Dominic Cooper

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dominic Cooper

Dominic Cooper (lahir 2 Juni 1978) merupakan seorang aktor berkebangsaan Inggris.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia adalah anak dari Julie Heron, seorang guru sekolah perawat, dan Brian Cooper yang bekerja sebagai juru lelang. Salah seorang kakek buyutnya adalah pendiri dari The Kinematograph Weekly. Cooper pernah mengenyam pendidikan di Thomas Tallis School di Kidbrooke dan mengasah bakatnya di London Academy of Music and Dramatic Art di mana ia lulus pada tahun 2000. Ia juga pernah bersekolah di John Ball Primary School.

Karier[sunting | sunting sumber]

Cooper sempat bekerja di industri televisi dan film sebelum ia mendapat debut panggung drama di Mother Clap's Molly House di National Theatre pada tahun 2001. Tur ke Broadway, Sydney, Wellington dan Hongkong pernah diikutinya saat memerankan drama The History Boys. Aktingnya yang paling dikenal adalah dalam pementasan His Dark Materials di Royal National Theatre. Ia mendapat peran utama sebagai Will Parry. Selain itu, serial televisi DOWN TO EARTH dan SENSE & SENSIBILITY yang dibintanginya semakin membuatnya terkenal. Cooper paling dikenal perannya di MAMMA MIA! di mana ia menyanyikan beberapa lagu untuk film yang juga disertai aktris Meryl Streep dan Amanda Seyfried.

THE DUCHESS adalah film selanjutnya di mana Cooper beradu peran dengan Keira Knightley. Ia juga muncul di film yang berjudul AN EDUCATION yang tayang pada 2009. Panggung teater kembali didapatkannya dalam pementasan berjudul Phedre di National Theatre bersama Helen Mirren dan Margaret Tyzack. Peran sebagai seorang drummer rock diperolehnya dalam film TAMARA DREWE pada tahun 2010. Ada dua film yang ia bintangi pada tahun berikutnya yaitu film biografi THE DEVIL'S DOUBLE, serta CAPTAIN AMERICA: THE FIRST AVENGER, di mana Cooper memerankan Howard Stark. Pada tahun 2012, ia muncul sebagai vampir bernama Henry Sturges di ABRAHAM LINCOLN: VAMPIRE HUNTER. Tokoh Howard Stark kembali diperankan olehnya di MARVEL ONE-SHOT AGENT CARTER. Pada tanggal 4 Desember 2013, Legendary Pictures mengumumkan bahwa Cooper akan membintangi film adaptasi dari game Warcraft yang akan dirilis tahun 2016.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]