Pangkalan militer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sebuah pangkalan militer adalah fasilitas yang dimiliki secara langsung dan dioperasikan oleh atau untuk militer atau salah satu cabang yang menaungi peralatan militer dan personil, dan memfasilitasi pelatihan dan operasi. Secara umum, sebuah pangkalan militer menyediakan akomodasi untuk unit yang berjumlah satu atau lebih. Selain itu, pangkalan militer juga dapat digunakan sebagai pusat komando, tempat pelatihan, atau ajang pembuktian. Dalam kebanyakan kasus, sebuah pangkalan militer bergantung pada bantuan luar untuk beroperasi. Namun, basis kompleks tertentu mampu bertahan sendiri untuk waktu yang lama karena mereka mampu menyediakan makanan, air dan kebutuhan pendukung kehidupan lainnya untuk penghuninya ketika di bawah pengepungan.

Strategi[sunting | sunting sumber]

Basis aman[sunting | sunting sumber]

Basis aman merupakan suatu wilayah di dalam pangkalan militer yang dijadikan sebagai pendukung bagi kekuatan militer. Bentuk dukungannya meliputi pasukan dan material. Basis aman juga merupakan tempat perlindungan dengan pertahanan yang kuat. Keberadaannya ditujukan untuk mencegah dampak terburuk dari hasil peperangan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Khaththab, Mahmud Syait (2019). Rasulullah Sang Panglima: Meneladani Strategi dan Kepemimpinan Nabi Muhammad dalam Berperang. Sukoharjo: Pustaka Arafah. hlm. 219. ISBN 978-602-6337-06-1. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]