Sentinel Prime

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sentinel Prime
Autobot
Sub-grup Deluxe Vehicles
Fungsi Autobot Elite Commander
Semboyan "Without law, all is chaos."
Model alternatif Cybertronian Truck
Snowplow Truck
Seri Transformers: Animated

Sentinel Prime adalah nama untuk salah satu karakter robot fiksi dalan serial Transformers.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Komik Marvel[sunting | sunting sumber]

Sentinel Prime aslinya merupakan anggota Transformers yang berasal dari komik versi Marvel. Ia merupakan pendahulu dari Optimus Prime yang tewas dalam sebuah pertarungan di Cybertron. Sebelum tewas ia menyerahkan Autobot Matrix of Leadership kepada Optimus. Robot yang mempunyai penampilan yang mirip dengan Sentinel adalah Rodimus Prime

Versi Dreamwave[sunting | sunting sumber]

Di versi ini, Sentinel tewas karena dibunuh oleh Megatron. Namun sebelum tewas ia sama sekali tidak menyerahkan Matrix kepada siapapun.

IDW Publishing[sunting | sunting sumber]

Sentinel Prime menjadi musuh utama Megatron, dan kemudian bertarung sengit dengannya. Sekali lagi, Sentinel tewas, dan kali ini Megatron kembali berhasil mengalahkan Sentinel setelah dibantu oleh Starscream dan Soundwave. Sebelum tewas, Sentinel menyerahkan Matrix kepada Optimus Prime. Pendahulu Sentinel sebelum ia menjadi pemimpin Autobots adalah Nova Prime.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Dalam Transformers: Animated, Sentinel Prime adalah pemimpin dari Cybertron Elite Guard. Ia diumumkan oleh pihak Cartoon Network pada Desember 2007 bahwa Sentinel akan tampil dalam serial Transformers ini. Model alternatifnya adalah truk penyapu salju. Sebelumnya nama yang akan ditampilkan adalah Rodimus Prime. Namun disaat-saat akhir, nama Rodimus dicoret karena akan terjadi keanehan bila dua pemimpin di serial G1 ditampilkan bersama. Pengisi suaranya adalah Townsend Coleman.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya Sentinel Prime dikenal dengan nama Sentinel Minor. Ia adalah pelatih dari Bumblebee, Wasp, Bulkhead, Longarm, dan Ironhide, ketika mereka semua bergabung ke dalam akademi Autobots.

Baik Sentinel dan Optimus adalah rival sejak mereka lulus dari akademi Autobots dalam memperebutkan Elita One. Kejadian itu dimulai ketika Autobots memasuki planet organic untuk mencari pesawat Decepticons. Ketika mereka tiba disana, mereka diserang oleh laba-laba raksasa. Dan Optimus kemudian memutuskan untuk meninggalkan pesawat sambil meninggalkan Elita One yang Optimus yakini sudah tewas, sebelum akhirnya Elita selamat dan berubah menjadi Blackarachnia. Dan karena sebab itulah hingga kini Sentinel terus menjadi rival bagi Optimus. Ia juga sangat berkeinginan untuk bisa berubah menjadi laba-laba seperti Blackarachnia.

Ketika Optimus mencoba mengontak Autobot High Command, Sentinel mengabaikannya untuk menghubungkan ia dan Ultra Magnus, sampai akhirnya Optimus memperlihatkan Sentinel tentang keberadaan Allspark.

Sentinel (bersama Ultra Magnus dan Jazz) tiba di Bumi untuk mencari Allspark. Ia tidak percaya pada benda yang Optimus tunjukan. Begitu arogannya Sentinel sampai-sampai Ultra Magnus bicara kepada Sentinel bahwa ia seharusnya belajar banyak kepada Optimus Prime tentang beberapa hal, salah satunya adalah loyalitas.

Sentinel sendiri merupakan teman baik dari Cliffjumper.

Dark of the Moon[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Sentinel Prime adalah pemimpin Autobots sebelum Optimus Prime, juga merupakan kapten kapal luar angkasa Ark. Namun, setelah perang menjadi putus asa, yang menyebabkan dia untuk mengkhianati Autobots dan memihak Decepticons. Sentinel memiliki bentuk alternatif truk pemadam kebakaran Rosenbauer Panther berwarna merah.

Plot film[sunting | sunting sumber]

Selama perang Cybertron, Sentinel menciptakan teknologi teleportasi yang bernama Pillar. Meskipun Autobots percaya bahwa teknologi itu berfungsi untuk mengakhiri perang, Sentinel sebenarnya membuat kesepakatan dengan Megatron untuk membangun kembali Cybertron dengan membawanya ke Bumi dan memperbudak umat manusia. Sentinel Prime kemudian pergi meninggalkan Cybertron dengan menggunakan Ark. Tapi, jet-jet tempur Decepticons memberi kerusakan pada Ark, menyebabkan itu jatuh di Bulan. Di 1969, Neil Armstrong dikirim ke Bulan untuk meneliti kapal.

Di masa kini, ketika Optimus dan Ratchet sedang membantuk sekutu manusia mereka, mereka menemukan mesin yang merupakan bagian dari Ark. Segera mereka menuju ke Bulan dan mereka menemukan Ark. Di situ, mereka menemukan Sentinel yang koma dan 5 Pillar miliknya. Sentinel pun dibawa ke Bumi dan dihidupkan kembali menggunakan Matriks Kepemimpinan.

Artikel terkait[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]