Museum Hakka Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Hakka Indonesia (Yin-nì Hak-kâ Pok-vu̍t-kón)
印尼客家博物館
Peta
LokasiIndonesia Jakarta Timur, Jakarta, Indonesia
Situs webmuseumhakkaindonesia.com

Museum Hakka Indonesia (Hanzi: 印尼客家博物館, Inggris: Indonesian Hakka Museum) adalah museum yang didirikan oleh Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera yang berisikan informasi mengenai perjalanan sejarah Hakka di Indonesia. Museum ini berlokasi di komplek Taman Budaya Tionghoa, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Jakarta, Indonesia.[1]

Sejarah Museum[sunting | sunting sumber]

Museum Hakka Indonesia didirikan berawal dari keinginan tokoh keturunan Hakka yang merantau dan tinggal di Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera[2] untuk memperkenalkan budaya Hakka ke seluruh Indonesia. Tokoh-tokoh yang berkontribusi dalam pendirian Museum ini dapat ditampilkan di Aula Pameran Budaya Hakka Indonesia yang ada di lantai 3 di museum ini.

Museum ini membutuhkan waktu pembangunan selama sekitar 3 tahun dan diresmikan pada 30 Agustus 2014 oleh Presiden Indonesia yang menjabat saat itu Susilo Bambang Yudhoyono.[3]

Arsitektur museum ini meniru gaya arsitektur Fujian Tulou, dan terdiri dari satu aula utama di tengah bangunan dan tiga lantai dengan 3 ruang pameran:[4] Aula Pameran Sejarah Tionghoa Indonesia, Aula Pameran Budaya Hakka Indonesia, dan Aula Pameran Budaya Yongding Hakka Indonesia. Selain itu juga terdapat toko souvenir yang menjual pernak-pernik bernuansa budaya Hakka yang sebagian langsung didatangkan dari Meizhou yang merupakan 'kampung' Hakka di Tiongkok.

Waktu berkunjung[sunting | sunting sumber]

Museum ini buka setiap hari (kecuali hari Senin), jam 9 pagi sampai jam 4 sore.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Museum Hakka Indonesia". TMII Pesona Indonesia. Diakses tanggal 21 October 2016. 
  2. ^ Indonesia, Hakka. "Tentang Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera". Website Resmi Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera. Diakses tanggal 26/112019. 
  3. ^ Prodjo, Wahyu Adityo (10 February 2015). Asdhiana, I Made, ed. "Mengenal Museum Hakka Indonesia". Kompas.com. Kompas.com. Diakses tanggal 21 October 2016. 
  4. ^ "Indonesian Hakka Museum". Museum Hakka Indonesia. 2014. Diakses tanggal 21 October 2016.