Johnny English Reborn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Johnny English Reborn
Johnny English Reborn Poster.jpg
Teaser poster
Sutradara Oliver Parker
Produser
Penulis
Pemeran Rowan Atkinson sebagai Johnny English
Sinematografi Danny Cohen
Perusahaan
produksi
Distributor Universal Pictures
Tanggal rilis
  • 7 Oktober 2011 (2011-10-7)
Negara Britania Raya
Bahasa Bahasa Inggris

Johnny English Reborn merupakan film aksi-komedi asal Inggris yang memparodikan agen rahasia James Bond. Film ini merupakan sekuel dari film sebelumnya yang berjudul Johnny English pada tahun 2003. Film ini dibintangi oleh Rowan Atkinson yang juga berperan di film serupa pada tahun 2003 lalu.

Plot[sunting | sunting sumber]

Delapan tahun setelah fim pertama, Johnny English berlatih beladiri di Tibet untuk melupakan kesalahannya akibat kegagalannya di Mozambik. Setelah mengalami berbagai latihan, MI7 meminta Johnny kembali bergabung bersama mereka. Sesampainya di London, Johnny agak sedikit terkaget-kaget dengan markas M17 yang mengalami perubahan nama menjadi "Toshiba Intelligence Service" dan setelah sempat diminta untuk bertemu dengan Pegasus di lobby oleh resepsionis, ia bertemu dengan Pamela Thornton atau Pegasus, ia diminta untuk menyelidiki rencana pembunuhan Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok. Sambil diajak pembiasaan tentang kantor di mana ia kembali, Johnny bertemu dengan temannya, Simon Ambrose dan Kepala Bagian Teknologi M17 Patch Quartermain. Bersamaan dengan ia ditugaskan oleh P untuk menyelidiki kasus tersebut ke Hongkong, agen muda MI7 yang baru, Colin Tucker ditugaskan untuk menjadi asisten mata-mata Johnny.

Di Hongkong, Johnny bersama Tucker memasuki sebuah kompleks perjudian yang bernama "Macao", di sana disebutkan bahwa terdapat seorang yang berhubungan dengan dalang pembunuh PM, Tucker sudah mendapat siapa orang tersebut, tetapi Johnny sempat malah berlainan, akhrinya ia baru diberi kode oleh sebelahnya yang merupakan target sebenarnya, ketika sedang berbicara-tiba ia jatuh tersungkur ke atas meja dan sempat menemukan sebuah kartu berbentuk lingkaran yang bertuliskan "Kowloon Apartement, 12". Dari petunjuk itulah, ia bertemu dengan Mantan agen CIA bernama Titus Fisher yang ternyata adalah salah satu anggota "Vortex" yang menggagalkan misinya di Mozambik dan ia merupakan salah satu di antara tokoh yang merencanakan pembunuhan terhadap Perdana Menteri Tiongkok, sambil berterus terang kepada Johnny, Titus memberikan sebuah kunci liga dan mengatakan bahwa jika salah satu kuncinya hilang, maka tamatlah Vortex. Namun Titus dibunuh oleh seorang penembak jitu bayaran yang ahli menyamar sebagai tukang bersih-bersih apartemen dan kunci tersebut jatuh ke tangan salah satu anggota Vortex. Akhirnya, mau tidak mau pengejaran berlangsung, di tengah-tengah pengejaran yang medannya berada di atas gedung, ia kembali mengingat apa yang dikatakan oleh Biksunya "Pemikiran yang kuat harus terpisah dari tubuh", akhirnya ketika melewati sebuah bangunan, sang musuh melompat, tetapi Johnny melewati bagan sebelahnya, ketika sang musuh harus lari sampai mengambil baju orang, Ia hanya mengandalkan pintu untuk lewat dan terakhir, ketika sang musuh berani pertaruhkan nyawanya hanya untuk sebuah kunci yang tidak seberapa berguna, ia meminta bantuan pekerja bangunan untuk mengangkatnya dengan katrol. Bahkan gagal pun melalui cara yang baikia Ia terus mengejar lewat lift di saat musuh melewati tumpukan batang bambu. Hingga berkejar-kejaran dit eluk Hongkong, ia akhirnya baru bisa melumpuhkan musuh dengan kamera berpeluncur rudal dengan pemandu laser dan ia berhasil mengalahkannya.

