Rosamund Pike

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rosamund Pike

Pike pada 2011
Lahir 27 Januari 1979 (umur 35)
London, Inggris
Tahun aktif 1998 - sekarang
Penghargaan British Independent Film Award for Best Supporting Actress/Actor
2004 The Libertine
Empire Award for Best Newcomer
2002 Die Another Day

Rosamund Pike (lahir di London, Inggris, 27 Januari 1979; umur 35 tahun) adalah seorang aktris asal Inggris. Ia dikenal masyarakat setelah memerankan musuh James Bond Miranda Frost dalam Die Another Day, dan Jane Bennet dalam Pride and Prejudice.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Pike merupakan anak tunggal dari Caroline dan Julian Pike, dimana keduanya merupakan pemusik. Pike adalah lulusan dari Badminton School di Bristol, sebelum ia kuliah di Wadham College, Oxford, jurusan Sastra Inggris. Selain kuliah, ia juga belajar membaca puisi dan juga sesekali bermain teater. Ia kemudian lulus kuliah pada tahun 2001 dengan predikat sangat memuaskan.

Diluar kampus, ia sering mengasah kemampuannya dalam beberapa produksi, seperti dalam Skylight produksi David Hare, dan All My Sons produksi Arthur Miller. Ketika ia bermain dalam Romeo and Juliet di National Youth Theatre, ia kemudian diajak oleh sebuah agen keartisan yang menolongnya untuk membangun karier didunia professional.

Karier[sunting | sunting sumber]

Peran Rosamund dalam TV Inggris dimulai sejak tahun 1998 saat bermain dalam A Rather English Marriage (1998), selanjutnya ia juga bermain dalam Wives and Daughters (1999), dan Love in a Cold Climate (2001), sebuah mini seri berbasis dari novel Nancy Mitford yang berjudul sama.

Pike kemudian terpilih bermain sebagai Bond Girl dalam Die Another Day sebagai agen MI-6 yang perannya sebagai pembantu James Bond. Ketika film tersebut dirilis, ia juga tampil dalam acara dokumenter spesial berjudul Bond Girls Are Forever.

Pike memerankan Elizabeth Malet dalam The Libertine (2005), bersama Johnny Depp, dimana dalam film itu ia memenangi Best Supporting Actress dalam British Independent Film Award. Selanjutnya ia juga bermain dalam film The Promised Land (sebuah film tentang tanah Palestina-Israel), berperan sebagai ilmuwan Samantha Grimm dalam Doom, dan tampil sebagai Jane dalam Pride and Prejudice bersama Keira Knightley dan Colin Firth.

Ia kemudian mendapat peran dalam film Fugitive Piece, dan juga menjadi pengisi suara dalam film Jackboots on Whitehall. Pike juga bermain dalam film Fracture, bersama Anthony Hopkins dan Ryan Gosling. Film ini merupakan film pertama dimana Rosamund Pike bermain di daerah Los Angeles.Pada film terbarunya Wrath of the Titans (2012)ia mendapatkan peran sebagai Queen (Ratu) Andromeda.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Rosamund Pike merupakan seorang pemain selo amatir. Ia juga pandai berbahasa Jerman dan Prancis. Saat ini ia tinggal di kawasan West End, London. Ketika di Cambridge, ia sempat berpacaran dengan Simon Woods. Kemudian pada 2007 lalu, ia bertunangan dengan sutradara Joe Wright, namun mereka memutuskan menunda pernikahan pada 2008 ini, karena masih sibuk dengan rencana masing-masing.

Peran[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]