An Education

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
An Education
An Education Poster 2009.jpg
Poster film An Education
SutradaraLone Scherfig
ProduserFinola Dwyer
Amanda Posey
SkenarioNick Hornby
BerdasarkanAn Education
oleh Lynn Barber
PemeranCarey Mulligan
Peter Sarsgaard
Alfred Molina
Rosamund Pike
Dominic Cooper
Emma Thompson
Olivia Williams
MusikPaul Englishby
SinematografiJohn de Borman
PenyuntingBarney Pilling
Perusahaan
produksi
BBC Films
Finola Dwyer Productions
Wildgaze Films
Endgame Entertainment
DistributorSony Pictures Classics
Tanggal rilis
  • 18 Januari 2009 (2009-1-18) (Festival Film Sundance)
  • 30 Oktober 2009 (2009-10-30) (Britania Raya)
  • 9 Oktober 2009 (2009-10-9) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 5 Februari 2010 (2010-2-5) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
100 menit[1]
NegaraBritania Raya[2]
Amerika Serikat[2]
BahasaInggris
Anggaran$7,5 juta[3]
Pendapatan kotor$26.096.852[3]

An Education adalah film drama Amerika Serikat-Britania Raya tahun 2009 yang disutradarai oleh Lone Scherfig dan diproduseri oleh Finola Dwyer dan Amanda Posey. Naskah film ini ditulis oleh Nick Hornby berdasarkan buku An Education karya Lynn Barber. Film ini dibintangi oleh Carey Mulligan, Peter Sarsgaard, Alfred Molina, Rosamund Pike, Dominic Cooper, Emma Thompson dan Olivia Williams.

Film An Education ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 18 Januari 2009[4] dan dirilis di Britania Raya pada tanggal 30 Oktober 2009.[5] Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 9 Oktober 2009 secara terbatas dan 5 Februari 2010 secara luas.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1961 di London, Jenny Mellor (Carey Mulligan) adalah seorang siswa 16 tahun yang cerdas, cantik dan ingin melanjutkan studi di Universitas Oxford. Studinya diatur oleh ayahnya yang ketat dan sombong, Jack (Alfred Molina). Setelah latihan orkestra, Jenny menunggu di jalan ketika hujan dan bertemu dengan David Goldman (Peter Sarsgaard), seorang pria dewasa tampan yang mengendarai Bristol 405. Ia memberitahu Jenny bahwa ia adalah seorang pecinta musik. Khawatir dengan cello Jenny yang basah. David meyakinkan Jenny untuk memasukkan cello-nya di mobilnya. Ketika hujan semakin deras, Jenny bertanya kepada David apakah ia bisa duduk di dalam mobilnya. Keduanya terus berbicara tentang musik dan sebelum turun dari mobil David, Jenny mengaku bahwa ia dapat melakukan apapun yang ia inginkan ketika ia mencapai perguruan tinggi, seperti pergi ke galeri seni dan menonton film Prancis, menginginkan kehidupan budaya dan kemewahan. Keesokan harinya, David meninggalkan bunga di teras rumah Jenny, mengharapkan keberhasilannya di konser orkestranya. Kemudian, Jenny melihat David di luar kafe. Ia dan teman-temannya masuk ke kafe dan mendekati David. Setelah berbincang, David kemudian bertanya kepada Jenny apakah ia bebas pergi ke konser dan makan malam bersamanya dan teman-temannya. Jenny dengan senang hati menyetujuinya dan berterima kasih kepada David.

Pada malam konser, Jack tidak menyetujui Jenny pergi ketika ibunya yang jauh lebih lunak, Marjorie (Cara Seymour), memberitahu Jack sebaliknya. David datang untuk menjemput Jenny dan berbicara dengan orang tuanya, di mana dengan mudah David bisa meyakinkan Jack bahwa ia membawa pulang Jenny kurang dari jam malam yang ditentukannya. Mereka tiba di konser di mana Jenny bertemu teman David, Danny (Dominic Cooper) dan Helen (Rosamund Pike). Setelah itu, mereka pergi makan malam di restoran mewah, di mana mereka mengundang Jenny ke pelelangan seni. David menjemput Jenny di sekolah dan pergi ke pelelangan, memenangkan tawaran untuk sebuah lukisan karya Edward Burne-Jones dan pergi ke tempat Danny setelahnya. Mereka berbicara tentang Universitas Oxford dan mereka semua setuju untuk pergi bersama selama akhir pekan.

