Persatuan Dukun Nusantara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Persatuan Dukun Nusantara atau Perdunu adalah sebuah persatuan dukun di Indonesia yang didirikan pada 3 Februari 2021 di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Persatuan ini diwujudkan untuk memperkenalkan pekerjaan dukun/paranormal dan ilmu-ilmu gaib kepada marsyarakat, serta melawan stigma buruk pekerjaan dukun di mata masyarakat. Selain itu, Perdunu berusaha memberikan manfaat, seperti pengobatan non-medis, kepada masyarakat. Perdunu bukanlah persatuan dukun yang bekerja untuk menyakiti orang lain, melainkan dukun-dukun yang mampu menyelesaikan masalah-masalah yang tak kasat mata/gaib.[1]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Ketua pertama Perdunu adalah Gus Fatah, pengasuh Pondok Pesantren Al-Huda, Blimbingsari, Tegalsari.[1]

Sementara Sekretaris Jendral Perdunu dijabat oleh Ali Nur Fatoni, Kepala Desa Sumberarum, Kec. Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. Beliau juga menjabat sebagai Humas Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cab. Banyuwangi, sebuah perguruan silat terkemuka di Indonesia. Ali Nur Fatoni juga menjadi Wakil Ketua GP Ansor Banyuwangi.

Festival Santet[sunting | sunting sumber]

Perdunu mendapatkan perhatian masyarakat lantaran berencana menyelenggarakan Festival Santet pertama di Indonesia. Selain bersifat mengedukasi masyarakat tentang ilmu-ilmu sihir di Indonesia, festival ini juga akan memperkenalkan tiga jujukan mistis di Banyuwangi, yakni Alas Purwo, Rowo Bayu, dan Antaboga.[2][3] Setelah mendapatkan banyak tanggapan negatif dari masyarakat, Perdunu mengaku akan mengganti nama Festival Santet dengan istilah lain yang dapat diterima masyarakat.[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Persatuan Dukun Nusantara Siapkan Festival Santet". suara.com. 2021-02-04. Diakses tanggal 2021-02-05. 
  2. ^ Irfan, Yoghy (2021-02-04). "Persatuan Dukun Nusantara akan Gelar Festival Santet, Begini Nanti Isi Acaranya". selasar.co (dalam bahasa Indonesian). Diakses tanggal 2021-02-05. 
  3. ^ "Sejumlah Orang di Banyuwangi Ini Mendeklarasikan Organisasi Dukun, Bakal Gelar Festival Santet". www.matain.id. Diakses tanggal 2021-02-05. 
  4. ^ Fanani, Ardian. "Diminta Ganti Nama dan Istilah Festival Santet, Ini Tanggapan Perdunu". detiknews. Diakses tanggal 2021-03-02.