dengan Omega Supreme, mereka tidak mempunyai bentuk kendaraan yang pasti, dan Optimus Prime selaku pendengar cerita Omega Supreme, membayangkan bahwa Constructicons sudah dalam bentuk kendaraan Bumi sejak di Cybertron. Dan pendapatnya memang masuk akal, sebab Constructicons menjadi pihak pertama yang menambang Cybertronium di Cybertron saat semua Transformers (Autobots dan Decepticons, kecuali Shockwave dan Dinobots) menderita akibat tidak ada Cybertronium di Bumi (dalam episode Desertion of the Dinobots).

Sayangnya masalah di atas juga malah semakin aneh jika kita melihat episode di season 3, Five Faces of Darkness, bagian empat, ketika Rodimus Prime menjadi saksi mata dari Matrix saat diceritakan bahwa Megatron diciptakan oleh Constructicons. Dengan melihat tiga masalah di atas, hanya ada dua rasionalisai untuk menjelaskan masalah tersebut, yaitu:

  1. Constructicons sebenarnya bukan robot yang jahat ketika mereka membangun Megatron. Megatron diyakini menjadi jahat karena ada suatu insiden, atau memang secara pribadi ia berubah kepribadian menjadi jahat. Kemudian ia menipu Constructicons, dan saat mereka dihancurkan oleh Omega Supreme, Megatron membangun ulang mereka di Bumi.
  2. Dalam Five Faces of Darkness, karakter yang muncul saat membangun Megatron sebenarnya bukan Constructicons, tetapi robot lain. Pihak animator menggunakan Constructicons untuk menyimpelkan penjelasan. Di luar fakta bahwa Megatron dan Optimus Prime merupakan hasil ciptaan Quintessons atau Alpha Trion.. Yang paling kuat adalah karena dalam adegan serial episode ini terlihat jelas bahwa ada delapan anggota Constructicons dan bukan enam seperti biasanya.

Load Hauler[sunting | sunting sumber]

Satu lagi kontroversi adalah ada yang menyebutkan bahwa sau di antara delapan robot Constructicons yang tampil dalam Five Faces of Darkness adalah Load Hauler, yang kemudian pindah menjadi Autobot bernama Grapple. Dari data yang dirilis E-Hobby di 2003, mereka menyebutkan bahwa Load Hauler dulunya adalah Constructicons, tetapi ia berhasil melarikan diri saat akan di cuci otak oleh Megatron, dan kemudian ia bergabung bersama Autobots. Namun sebagian masyarakat fans Transformers tidak setuju dengan pendapat E-Hobby, mereka lantas menyebutkan bahwa asal usul Grapple sudah tercantum jelas dalam episode pertama Transformers.

Unicron Trilogy[sunting | sunting sumber]

Meskipun tidak disebutkan bahwa ia adalah Constructicons, salah satu anggotanya tampil dalam Transformers: Armada. Ia adalah Scavenger (alias Devastar dalam versi Jepang). Dengan warna klasiknya, hijau dan biru. Satu perbedaan antara Scavenger G1 dan Scavenger Armada adalah dalam Armada, Scavenger bergabung dengan Autobot. Sebelumnya, Scavenger diceritakan merupakan salah satu anggota Decepticons yang loyal kepada Megatron. Ia mempunyai masalah dengan Hot Shot dalam sebuah pertarungan memperebutkan Star Saber. Namun ia (setelah diceramahi oleh Hot Shot) menyadari bahwa ia akan dibunuh jika gagal membawa Star Saber kepada Megatron, akhirnya ia menyelamatkan Hot Shot dari serangan Decepticons, dan ia memutuskan untuk pindah aliansi menjadi Autobots. Tugas ia sebagai Autobots baru adalah memata-matai Decepticons. Ia memang tidak tampil dalam Transformers: Energon. Namun dengan adanya tim Constructicons yang baru, ia dibangun ulang oleh pihak Autobots menjadi Treadbolt, upgrade ini mengambil waktu sekitar 10 tahun dari cerita Scavenger saat masih berada di Autobots. Selain Scavenger, muncul juga Bonecrusher, tetapi perbedaannya adalah, dalam serial ini ia tampil sebagai Mini-Cons. Tim baru Constructicons dalam Transformers: Energon, tampil dengan nama Constructicon Maximus (alias Buildron di Jepang).

Transformers Film 2007[sunting | sunting sumber]

Dalam film karya sutradara Michael Bay ini, Constructicons hanya ditampilkan sebanyak dua karakter yaitu Bonecrusher dan Devastator. Mereka digambarkan sangat loyal sepada Megatron. Bonecrusher digambarkan bisa berubah menjadu sebuah Buffalo Mine-Cleaning, dan Devastator digambarkan bisa berubah menjadi sebuah tank M1-Abrams. Namun mereka berdua termasuk pihak yang kalah oleh Autobots. Dan pemakaian nama Devastator juga diralat diberbagai media (video game, mainan, dsb) dan Bay memutuskan untuk memakai nama Brawl sebagai nama pengganti Devastator.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Dalam Transformers: Animated, Constructicons pertama muncul dalam episode "Rise of the Constructicons". Tim ini hanya menampilkan dua anggota saja. Sebelumnya ia merupakan teman dari Bulkhead, tetapi mereka berdua dipecat oleh Megatron setelah menipu Decepticons ketika mencuri beberapa alat untuk membangun jembatan luar angkasa. Tak lama berselang mereka diledakan oleh Bulkhead, dan menyebabkan mereka kehilangan memorinya. Namun melalui bantuan Sari, mereka bisa hidup kembali. Sayangnya Constructicons yang hilang ingatan ini malah membuat masalah dengan meminum habis minyak di dasar New York. Dan keduanya akhirnya terkubur hidup-hidup saat memutuskan tidak akan keluar dari gua ketika mereka masuk ke sebuah tambang karbon.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]