Ria Ricis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ria Yunita)

Ria Ricis
LahirRia Yunita
1 Juli 1995 (umur 26)
Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
Nama lainRia Ricis
PendidikanUniversitas Pancasila
Pekerjaan
Tahun aktif2015—sekarang
Tinggi160 cm (5 ft 3 in)
Suami/istri
(m. 2021)
Orang tua
  • Alm. Suliyanto (bapak)
  • Yunifah Lismawati (ibu)
KeluargaOki Setiana Dewi (kakak)
dr. Shindy Kurnia Putri Sastromartodjo (kakak)
Informasi YouTube
Kanal
PembuatRia Ricis
Genre
Pelanggan30,2 juta[1]
Total tayang4,8 miliar[1]
YouTube Silver Play Button 2.svg 100.000 pelanggan 2016
YouTube Gold Play Button 2.svg 1.000.000 pelanggan 2017
YouTube Diamond Play Button.svg 10.000.000 pelanggan 2019

Diperbarui: 9 April 2022
Tanda tangan
Ria Ricis (signature).svg

Ria Yunita (lahir 1 Juli 1995)[2] adalah seorang aktris, selebriti internet, YouTuber, dan penulis berkebangsaan Indonesia. Ia merupakan YouTuber wanita pertama yang memiliki jumlah pelanggan terbanyak di Asia Tenggara.[3]

Ricis merupakan YouTuber dengan memiliki pelanggan terbanyak pertama di Asia Tenggara (terutama Indonesia) dan juga menjadi YouTuber pelanggan terbanyak kedua pada tahun 2019-2020 dengan saat ini memiliki lebih dari 29 juta pelanggan di YouTube.

Sebagai seorang selebritas internet, ia dikenal sebagai pembuat video genre lucu di akun Instagramnya dengan jumlah pengikut 30 juta kemudian menjadi populer sebagai YouTuber dan memiliki pengikut di akun TikTok lebih dari 25 juta (terbanyak di Indonesia) yang mengenalkan platform tersebut baru saja meluncur di Indonesia.

Ricis mengisi waktu luangnya dengan menjadi seorang penulis buku. Ia telah menciptakan beberapa buku, dimulai dari buku bertajuk "Ricis", "Saya Pamit", "NEXT", "Bukan Buku Nikah (BBN)", dan "Maaf Untuk Papa" yang pernah laris di beberapa toko buku yang tersedia di Indonesia.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Ria Ricis dilahirkan pada 1 Juli 1995 di Batam, Indonesia. Ia tinggal di Batam bersama dengan dua kakak perempuan kandungnya Oki Setiana Dewi dan Shindy Kurnia Putri Sastromartodjo. Ricis menjalani masa sekolahnya yang berada di Batam dan juga mendapatkan prestasi atau penghargaan dengan mengikuti acara perlombaan atau acara pertandingan di bidang seni, seperti menari, menyanyi, penampilan gaya dan bakat lainnya. Hingga ia menjalankan kuliahnya yang berada di Jakarta yaitu Universitas Pancasila.

Setelah beberapa tahun ia menjadi seorang selebritas internet dan konten kreator, pada akhirnya mendapatkan seorang pria dan berkenalan di Aceh. Pria kelahiran 4 Oktober 1994 tersebut memiliki tekad untuk menjalankan kehidupan baru bersama calon istri (Ria Ricis) dan melancarkan keinginannya untuk menikah.

Ria Ricis resmi menikah dengan Teuku Rushariandi setelah melangsungkan akad nikah dan ijab kabul pada hari Jum'at, 12 November 2021 di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Karier[sunting | sunting sumber]

Ricis merintis awal kariernya ketika ia mengunggah video singkat yang sedang populer di Instagram pada waktu itu. Ia terjun ke dunia selebgram pada 2016, tetapi ia telah membuat akun secara resmi pada Juli 2014. Ricis mulai disukai dan diikuti dari berbagai orang sehingga ia memberi nama pada penggemarnya "The Ricis".

Ricis pada saat itu hanya aktif di dalam Instagram sehingga ia mendapatkan tawaran untuk mengisi acara televisi. Kemudian ia berpikir untuk mencoba mengunggah video lainnya ke YouTube, oleh karena itu ia meminta penggemarnya untuk mengajukan permintaan ide video yang akan ia buat.  Awalnya, Ricis telah memiliki beberapa video yang diunggah di YouTube pada tahun 2016 namun ia belum aktif dalam penggunaan platform tersebut.

Awal konten di YouTube[sunting | sunting sumber]

Video pertama hingga ketiga yang diunggah ke kanal YouTubenya mengusung tema bernyanyi bersama temannya dan ia sendiri, salah satu video tersebut menjadi trending dengan video memperagakan lagu "Pineapple". Namun, beberapa video awalnya telah dinonaktifkan oleh pengelola mereka. Saat ini, tampilan dan isi video pertama ia mengandung tema mengelilingi atau memperkenalkan lingkungan rumahnya.

