Lompat ke isi

Pangkalan Angkatan Udara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
F-4G Phantom II dan F-16 di Pangkalan Udara Spangdahlem, Jerman pada tahun 1990.
Pesawat tempur BAe Hawk Mk51A (HW-355) Angkatan Udara Finlandia di Bandara Kauhava di Kauhava, Finlandia pada tahun 2008.
Pangkalan Udara Osan, pangkalan udara yang digunakan bersama oleh Angkatan Udara Amerika Serikat dan Angkatan Udara Republik Korea di Korea Selatan.

Pangkalan angkatan udara,[1][2] kadang-kadang disebut sebagai pangkalan udara militer, lapangan terbang militer, bandara militer, stasiun udara, stasiun udara angkatan laut, stasiun angkatan udara, atau pangkalan angkatan udara, adalah sebuah pangkalan udara atau bandar udara yang digunakan sebagai pangkalan militer oleh suatu kekuatan militer untuk pengoperasian pesawat militer.

Fasilitas pangkalan angkatan udara

[sunting | sunting sumber]

Sebuah pangkalan udara biasanya memiliki beberapa fasilitas yang serupa dengan bandara sipil; misalnya, kontrol lalu lintas udara dan pemadaman kebakaran. Beberapa lapangan terbang militer mempunyai fasilitas penumpang; misalnya, RAF Brize Norton di Inggris memiliki terminal yang digunakan oleh penumpang untuk penerbangan transportasi penumpang Angkatan Udara Britania Raya. Sejumlah pangkalan udara militer mungkin juga memiliki daerah kantong sipil untuk penerbangan penumpang komersial, misalnya. Bandara Nanyuan Beijing (Cina), Bandara Chandigarh (India), Bandara Ibaraki (Jepang), Bandara Internasional Burlington (AS), Bandara Internasional Sheikh Ul-Alam Srinagar (India), Bandara Songshan Taipei (Taiwan), Bandara Eindhoven (Belanda). Demikian pula hal sebaliknya juga terjadi; bandara sipil yang besar mungkin memiliki pangkalan udara militer yang lebih kecil di sekitarnya, seperti Pangkalan Angkatan Udara Kerajaan Brunei, Rimba (terletak di dalam Bandara Internasional Brunei).

Beberapa pangkalan udara memiliki tempat parkir pesawat yang tersebar, tanggul, tempat perlindungan pesawat yang diperkeras, atau bahkan hanggar bawah tanah, untuk melindungi pesawat dari serangan musuh. Pesawat tempur memerlukan penyimpanan persenjataan dan amunisi pesawat yang aman dan terlindungi. Fasilitas lain juga dapat mencakup bangunan teknis untuk servis dan dukungan peralatan bertahan hidup (termasuk helm terbang dan oksigen cair pribadi), simulator penerbangan untuk pelatihan sintetis, fasilitas servis untuk semua sistem pesawat terbang (badan pesawat, propulsi, avionik, sistem persenjataan)[3] dan sistem pendukung darat terkait (termasuk transportasi mekanis). Semua pangkalan udara militer akan memiliki bangunan untuk administrasi militer (markas besar stasiun, pengarahan skuadron dan operasi), dan pangkalan yang lebih besar juga akan mencakup fasilitas medis dan gigi untuk personel militer (dan terkadang tanggungan mereka), bersama dengan tempat makan (mess, yang secara informal dikenal sebagai 'rumah juru masak'), akomodasi (akomodasi tempat tinggal tunggal untuk pangkat junior, Mess Sersan dan Perwira untuk perwira non-komisioner senior dan perwira yang ditugaskan), fasilitas rekreasi (rumah klub untuk bersosialisasi), fasilitas perbelanjaan (toko-toko NAAFI, pertukaran pangkalan, komisariat), dan fasilitas olahraga (gimnasium, kolam renang, lapangan olahraga). Sebuah pangkalan udara dapat dipertahankan oleh senjata anti-pesawat dan pasukan perlindungan pasukan.

Sebuah JAS 39 Gripen dari Angkatan Udara Swedia lepas landas dari landasan pacu jalan raya, sebagai bagian dari pangkalan udara penyebaran.

