Batatamba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Batatamba atau tatamba adalah pengobatan tradisional masyarakat Banjar. Batatamba mencakup pengobatan jasmani dan rohani. Penyakit jasmani seperti terkilir atau muntah-muntah dapat disembuhkan dengan pijatan atau mengonsumsi herbal tertentu. Sementara itu, penyakit rohani, khususnya yang dipercaya disebabkan oleh sihir, disembuhkan dengan ritual atau mantra tertentu.[1] Batatamba terbagi menjadi tiga cara, yakni dengan cara agamis, tradisional, dan percampuran antara agamis dan tradisional.[2][3]

Pengobatan tradisional ini banyak bertahan di wilayah perdesaan, tetapi jarang ditemui di wilayah perkotaan Kalimantan Selatan.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b News, Tagar (2017-12-23). "Hidup Sehat dengan Batatamba Warisan Budaya Kalimantan Selatan". TAGAR. Diakses tanggal 2020-11-04. 
  2. ^ tutupkuncoro (2018-12-11). "Batatamba merupakan prosesi pengobatan secara tradisional dalam kehidu". Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-04. 
  3. ^ "(PDF) Batatamba: Pengobatan Tradisional dalam Masyarakat Banjar". ResearchGate (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-04.