About a Boy (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
About a Boy
Sampul edisi pertama
PengarangNick Hornby
Negara Britania Raya
PenerbitGollancz
Tanggal terbit
1998
Jenis mediaPrint (sampul keras)
Halaman278
ISBNISBN 0-575-06159-6
OCLC39002367
Didahului olehHigh Fidelity 
Diikuti olehHow to Be Good 

About a Boy adalah sebuah novel beraliran bildungsroman, di terbitkan pada 1998. Ini ditulis oleh penulis Inggris bernama Nick Hornby yang telah terjual lebih dari satu juta kopi.[1] Novel ini kemudian diadaptasi menjadi film pada tahun 2002 dan serial televisinya pada tahun 2014.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Ditetapkan pada tahun 1993 di London, cerita ini menampilkan dua protagonis utama: Will Freeman, seorang sarjana berusia 36 tahun, dan Marcus Brewer, seorang anak sekolah yang ganjil digambarkan sebagai 'introvert' oleh ibunya yang ingin bunuh diri, Fiona, meskipun ia cenderung terikat dan cukup berinteraksi dengan orang-orang. Ayah Will menulis lagu Natal yang sukses, dengan royalti yang diberikannya kepada Will adalah kemampuannya untuk secara sukarela menjadi berlebihan sepanjang hidupnya - ia menghabiskan banyak waktu luangnya dengan membenamkan dirinya dalam budaya, minum-minum, dan melakukan hubungan seksual dengan wanita pada 1990-an .

Setelah hubungan yang menyenangkan dengan seorang ibu tunggal bernama Angie, Will muncul dengan gagasan menghadiri kelompok orang tua tunggal sebagai cara baru untuk menjemput wanita. Untuk tujuan ini, ia menemukan seorang putra berusia dua tahun bernama Ned. Will kemudian membuat sejumlah kenalan melalui keanggotaannya dalam kelompok orang tua tunggal, dua di antaranya adalah Fiona dan putranya Marcus. Meskipun hubungan mereka awalnya agak tegang, mereka akhirnya berhasil menjalin persahabatan sejati meskipun Will sebagian besar disebut tidak tertarik selama tahap awal-tengah novel. Will, orang yang secara sosial sadar dan "trendi", membantu Marcus menyesuaikan diri dengan budaya pemuda 1990-an dengan mendorongnya untuk tidak memotong rambutnya oleh ibunya, membelikannya sepatu Adidas, dan memperkenalkan padanya musik kontemporer seperti lagi milik Nirvana. Persahabatan Marcus dan Will semakin kuat seiring berjalannya cerita, bahkan setelah Marcus dan Fiona menemukan kebohongan Will tentang memiliki anak.

Marcus berteman dengan Ellie McCrae, seorang gadis 15 tahun yang tangguh, pemurung, yang terus-menerus mengalami kesulitan di sekolah karena dia bersikeras mengenakan jumper Kurt Cobain. Dia juga menghabiskan waktu bersama ayahnya Clive, yang sedang mengunjungi Marcus dan Fiona untuk Natal bersama dengan pacar barunya, Lindsey dan ibunya. Clive mengalami kecelakaan kecil selama beberapa pekerjaan DIY, dan mematahkan tulang lehernya. Ini mendorong Clive untuk memiliki 'pemikiran besar' tentang arti hidupnya, dan dia memanggil Marcus ke Cambridge untuk melihatnya. Marcus memutuskan untuk membawa Ellie bersamanya untuk mendapatkan dukungan, tetapi mereka ditangkap di jalan ketika Ellie menghancurkan jendela toko yang memperlihatkan potongan kardus Kurt Cobain - menuduh penjaga toko 'mencoba menghasilkan uang darinya' setelah bunuh diri .

Sementara itu, untuk keputusasaan Will, dia jatuh cinta dengan seorang wanita bernama Rachel. Rachel adalah seorang ibu tunggal dengan seorang putra bernama Ali (Alistair) yang seusia dengan Marcus. Keduanya awalnya berkelahi, tetapi dengan cepat menjadi teman. Kemampuan emosional Will terbebas dan ia mulai 'melepaskan kulit lamanya' dari ketidakpedulian emosional - secara bersamaan Marcus menjadi lebih khas usianya, dan ia mulai lebih menikmati hidupnya.

Beberapa adegan sebelum akhir, terjadi di sebuah kantor polisi di pinggiran kota kecil, dimana hampir setiap karakter penting dalam novel hadir; orang utama mereka adalah Marcus. Novel berakhir selama dialog tiga arah antara Marcus, Will dan Fiona di mana Will, untuk melihat apakah Marcus benar-benar berubah, mengusulkan gagasan bahwa ia memainkan lagu Joni Mitchell pada piano Fiona, yang sangat ia sukai. Namun, Marcus menjawab mengatakan dia 'membenci' Joni Mitchell di mana Hornby menyimpulkan novel dengan narasi yang mengatakan "Will tahu Marcus akan baik-baik saja."

Pemilihan judul[sunting | sunting sumber]

Judulnya adalah referensi ke lagu " About a Girl " karya Nirvana. Hal ini dikonfirmasi oleh penulis dalam edisi 2 Desember 2001 dari BBC Radio 4 series, "Book Club". Band ini juga disebutkan beberapa kali dalam buku.

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Sebuah film adaptasi dirilis pada tahun 2002 oleh Chris dan Paul Weitz. Dibintangi oleh Nicholas Hoult sebagai Marcus, Hugh Grant sebagai Will, Toni Collette sebagai Fiona, dan Rachel Weisz sebagai Rachel. Sementara skenario ini mengikuti novel Hornby, versi filmnya menghilangkan adegan yang melibatkan penggunaan narkoba dan memiliki akhir berbeda. Termasuk menghilangkan referensi ke band Nirvana serta Kurt Cobain. Soundtrack untuk film, termasuk beberapa lagu penuh dengan potongan insidental, terdiri dari British, para penyanyi-penulis lagu milik Badly Drawn Boy. Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus, dinominasikan untuk Academy Award untuk Skenario Adaptasi Terbaik, dan mendapatkan pendapatan sekitar $ 130.549.455 dengan anggaran cuman $ 30 juta.

Televisi[sunting | sunting sumber]

Film itu, juga menjadi dasar untuk serial televisi Amerika 2014, yang ditayangkan di NBC. Episode pilot acara ini disutradarai oleh Jon Favreau.[2] Serial ini berlangsung selama dua musim (33 episode) sebelum dibatalkan oleh NBC pada 8 Mei 2015.[3]

Audio book[sunting | sunting sumber]

About a Boy juga tersedia dalam bentuk audio ringkas, dibaca oleh Alan Cumming. Unabridged tersedia di Penguin Audio dan diriwayatkan oleh David Chase.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Knowles, Joanne (2002). Nick Hornby's High Fidelity. Continuum Contemporaries. Continuum International Publishing Group. hlm. 76. ISBN 9780826453259. 
  2. ^ "NBC Pilot Filmed in San Francisco". NBC Bay Area. 28 March 2013. Diakses tanggal 18 February 2015. 
  3. ^ Andreeva, Nellie (8 May 2015). "'About a Boy' & 'Marry Me' Cancelled By NBC". Deadline. Diakses tanggal 8 May 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]