Pangkalan angkatan udara yang tersebar

[sunting | sunting sumber]

Pangkalan udara penyebaran adalah lapangan udara yang digunakan untuk tujuan menyebarkan satuan-satuan udara jika terjadi konflik, sehingga meminimalkan kerentanan pesawat dan satuan pendukungnya selama berada di darat.[4] Pangkalan udara yang tersebar belum tentu beroperasi pada masa damai, dan hanya dapat diaktifkan bila diperlukan. Lapangan udara yang digunakan sebagai pangkalan penyebaran dapat berupa lapangan udara tambahan militer, bandara sipil, atau jalur jalan raya. Contoh penggunaan pangkalan penyebaran adalah sistem Bas 60 dan Bas 90 Swedia, pangkalan penyebaran V-Bomber Inggris, dan Pangkalan Operasi Tersebar NATO di Perancis.

Jalur jalan raya di Autobahn A29 dekat Ahlhorn[5]

Pangkalan angkatan udara jalan

[sunting | sunting sumber]

Pangkalan udara jalan raya adalah jalan raya yang dibangun untuk berfungsi ganda sebagai pangkalan udara tambahan jika terjadi perang. Negara yang diketahui memanfaatkan strategi ini adalah India,[6] Swedia,[7] Finlandia, Jerman (dahulu),[5] Singapura, Swiss,[8] Korea Selatan, Turki, Polandia, Pakistan, dan Republik Ceko. Dalam kasus pangkalan udara jalan raya Finlandia, ruang yang diperlukan untuk pendaratan pesawat dikurangi dengan menggunakan kawat penahan, serupa dengan yang digunakan pada beberapa kapal induk (Angkatan Udara Finlandia menggunakan F/A-18, yang dapat mendarat di kapal induk).[9]

Kapal induk

[sunting | sunting sumber]

Kapal induk adalah jenis kapal angkatan laut yang berfungsi sebagai pangkalan udara lintas laut, yang pengembangannya telah meningkatkan kemampuan angkatan udara dan penerbangan angkatan laut modern. Di banyak negara, mereka kini menjadi bagian penting dari militer, sehingga memungkinkan pesawat militer mereka dikerahkan lebih dekat ke wilayah konflik. Kapal induk sangat penting bagi Amerika Serikat selama Perang Dunia II, Perang Korea dan Vietnam, dan bagi Inggris pada Perang Falkland tahun 1982. Mereka mempertahankan peran modern serta “beberapa hektar wilayah kedaulatan suatu negara yang dapat dipindahkan sesuka hati”, yang memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar dalam diplomasi serta urusan militer. Kapal induk juga dapat digunakan dalam bantuan bencana.

Lihat juga

[sunting | sunting sumber]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ "airbase". Dictionary.Cambridge.org. Cambridge, England: Cambridge Dictionary. n.d. Diakses tanggal 17 April 2023. 
  2. ^ "airbase". CollinsDictionary.com. Collins Dictionary. n.d. Diakses tanggal 17 April 2023. 
  3. ^ Ronald V. (20 December 2010). "Brüggen". ForgottenAirfields.com. Netherlands: Abandoned forgotten & little known airfields in Europe. Diakses tanggal 17 April 2023. 
  4. ^ Halliday, John M. (February 1987). "Tactical Dispersal of Fighter Aircraft" (PDF). RAND Corporation. 
  5. ^ a b Ronald V. (9 September 2011). "Ahlhorn highway strip". ForgottenAirfields.com. Netherlands: Abandoned forgotten & little known airfields in Europe. Diakses tanggal 17 April 2023. 
  6. ^ "Mirage 2000 fighter jet test-lands on Yamuna Expressway near Delhi as part of trials". ndtv.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 June 2016. Diakses tanggal 6 May 2018. 
  7. ^ [1] Diarsipkan February 2, 2007, di Wayback Machine.
  8. ^ "Uno Zero Zero – Ein Jahrhundert Schweizer Luftwaffe". lw.admin.ch. Aeropublications, 324 pages, Swiss Air Force. 2013. ISBN 978-3-9524239-0-5. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 August 2016. 
  9. ^ "Puolustusvoimat – Försvarsmakten – The Finnish Defence Forces". Finnish Defence Forces. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 June 2009. Diakses tanggal 26 November 2015. 
[sunting | sunting sumber]
  • Definisi kamus airbase di Wikikamus
  • Media tentang Airbases di Wikimedia Commons