Taaruf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Taaruf adalah kegiatan berkunjung ke rumah seseorang untuk berkenalan dengan penghuninya.[1] Taaruf dapat menjadi langkah awal untuk mengenalkan dua keluarga yang akan menjodohkan salah satu anggota keluarga.[2] Taaruf dapat pula dilakukan jika kedua belah pihak keluarga setuju dan tinggal menunggu keputusan anak untuk bersedia atau tidak untuk dilanjutkan ke pernikahan.

Sebagai sarana yang objektif dalam melakukan pengenalan dan pendekatan, taaruf berbeda dengan pacaran. Taaruf secara syar'i diperintahkan oleh Nabi Muhammad bagi pasangan yang ingin menikah.[3] Perbedaan antara pacaran dengan taaruf adalah dari segi tujuan dan manfaat. Menurut Islam, pacaran dianggap sebagai kesenangan yang tidak berlangsung lama, dan dianggap jalan menuju perbuatan zina dan maksiat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Liputan6.com (2021-10-22). "Arti Taaruf dalam Islam, Lengkap dengan Hukum dan Tata Caranya". liputan6.com. Diakses tanggal 2022-06-04. 
  2. ^ "Taaruf, mencari pasangan hidup secara Islami". merdeka.com. Diakses tanggal 22 Januari 2017. 
  3. ^ PUSTIKOM-UNG. "KULTUM DENGAN TEMA "TA'ARUF". - ISMAIL TANGKUDUNG - UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO". mahasiswa.ung.ac.id. Diakses tanggal 2022-06-04.