Mus'haf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mus'haf
Mus'haf al-Tajwid, dicetak dengan huruf berwarna-warni untuk memudahkan pembacaan Al-Qur'an dengan Tajwid.

Mus'haf (bahasa Arab: مصحف, pengucapan bahasa Arab:[ˈmʊsˤħaf] dengan ṣ dan ḥ sebagai dua konsonan terpisah, bukan *mʊʃaf) adalah naskah kuno atau koleksi lembar (sahifah, lihat di bawah). Al-Qur'an yang Muslim percaya telah terungkap pada berbagai waktu dan dalam berbagai cara selama periode 23 tahun pada akhir kehidupan Muhammad, dikumpulkan ke dalam naskah kuno di bawah khilafah ketiga, Utsman bin Affan.[1]

Dalam istilah Islam, al-Qur’ān berarti 'Pembacaan', menunjukkan kandungannya. Ketika mengacu kepada volume terikat fisik, ada yang menggunakan istilah mushaf.

Al-Qur'an mengacu kepada dirinya sebagai kitab. Kata mus'haf tidak disebutkan dalam Al-Qur'an namun jamaknya "suhuf" (dari akar "sahifah", dari mus'haf juga berasal) disebutkan dalam beberapa ayat[2]. Mencatat ini, beberapa ulama telah berpendapat bahwa Al-Qur'an tidak menyajikan dirinya sebagai "buku", yang berarti itu selesai dan lengkap, begitu banyak sebagai "kitab suci", sesuatu ditulis atau dikomunikasikan dari waktu ke waktu, yang memberikan banyak dinamisme atau kehidupan. Al-Qur'an berbicara tentang dirinya sebagai kitab bahkan sebelum ia diletakkan ke dalam tulisan.[3]

Kata 'suhuf' disebutkan dalam ayat berikut dari Al-Qur'an:

Al-Islam.org, situs web shia menulis:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wheller, Brannon M. Prophets in the Quran: An Introduction to the Quran and Muslim Exegesis, Continuum Books, 2002, p. 5.
  2. ^ http://www.quranicstudies.com/quran/the-difference-between-quran-and-mushaf/
  3. ^ Madigan, Daniel. The Qur'an's Self-Image: Writing and Authority in Islam's Scripture, Princeton University Press, 2001.
  4. ^ Kitab Fatimah (AS)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]