Konten yang berisi judul "ROOMTOUR 2016 - BONGKAR KAMAR RIA RICIS" telah ditonton sebanyak 2 juta orang merupakan permintaan dari penggemar. Didalam video itu ia menjelaskan dan mengenalkan keadaan didalam kamar miliknya sambil memainkan beberapa alat beserta kegunaannya. Karena banyak penggemarnya menyukai, mereka meminta Ricis untuk membuat video lebih banyak dengan durasi panjang ke YouTube.

Banyak pengikut yang terus menambah setiap harinya, Ricis mulai terbiasa dengan penggunaan YouTube. Ia memikirkan ide selanjutnya yang akan diunggah ke YouTube untuk semua orang. Pada masa suksesnya, ia memiliki banyak squishy dengan berbentuk menarik perhatian orang. Ia mencoba untuk membuat video tentang squishy yang dimilikinya sehingga menghasilkan penonton yang besar dari ratusan bahkan puluhan juta.

Konten Terpopuler[sunting | sunting sumber]

Pada Oktober 2017, Kanal YouTube miliknya dikunjungi banyak orang hasil dari video squishy dengan judul "RIA RICIS MAKAN SQUISHY? SQUISHY YANG BISA DIMAKAN..." yang ia unggah dan ditonton lebih dari 100 juta serta pengikut yang bertambah pesat. Ia sangat menerima hal itu dan terus bisa menghibur para pengikutnya dengan membuat konten.

Sejak saat itu Ria Ricis mulai populer dan dikenal banyak orang, ia mulai mengembangkan kanalnya dengan kategori sebagai Hiburan atau vlog keseharian dalam videonya. Ia pun merupakan orang pertama yang meraih 10 juta pelanggan di Asia Tenggara dan penghargaan berupa "Diamond Play Button" pada 2019.

Pencapaian[sunting | sunting sumber]

Pada 27 Juli 2014, Ria Ricis membuat akun Instagramnya yang memiliki pengikut lebih dari 20 juta dan merupakan selebgram (kreator di Instagram) dari awal karirnya. Ketika ia menjenjang kuliahnya pada tahun 2016 di Jakarta yang bernama Universitas Pancasila, ia pun memiliki ide untuk membuat dan mengunggah videonya dengan genre lucu atau komedi yang sedang populer pada saat itu. Tidak lama setelah itu, beberapa video yang diunggah oleh Ricis menjadi trending atau disukai oleh banyak orang serta bermunculan pengikut barunya.

Ricis mulai aktif di Instagram miliknya sejak tahun 2016 dan mulai berbisnis dari platform tersebut. Ia senang ketika banyak orang yang menyukai videonya dan menghibur pengikutnya, ia juga telah mendapatkan penghargaan dari "Sosial Media Awards sebagai Hijabers Selebgram" dan "Indonesian Sosial Media Awards sebagai Female Celeb Instagram 2K16" pada tahun 2016. Kemudian mendapat penghargaan kembali pada tahun 2017 dari Nickelodeon Indonesia Kids' Choice Awards sebagai "Selebgram Terfavorit".

Ketika memulai tahun 2018, Ricis hanya sering aktif di Instagram dan acara televisi namun ia mendapat pikiran untuk mengunggah video lainnya ke YouTube. Kanal YouTube (Ricis Official) miliknya sendiri dibuat pada 15 Januari 2016, tiba-tiba video yang diunggah tersebut menjadi populer dan memiliki pengikut yang terus bertambah. Semakin lama, ia mulai mempelajari pedoman dan mengetahui fitur YouTube lebih lengkap. Ia pun memulai membuat video sesuai dengan ide pikirannya dan permintaan dari para penggemarnya.

Ia mulai berbisnis dan mengelola kanalnya di YouTube juga sosial media lainnya, Ricis berawal membuat konten dengan kategori permainan squishy yang sedang populer di seluruh dunia. Tidak dihiraukan lagi, jumlah penonton video squishy yang ia buat telah ditonton sebanyak ratusan hingga puluhan juta orang. Ia dikenal dan disebut oleh kalangan orang sebagai "Queen of Squishy" atau Ratu Squishy karena sering melakukan aksi yang menarik dengan squishynya.

Selama dua tahun mengelola kanal YouTube dan profil Instagram miliknya, pada tahun 2018 ia memiliki lebih dari 10 juta pengikut di Instagram dan Februari 2019 Ria Ricis mendapat penghargaan kembali sebagai "Vlogger Tersilet" dan telah mendapatkan "Diamond Play Button" atau memiliki 10 juta pelanggan di YouTube. Berkat dari sosial medianya, Ricis makin dikenal dan mendapat penilaian dari berbagai kalangan orang.

