Persatuan Dukun Nusantara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Persatuan Dukun Nusantara atau Perdunu adalah sebuah persatuan dukun di Indonesia yang didirikan pada 3 Februari 2021 di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Persatuan ini diwujudkan untuk memperkenalkan pekerjaan dukun/paranormal dan ilmu-ilmu gaib kepada marsyarakat, serta melawan stigma buruk pekerjaan dukun di mata masyarakat. Selain itu, Perdunu berusaha memberikan manfaat, seperti pengobatan non-medis, kepada masyarakat. Perdunu bukanlah persatuan dukun yang bekerja untuk menyakiti orang lain, melainkan dukun-dukun yang mampu menyelesaikan masalah-masalah yang tak kasat mata/gaib.[1]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Ketua pertama Perdunu adalah Gus Fatah, pengasuh Pondok Pesantren Al-Huda, Blimbingsari, Tegalsari.[1]

Festival Santet[sunting | sunting sumber]

Perdunu mendapatkan perhatian masyarakat lantaran berencana menyelenggarakan Festival Santet pertama di Indonesia. Selain bersifat mengedukasi masyarakat tentang ilmu-ilmu sihir di Indonesia, festival ini juga akan memperkenalkan tiga jujukan mistis di Banyuwangi, yakni Alas Purwo, Rowo Bayu, dan Antaboga.[2][3] Setelah mendapatkan banyak tanggapan negatif dari masyarakat, Perdunu mengaku akan mengganti nama Festival Santet dengan istilah lain yang dapat diterima masyarakat.[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Persatuan Dukun Nusantara Siapkan Festival Santet". suara.com. 2021-02-04. Diakses tanggal 2021-02-05. 
  2. ^ Irfan, Yoghy (2021-02-04). "Persatuan Dukun Nusantara akan Gelar Festival Santet, Begini Nanti Isi Acaranya". selasar.co (dalam bahasa Indonesian). Diakses tanggal 2021-02-05. 
  3. ^ "Sejumlah Orang di Banyuwangi Ini Mendeklarasikan Organisasi Dukun, Bakal Gelar Festival Santet". www.matain.id. Diakses tanggal 2021-02-05. 
  4. ^ Fanani, Ardian. "Diminta Ganti Nama dan Istilah Festival Santet, Ini Tanggapan Perdunu". detiknews. Diakses tanggal 2021-03-02.