Aku Tahu Kapan Kamu Mati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aku Tahu Kapan Kamu Mati
Poster Aku Tahu Kapan Kamu Mati
Poster film
SutradaraHadrah Daeng Ratu
ProduserOswin Bonifanz
SkenarioAviv Elham
Berdasarkan
Aku Tahu Kapan Kamu Mati
oleh Arumi E
Pemeran
Penata musikJoseph S. Djafar
SinematograferAsep Kalila
PenyuntingFirdauzi Trizkiyanto
Perusahaan
produksi
Distributor
Tanggal rilis
  • 5 Maret 2020 (2020-03-05) (Indonesia)
  • 13 Agustus 2020 (2020-08-13) (Malaysia)
  • 17 September 2020 (2020-09-17) (Singapura)
Durasi94 menit
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia
Pendapatan
kotor
Rp 21 miliar

Aku Tahu Kapan Kamu Mati (Inggris: I Know When You Dead) adalah film horor Indonesia tahun 2020 yang disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu.[1][2] Film yang diadaptasi dari karya Wattpad berjudul sama karya Arumi E. ini, dibintangi oleh Natasha Wilona, Ria Ricis, dan Al Ghazali Kohler.[3] dan #Anung

Alur[sunting | sunting sumber]

Setelah mengalami mati suri, Siena mendapatkan kemampuan untuk melihat kapan seseorang akan meninggal. Kemampuan tersebut ditandai dengan adanya sesosok hantu yang mengikuti orang yang akan meninggal. Korban pertama adalah siswi SMA yang bunuh diri, disusul oleh Pak Somad, tetangga Siena yang meninggal karena sakitnya kambuh. Korban ketiga adalah Brama, kakak kelas Siena, yang mulai mendekatinya pasca dia mengalami mati suri. Siena mencoba untuk meyakinkan tiga sahabatnya, Flo, Neni, dan Vina, akan kemampuannya. Mereka awalnya tidak percaya, sampai Brama tewas ditabrak truk tepat di depan mata mereka.

Di sekolah, Siena melihat hantu gadis kecil yang sering mengikuti mereka berempat. Setelah beberapa hari, hantu itu mulai menempeli Flo, membuat Siena menyadari bahwa dia adalah adik Flo yang meninggal beberapa tahun lalu. Hal ini berarti bahwa dia akan menjemput Flo ke alam baka tak lama lagi. Siena memberitahu Neni dan Vina mengenai hal ini, dan mereka bertiga bersusah payah untuk menyelamatkan sahabat mereka. Mereka bertemu seorang dukun yang mengatakan bahwa kematian tidak bisa dihentikan, tetapi mereka dapat mencoba untuk meminumkan Flo air yang konon bisa menolak bala. Namun, botol airnya dipecahkan oleh Denisa, mantan pacar Brama yang menaruh dendam kepada Siena karena dia menganggapnya bertanggung jawab atas kematian Brama. Terjadi percekcokan antara mereka yang berakhir dengan jatuhnya Flo dari tangga.

Di rumah sakit, Flo mengungapkan kepada sahabat-sahabatnya bahwa dia sudah tahu sejak lama mengenai pertanda kematiannya, namun dia sudah memasrahkan semuanya kepada Tuhan. Masih tak ingin menerima takdir Flo, Siena bertemu dengan seorang wanita yang, sama sepertinya, mendapatkan kemampuan untuk melihat pertanda kematian setelah mati suri. Perempuan tersebut ternyata sudah membutakan matanya karena dia tidak tahan dengan kemampuan yang dia dapatkan, dan dia hanya bisa berpesan kepada Siena bahwa kematian adalah takdir semua orang. Kembali ke rumah sakit, Siena mendapati bahwa dirinya tidak bersama Flo di akhir hayatnya, dan dia hanya bisa menangisi jasad Flo yang terbaring kaku di ranjang.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Film ini diikuti oleh sekuel yang berjudul Aku Tahu Kapan Kamu Mati: Desa Bunuh Diri. Selain Natasha Wilona yang kembali memerankan Siena, film ini juga membintangi Acha Septriasa, Marsha Aruan, Ratu Felisha, dan Giulio Parengkuan. Film yang disutradarai oleh Anggy Umbara ini dirilis pada tanggal 14 September 2023.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]