Saat penerbangan kembali ke London, Johnny sangat senang dengan apa yang ia peroleh, tetapi saking senangnya, ia sempat memberikan koper berisi kunci ke pramugara yang ternyata adalah anggota Vortex untuk menaruhnya di kabin. Saat pertemuan, Johnny mengira kunci masih berada di tempat dan ia baru menyadari setelah seorang yang bernama "Shoosan" mengambil kuncinya itu. Karena hal ini Ia merasa malu akan kejadian ini. Seusai ditinggal, ia merasa seolah-olah sang pembunuh ada dengan modusnya yaitu bersih-bersih dan tak banyak tingkah ia langsung menjatuhkan orang itu dan tidak disangka itu adalah ibu dari Pegasus, dari kejadian itu ia malu sekali lagi akibat tindakannya yang tidak kira-kira.

Kate Sumner menyuruhnya untuk mengingat kembali kejadian di Mozambik dan menemukan anggota kedua Vortex "Karlenko", mata-mata dari Rusia. Tucker mengubah nama Johnny menjadi Peter Adam agar dapat masuk ke dalam pertandingan Golf di luar London di mana Karlenko menjadi salah satu pesertanya. Saat bermain golf, pembunuh yang sama dari Hongkong datang dan menembak Karlenko, Johnny dan Tucker selamat dan segera membawa Karlenko ke rumah sakit, setelah sampai, Karlenko memberi tahu bahwa anggota terakhir Vortex yang mencoba membunuh Perdana Mentri Tiongkok ada di M17, kemudian dia tewas.

Saat makan malam, Johnny berbicara kepada Simon tentang adanya pengkhianat di M17, mendengar itu, Simon siap membunuh Johnny secara diam-diam. Tucker menyuruh Johnny dan Simon untuk pergi ke kamar mandi, di kamar mandi, Tucker menjelaskan bahwa Simon adalah aggota terakhir Vortex, tetapi Johnny tak percaya dan menyuruh Tucker pergi. Saat di luar kamar mandi, Simon membohongi Johnny bahwa Quartemainlah pelakunya, Johnny percaya sehingga dia memberikan kuncinya ke Simon. Saat dia mendesak Quartemain untuk mengakui perbuatannya, Quartemain justru menuduh Johnnylah pelakunya dan menyuruh para anggota M17 menangkapnya. Saat mencoba kabur, Johnny tertembak di kaki sehingga dia tak bisa lari, Johnny segera merebut kursi roda Quartemain untuk kabur

Johnny pergi ke rumah Kate dan meyakinkan bahwa dia bukanlah pelakunya, namun Johnny tak sadarkan diri dan langsung ditolong oleh Kate. Setelah sadar, Kate memberi tahu Johnny tentang obat yang digunakan Vortex bernama timoxelyn barbebutenol yang memungkinkan mereka untuk mengontrol seseorang sebelum orang tersebut meninggal.

Johnny segera menemui Tucker dan menyuruhnya untuk kembali bergabung, Tucker yang sempat kesal akhirnya bergabung lagi bersama Johnny. Setelah sampai di markas Vortex, Johnny segera mencari Simon dan berbicara kepadanya tentang obat tersebut sehingga tanpa sadar Johnny meminum minuman yang telah dimasuki obat. Sebelum sempat dikontrol oleh Simon, Johnny sempat mencoba melawan namun gagal.

Di saat Simon sudah mulai mengontrol Johnny untuk membunuh Perdana Menteri Tiongkok, Tucker dan Kate mencoba memutus komunikasi antara Simon dan Johnny. Sebelum menembak Perdana Menteri Tiongkok, Johnny mengingat kata-kata yang diberitahu oleh gurunya di Tibet yang berbunyi "Biarkanlah dirimu yang mengendalikannya", Johnny mencoba melawan sehingga Simon kesal dan tanpa sadar membuat penyamarannya terbongkar dengan menyebut namanya saat menyuruh Johnny untuk menarik pelatuknya, Johnny segera berpaling dari hadapan Perdana Menteri Tiongkok dan segera menembak ke arah Simon yang berhasil melarikan diri.

