Musik Pop Hakka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pop Hakka)

Musik Pop Hakka adalah genre musik pop yang dibawakan dalam bahasa Hakka, salah satu varian bahasa Tionghoa yang dipertuturkan di banyak negara.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Album Mò-yèn, dianggap sebagai album pop kontemporer Hakka pertama di Taiwan.

Musik Pop Hakka umumnya dikenal pertama berkembang di Taiwan (Republik Rakyat Tiongkok). Pelopor musik pop Taiwan pertama semasa Zaman Pendudukan Jepang di Taiwan adalah Deng Yu-shian yang merupakan seorang komposer Hakka, namun musiknya berbahasa Hoklo. Sedangkan untuk musik pop kontemporer Hakka, pelopornya adalah para musisi yang mulai berkiprah sejak tahun 60-an seperti Wu Sheng-zhi, Lin Tzu-yuan, dan Tu Min-heng.[1][2] Di antara penyanyi dan pencipta lagu di awal dekade 80-an, Wu Sheng-zhi dianggap sebagai yang paling berpengaruh.[2] Album berbahasa Hakka Mò-yèn ("Fated to Part") merupakan gebrakan baru dalam dunia musik Taiwan yang didominasi bahasa Mandarin dan Hoklo.[2] Namun demikian, kariernya sangat singkat karena kecelakaan yang merenggut nyawanya (Wu Sheng-zhi wafat tahun 1983). Setelah itu, diketahui tidak ada produksi musik Hakka di Taiwan.

Setelah berakhirnya Era Martial Law di Taiwan pada akhir dekade 80-an, berbagai bentuk kebudayaan lokal mulai berkembang pesat, termasuk Musik Pop Hakka. Era perkembangan musik Hakka di tahun 1990-an di Taiwan ditandai dengan kemunculan penyanyi-penyanyi pop mau pun folk kontempoer seperti Hsieh Yu-wei (dialek Siyen - Miaoli), Chen Yong-tao (dialek Hoiliuk - Hsinchu) dan Lin Sheng-xiang (dialek Siyen Selatan Liuktui - Meinong). Kepopuleran pop Hakka meningkat seiring dibukanya media-media massa berbahasa Hakka seperti Hakka TV dan radio-radio lokal. Kebangkitan musik Pop Hakka dianggap sebagai respon terhadap pencarian kembali identitas Hakka yang hilang.[2]

Pada tahun 2001, Hakka Affairs Council atau Dewan Hakka didirikan di Taiwan.[2] Lembaga ini aktif memberikan dukungan kepada pemusik Hakka dan menyelenggarakan acara yang mempromosikan musik Hakka, misalnya Hakka Tung Blossom Festival setiap April dan Mei di seluruh negeri.[2] Kementerian Kebudayaan Republik Tiongkok juga mengadakan ajang musik tahunan Golden Melody Awards untuk mengapresiasi penyanyi Hakka terbaik yang mendapat nominasi.[2]

Di negara lain, seperti Republik Rakyat Tiongkok, Malaysia dan Indonesia, musik Pop Hakka berkembang secara independen atau pun resmi di bawah beberapa label rekaman. Penyanyi Hakka lokal Indonesia dikenal banyak yang berasal dari Kota Singkawang (Kalimantan Barat).

Penyanyi Pop Hakka (Taiwan)[sunting | sunting sumber]

Penyanyi Pop Hakka (Malaysia)[sunting | sunting sumber]

Penyanyi Pop Hakka (Indonesia)[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Siinˇ Mungˇ Repositioning the Hakka in Contemporary Taiwan, Wei-An Chang, Shih-Chung Hsieh, Jui-Chao Liu/Hsiang-Chih Hwang. 客家委員會客家文化發展中心, 1 Mar 2021.
  2. ^ a b c d e f g Hakka Tracks, Taiwan Today. Akses: 27 Juni 2022.
  3. ^ Chin Kwet Chun - Semua Otodidak, Tribun Tionghoa Bangka Pos, Hal 9. Minggu 7 Maret 2010. Akses: 27 Juni 2022.
  4. ^ a b Penyanyi Cipta Lagu Hakka Dukung Penyembuhan Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Hakka Indonesia. Akses: 27 Juni 2022.