Jenny mendengar keributan pada suatu malam dan melihat David minum dengan orang tuanya. David kemudian menggunakan kesempatan ini untuk bertanya kepada mereka apakah ia bisa membawa Jenny ke Universitas Oxford, memberitahu bahwa David biasa belajar di sana dan ingin mengunjungi guru lamanya, C.S. Lewis, penulis buku The Chronicles of Narnia. Mulanya, orang tua Jenny enggan, tetapi akhirnya mereka setuju dan melihatnya sebagai peluang bagus. Di Oxford, Jenny menemukan bahwa David adalah seorang penipu yang menghasilkan uang melalui berbagai praktik tipuan. Mulanya, Jenny kaget, tetapi ia membungkam keraguannya saat ia tidak tahan pada pesona David. Kembali ke rumah Jenny, mereka berciuman untuk pertama kalinya. Jenny kemudian menunjukkan salinan buku The Lion, the Witch and the Wardrobe kepada orang tuanya, yang sebenarnya ditulis oleh David. Terkesan karena hubungan dan karismanya, Jack dan Marjorie menyetujui hubungan romantis mereka.

Pada malam ulang tahun Jenny, David tiba dengan hadiah dan memberitahu orang tuanya bahwa ia bermaksud membawa Jenny ke Paris sebagai hadiah ulang tahun khusus. Ayahnya dengan marah tidak menyetujuinya, tetapi kemudian, ia setuju setelah David berbicara dengannya. Di Paris, keduanya menari, mengambil foto dan Jenny akhirnya kehilangan keperawanannya dengan David. Kembali ke London, Jenny memberikan parfum Chanel sebagai hadiah dari perjalanannya kepada gurunya, Miss Stubbs (Olivia Williams). Namun, Miss Stubbs menolak pemberian tersebut dan memberitahu Jenny bahwa ia tahu dari mana asal parfum tersebut dan sama-sama khawatir sehingga ia tidak menyetujui hubungannya dengan David. Mereka berdebat dan berselisih. Belakangan pada malam itu, David meminta Jenny untuk menikah dengannya. Jenny menerima permintaan David dan setelah berdebat dengan kepala sekolahnya, Miss Walters (Emma Thompson), ia memutuskan untuk putus sekolah dan tidak mendaftar ke universitas.

Dalam perjalanan mereka untuk makan malam bersama orang tuanya, Jenny menggeledah kotak di dalam mobil untuk merokok dan menemukan surat-surat bahwa David sudah menikah. Terkejut, Jenny menyuruh David untuk membawanya dan orang tuanya kembali ke rumah. Jenny berdebat dengan David dan memberitahunya bahwa Jenny memutuskan pendidikannya demi David dan David harus memberitahu orangtuanya kebenaran tentang status David. Jenny kemudian masuk ke rumahnya dan ayahnya bertanya apa yang terjadi. Jenny memberitahu orang tuanya bahwa David mengumpulkan keberanian sebelum masuk ke dalam untuk bertemu dengan mereka. Namun, David pergi dan tidak pernah terlihat lagi.

Jenny putus asa dan menyalahkan Danny dan Helen karena tidak memberitahunya apa yang sebenarnya terjadi sejak awal dan menyalahkan orang tuanya karena membiarkan Jenny berhubungan dengan pria yang lebih tua. Malam itu, Jack meminta maaf kepada Jenny, mengakui bahwa ia kacau dan yakin David bisa memberinya kehidupan yang Jenny inginkan. Jenny kemudian kembali ke sekolahnya, meminta untuk mengulangi pendidikannya pada tahun lalu dan mengikuti ujiannya, tetapi ia ditolak untuk mendaftar kembali. Jenny kemudian bertemu dengan Miss Stubbs dan meminta bantuan. Jenny melanjutkan studinya dan diterima di Universitas Oxford pada tahun berikutnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film An Education mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 95%, berdasarkan 185 ulasan, dengan rating rata-rata 7,9/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 85 dari 100, berdasarkan 34 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film An Education mendapatkan $12.574.914 di Amerika Utara dan $13.521.938 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $26.096.852, melebihi anggaran produksi film $7,5 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $159.017, menempati posisi ke-39 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $763.234, menempati posisi ke-17 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "An Education (12)". British Board of Film Classification. October 20, 2009. Diakses tanggal February 12, 2018. 
  2. ^ a b "An Education". British Film Institute. Diakses tanggal May 26, 2014. 
  3. ^ a b c d "An Education (2009)". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 12, 2018. 
  4. ^ Child, Ben (January 21, 2009). "An Education and Adam pick up plaudits and deals at Sundance". The Guardian. Diakses tanggal February 12, 2018. 
  5. ^ Bradshaw, Peter (October 29, 2009). "An Education Review". The Guardian. Diakses tanggal February 12, 2018. 
  6. ^ Greenberg, James (January 21, 2009). "An Education -- Film Review". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal February 12, 2018. 
  7. ^ "An Education (2009)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 12, 2018. 
  8. ^ "An Education reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 12, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]