Pembicaraan:Suku Batak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pembicaraan:Batak)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
ProyekWiki Disambiguasi
Ikon ProyekWikiHalaman ini merupakan bagian dari ProyekWiki Disambiguasi, sebuah kolaborasi untuk untuk membuat struktur dan mengatur semua halaman disambiguasi/pengalihan di Wikipedia. Anda diundang untuk berpartisipasi dalam proyek ini dengan bergabung bersama pengguna lain di halaman ProyekWiki Disambiguasi.
 

Pertanyaan[sunting sumber]

Ketika itu, masyarakat Batak yang berada di sekitar Tapanuli, khususnya Tarutung, diberi pengajaran baca tulis, keahlian bertukang untuk kaum pris dan keahlian menjahit serta urusan rumah tangga bagi kaum ibu.

Pengajaran baca tulis ini menggunakan Surat Batak atau huruf Latin? Dan apakah itu kaum pris? Meursault2004 11:28, 30 Jun 2005 (UTC)

Kalo "kaum pris" itu seharusnya adalah typo. Huruf "a" dan "s" kan bersebelahan. :-) Hayabusa future 11:36, 30 Jun 2005 (UTC)

hahahaha nggak tahu aku LOL :-) Meursault2004 11:42, 30 Jun 2005 (UTC)

Batak mempunyai aksara asli yang disebut Pustaha Batak atau Surat Batak seperti Hanacaraka-nya bahasa Jawa. Yang dimaksud dengan pengajaran baca tulis dalam hal ini adalah pengajaran baca tulis huruf Latin pada masa pendudukan Belanda. Tau kan ttg SR (Sekolah Rakjat). Mungkin di sekolah itu diajarinnya. Kemudian diperdalam pada era batak modern ketika masuknya missionaris kristen, I.L. Nommensen.

BTW, Kaum Pris itu apa ya ??

Kaum pria dong, kan sudah ditulis di atas...Meursault2004 07:10, 1 Jul 2005 (UTC)

menurut masayarakyat Bakara, agama Raja Sisingamangaraja XII itu "parmalim" bukan "islam" Pangihutan M 29 Mei 2012 14.30 (UTC)

NPOV[sunting sumber]

Pernyataan ini memenuhi NPOV ga, ya?

Suku ini adalah salah satu suku yang paling berpengaruh di Indonesia, di mana mereka banyak yang mengisi jabatan di pemerintah dan posisi-posisi penting lainnya.

Bukankah lebih baik dituliskan peran tokoh-2 yang berasal dari suku ini (apakah ini?), sehingga fakta yang berbicara? Maaf bila tak berkenan. N/A(bicara) 11:37, 13 Oktober 2006 (UTC)

"Terkenal dengan etos kerjanya yang kuat" juga NPOV dan OR. Sumbernya dari mana? --Quoth nevermore 21:41, 6 September 2007 (UTC)

Artikel "Batak" dan "Suku Batak"[sunting sumber]

Bukankah lebih baik digabung? Isinya sama, dan toh pembicaraannya sudah digabung. Wsaragih (bicara) 18:01, 4 Oktober 2008 (UTC)

Batak bukannya halaman disambiguasi? Harusnya halaman pembicaraan kedua artikel tak perlu digabung. --Gombang (bicara) 09:52, 5 Oktober 2008 (UTC)
Terima kasih. Awalnya saya kira begitu, tapi kemudian saya perhatikan bahwa tidak ada kata/templat "disambiguasi" dalam Batak (entah disengaja atau lupa meletakkannya saja), dan kemudian ada tambahan keterangan mengenai Tarombo dalam artikel Batak. Bandingkan dengan ini, atau yang ini.Wsaragih (bicara) 10:11, 5 Oktober 2008 (UTC)
Sudah saya tambahkan templat disambiguasi, dan tarombo dipindahkan ke Suku Batak. Silakan dikembangkan lebih lanjut lagi (dengan rujukan tentunya). Saya sendiri tidak tahu banyak soal Batak :--Gombang (bicara) 10:24, 5 Oktober 2008 (UTC)
That's more like it. Terima kasih Wsaragih (bicara) 07:09, 6 Oktober 2008 (UTC)

Masih NPOV?[sunting sumber]

Masih NPOV kah? Ada yang mau berkomentar? Pakai kesimpulan segala lagi :) Wsaragih (bicara) 07:29, 19 November 2008 (UTC)

Jelas masih harus dibereskan dan ditulis ulang. Misalnya perlu ditambahkan rujukan. Dan tidak perlu kesimpulan lah :) --Gombang (bicara) 07:38, 19 November 2008 (UTC)

Suku Batak terdiri dari beberapa sub suku yang berdiam di wilayah Sumatera Utara, khususnya Tapanuli.

Sub suku Batak adalah:

   * Suku Batak Silindung
   * Suku Batak Samosir
   * Suku Batak Humbang
   * Suku Batak Toba

Suku-suku yang bagi sebagian orang dinyatakan sebagai suku bangsa Batak namun tak dapat dibuktikan kebenarannya, yaitu:

   * Suku Alas (Aceh Tenggara)
   * Suku Gayo (Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues)
   * Suku Kluet
   * Suku Karo
   * Suku Pakpak
   * Suku Padang Lawas
   * Suku Simalungun
   * Suku Angkola
   * Suku Mandailing

Bagi saya yang lebih tak dapat dibuktikan malah yang pertama. Walaupun sama-sama tidak punya dasar yang kuat. – komentar tanpa tanda tangan oleh 202.70.61.3 (bk).

Keakuratan sejarah[sunting sumber]

Apakah suntingan ini benar? --ivanlanin 01:52, 9 Maret 2011 (UTC)