Rajungan karang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rajungan Karang
Rajungan karang, Charybdis feriata
dari Palabuhanratu, Sukabumi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Subfilum:
Kelas:
Ordo:
Infraordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
C. feriata
Nama binomial
Charybdis feriata
(L., 1758)
Sinonim [2]
  • Cancer feriatus L., 1758[1] (basionym)
  • Cancer sexdentatus Herbst, 1783
  • Cancer crucifer Fabricius, 1792
  • Cancer cruciata Herbst, 1794

Rajungan karang (Charybdis feriata) adalah sejenis rajungan yang cukup banyak dikonsumsi, anggota suku Portunidae. Rajungan ini terutama menyebar di perairan tropis dan ugahari Indo-Pasifik Barat hingga Jepang dan Australia, serta Atlantik.[3] Dalam bahasa Inggris ia dikenal sebagai Crucifix Crab atau Crucifix Swimming-crab karena adanya lukisan serupa salib di punggungnya.

Pengenalan[sunting | sunting sumber]

Rajungan betina setelah dimasak. 85 mm CW
Sisi kiri tubuh. Ciri-ciri untuk identifikasi: a =gigi-gigi anterolateral, m =duri-duri ruas merus dari capit, p =duri-duri ruas propodus dari capit.
Ruas abdomen no 4 (bawah) berlunas atau melekuk

Rajungan berukuran sedang hingga besar, lebar karapas maksimal sekitar 20 cm. Karapas bentuk bundar telur melebar hingga jorong melebar.[4] Sisi anterolateral bergigi 6 buah, gigi yang pertama (di sisi luar mata) lebar dan terpotong ujungnya (rumpang atau melekuk), berlainan dengan gigi-gigi selanjutnya yang berujung runcing (duri). Sisi atas/punggung propodus (ruas ujung) pada capit dengan empat duri. Sisi depan/punggung merus (ruas ketiga dari ujung) capit dengan tiga duri.[5] Ruas keempat pada abdomen berlunas.[4]

Karapas dengan jalur-jalur merah marun (kecokelatan) dan putih berselang seling, biasanya dengan pola serupa salib putih di tengah punggung bagian atas. Kaki-kaki dan capit dengan pola bintik-bintik putih.[4]

Ekologi dan agihan[sunting | sunting sumber]

Rajungan karang menyukai substrat berpasir hingga berpasir-berlumpur, pada kedalaman 30-60 m.[4]

Kepiting ini menyebar luas di kawasan perairan Indo-Pasifik Barat, hingga mencapai Jepang dan Australia.[4] Di wilayah Indo-Pasifik Barat, rajungan karang tercatat dari pantai timur Afrika, Madagaskar, India, Taiwan, dan Tiongkok,[6] Malaysia,[7] Singapura,[8] dan Indonesia.[9]

Manfaat[sunting | sunting sumber]

Rajungan karang, sebagaimana rajungan pada umumnya, lebih enak rasanya jika dibandingkan dengan kepiting bakau. Rajungan ini biasa dijual dalam keadaan beku. Di wilayah Asia Timur, rajungan karang lebih disukai dan lebih mahal harganya ketimbang jenis-jenis Portunus spp., mencapai harga US$ 8-15 per kg.[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Linnaeus, C. & L. Salvius. 1758. Systema naturae per regna tria naturae :secundum classes, ordines, genera, species, ... v. I: 627. Holmiae :Impensis Direct. Laurentii Salvii, 1758-1759.
  2. ^ Peter K. L. Ng, Danièle Guinot & Peter J. F. Davie (2008). "Systema Brachyurorum: Part I. An annotated checklist of extant Brachyuran crabs of the world" (PDF). Raffles Bulletin of Zoology. 17: 1–286. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2011-06-06. Diakses tanggal 2015-12-03. 
  3. ^ Sealife Base: Charybdis feriatus (Linnaeus, 1758)
  4. ^ a b c d e f Ng, P.K.L. 2001. "Crabs". in Kent E. Carpenter & Volker H. Niem (Eds.). FAO Species Identification Guide: The Living Marine Resources of The Western Pacific. Vol. 2: 1046-155. Rome:Food and Agriculture Organization. (Charybdis feriatus p.1120)
  5. ^ Moosa, MK. 1980. "Beberapa catatan mengenai rajungan dari Teluk Jakarta dan Pulau-pulau Seribu." Diarsipkan 2015-12-08 di Wayback Machine. dalam Burhanuddin, MK. Moosa & H. Razak (eds.) Sumberdaya hayati bahari. Jakarta:LON-LIPI.
  6. ^ NIO: "Charybdis feriatus." Diarsipkan 2015-12-08 di Wayback Machine.
  7. ^ Asian Scientist: "Crucifix Crab, Charybdis Feriatus, Spotted In The Straits Of Malacca."
  8. ^ Wild Singapore: "Crucifix swimming crab Charybdis feriata."
  9. ^ Nontji, A. Laut Nusantara: 189-99. Jakarta:Djambatan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]