Karena pengaruh obat, jantung Johnny hampir berhenti berdetak sehingga dia tak sadarkan diri, paramedis segera menolong Johnny yang denyut jantungnya makin melemah, sayangnya denyut jantung Johnny berhenti dengan cepat.

Kate segera menghampiri Johnny dan mencium Johnny, Kate segera memeriksa keadaan Johny dan tiba-tiba Johnny bilang "Ya, tinggal sedikit lagi" Di antara sadar dan tidak, Kate lega karena Johnny kembali hidup lalu mencium Johnny lagi. Tucker segera memeriksa denyut jantung Johnny dan ternyata jantung Johnny berdetak cepat. Setelah benar-benar sadar, Johnny berterima kasih pada Kate dan Tucker

Mengetahui Simon melarikan diri, Johnny segera menerjunkan diri ke arah mobli salju dengan parasut dan segera mengejar Simon, saat Johnny sudah berada di Gondola Simon, Johnny terlibat perkelahian dengan Simon dan sayangnya Johnny terjatuh dari Gondola dan mendarat di salju. Johnny segera membuka salah satu alat M17 yaitu payung penahan peluru, ternyata itu hanya payung biasa. Melihat itu, Tucker segera memperingatinya bahwa itu adalah payung Roket. Johnny segera menggunakan payung itu dan berhasil membunuh Simon, Johnny sangat lega dan memuji Tucker dengan mengatakan "Tucker, kau anak yang cerdas"

Kembali ke London, Johnny mendapat gelar ksatria oleh Ratu yang ternyata adalah sang pembunuh dari Hongkong yang ingin membunuh English, saat Johnny ingin menangkapnya, dia segera melarikan diri, Johnny melihat dia di lorong dan segera memukuli dan menangkapnya. Setelah dia menangkap si pembunuh di depan Pegasus, 2 orang penjaga membawa sang pembunuh yang asli, melihat itu, Johnny segera sadar siapa yang dia pukuli dan merasa sangat khawatir, Johnny sadar bahwa yang dia pukuli adalah Ratu asli.

Daftar pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Rowan Atkinson sebagai MI7 Agen Johnny English, mata-mata namun baik hati canggung
  • Gillian Anderson sebagai MI7 Kepala Pamela Thornton / Pegasus, bos baru di MI7
  • Rosamund Pike sebagai Kate Sumner, psikolog perilaku MI7 dan bunga cinta English ini. Pike sebelumnya muncul di Die Another Day dari franchise 'James Bond' bahwa ini film yang parodi.
  • Daniel Kaluuya sebagai Agen Colin Tucker, sidekick muda English dan pemikir logis dan cerdas dari dua
  • Tim McInnerny Patch Quartermain, agen MI7 dan penemu
  • Dominic West sebagai Simon Ambrose, agen MI7 dan antagonis utama dalam film tersebut. Dia adalah anggota ketiga dan terakhir dari Vortex.
  • Mark Ivanir sebagai Artem Karlenko (alias Sergei Pudovkin), mantan agen ganda Rusia yang direkrut oleh MI7 di Moskow, setelah berada di bawah mempekerjakan KGB. Setelah Karlenko datang ke Inggris, ia menggunakan identitas sampul Sergei Pudovkin, seorang pria dari kekayaan besar dan anggota dari sebuah klub golf eksklusif
  • Richard Schiff sebagai Titus Fisher, seorang mantan agen CIA yang ternyata pemberontak dan adalah anggota pertama dari Vortex
  • Pik-Sen Lim sebagai Cleaner Killer, yang sering bertemu English selama misi dan telah menipunya tiga kali berturut-turut.
  • Bakar Gorman sebagai Slater, agen MI7 korup dan kaki Ambrose
  • Joséphine de La Baume sebagai Madeleine, henchwoman Ambrose
  • Stephen Campbell Moore sebagai Perdana Menteri Inggris
  • Lobo Chan sebagai Xiang Ping, Perdana Menteri Cina
  • Togo Igawa sebagai Ting Wang, seorang guru Tibet dan mentor English, juga sebagai agen tidur MI7
  • Ellen Thomas sebagai ibu Colin Tucker
  • Miles Jupp sebagai teknisi MI7

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]