Disebut sebagai kreator digital dan selebritas internet diperoleh dari sosial medianya yang memiliki pengikut sama rata lebih dari 20 juta orang mengikutinya. Dikabarkan Ria Ricis merupakan selebgram (kreator Instagram) dengan penghasilan tertinggi dari seluruh kreator Indonesia, karena estimasi dan rating yang ia promosikan cukup tinggi dan meluas.

Meranjak pada tahun 2020, Ria Ricis kembali aktif di akun TikToknya setelah lama ia tidak menggunakannya. Ia salah satu orang yang mempromosikan platform tersebut ketika telah meluncur di Indonesia. Hampir selama setahun ia menggunakan TikTok, ia juga telah mendapatkan pengikut lebih dari 20 juta (kreator dengan pengikut terbanyak di Indonesia). Ia menyebut bahwa tujuan menggunakan aplikasi tersebut hanya hiburan pada waktu luang dengan memakai secara bijak.

YouTuber ini mendapatkan penghasilan setiap bulan sebesar lebih dari 10 milyar pada tahun 2018-2019, karena ia merupakan konten kreator dengan mengunggah video beragam seperti eksperiment, tantangan atau uji coba serta hiburan yang aktif di platfrom tersebut. Ketika 2021, Ia juga merupakan YouTuber yang memiliki penghasilan lebih dari 15 milyar pada masa setelah bulan September.

Ria Ricis menjadi salah satu brand ambassador sebuah klinik kecantikan "Benings Indonesia", bekerja sama juga dengan perusahaan perangkat "PSTORE" , memiliki produk kecantikan miliknya sendiri "YESNOW" serta penulis dengan ciptaan karya bukunya yang pernah laris di beberapa toko buku.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album Tim Ricis[sunting | sunting sumber]

Album Tahun Keterangan
Assalamualaikum Temen-Temen 2019 N/A

Singel Tim Ricis[sunting | sunting sumber]

Lagu Tahun Keterangan
Sarangheyo 2018 Ria Ricis sebagai penyanyi
We Are The Tim 2019 Bersama Tim Ricis
Happy Anniversary 2019 Bersama Tim Ricis
Sahabat Sehidup Sesurga 2019 Bersama Tim Ricis
Satu Indonesia 2019 Bersama Tim Ricis
Lagu Reuni 2019 Bersama Tim Ricis
Ummi 2019 Bersama Tim Ricis
Assalamualaikum Temen-Temen 2020 Bersama Tim Ricis
Viral Lagi 2020 Bersama Tim Ricis
Ngabuburit 2020 Bersama Tim Ricis
Setan Taubat Balik Lagi 2021 Bersama Tim Ricis

Singel Ria Ricis[sunting | sunting sumber]

Album Tahun Keterangan
Janji Setia 2021 Bersama Teuku Ryan

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Keterangan
2017 Selebgram Sherly
Mars Met Venus (Part Cewe) Icha
Mars Met Venus (Part Cowo)
The Underdogs YouTuber gelar wicara
2018 Yowis Ben Pembawa acara konser musik
Target Ria Ricis
212: The Power of Love N/A Sebagai manajer produksi
2019 Wedding Agreement Ami
The Power of Love 2: Hayya N/A Sebagai manajer produksi
2020 Aku Tahu Kapan Kamu Mati Flo
Mars and Venus Collabs Version Icha
2021 Sisterlillah The Movie Ria Yunita
2022 Hayya 2: Hope, Dream & Reality Ricis

Seri web[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Saluran Keterangan
2019 Setan Ngambek Becir/Ricis Kanal YouTube Ricis Official Juga sebagai produser dan produser eksekutif
2020 Setan Taubat
2021 Setan Taubat Balik Lagi (STBL)
2022 Setan Glow Up

Televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Keterangan
2016–2017 Gen Why Dirinya sendiri Host
2017–2018 Inbox
2018 Ruangguru Bintang tamu
Episode "Spesial 1 Jam Bersama Ria Ricis, Merry Riana dan Lenggogeni Faruk"
2018–2019 I Want to Know Co-host
2019 Liga Dangdut Indonesia 2019 Juri tamu
Kepoin Host
Tokopedia: Semarak Duel Seleb Pengisi acara
2021 Uwu Moment Host
Diary Halaqah Cinta Ricis Ryan Host

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Hasil
2016 Sosial Media Awards Hijabers Selebgram Menang
Indonesian Social Media Awards Female Celeb Instagram 2K16 Nominasi
2017 Nickelodeon Indonesia Kids' Choice Awards Selebgram Favorit Menang
2019 Silet Awards Vlogger Tersilet
Panasonic Gobel Awards Kreator Konten Digital Terfavorit Nominasi
2021 Video Content Creator Awards Konten Kreator Favorit Menang
Silet Awards 2021 Pasangan Tersilet (dengan Teuku Ryan)
2022 Kiss Awards 2022 Pernikahan Terkiss

(dengan Teuku Ryan)

Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]