Mitos Wehrmacht yang bersih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Warga Jerman memprotes pameran Wehrmacht pada tahun 2002. Pameran yang diselenggarakan oleh Institut Penelitian Sosial Hamburg ini mulai mengikis mitos tersebut di masyarakat Jerman pada tahun 1990-an. Tulisan pada protes di atas berarti "Kemuliaan dan kehormatan bagi tentara Jerman!".[1]
Dua tentara Jerman melihat mayat Polandia di dalam lubang
Sekitar 300 tawanan perang Polandia dibunuh oleh tentara Resimen Infantri Bermotor 15 Jerman dalam pembantaian Ciepielów pada 9 September 1939.

Mitos Wehrmacht yang bersih (Jerman: Mythos der sauberen Wehrmacht) adalah gagasan negasionis bahwa angkatan bersenjata reguler Jerman (Wehrmacht) tidak terlibat dalam Holokaus atau kejahatan perang lainnya selama Perang Dunia II. Mitos tersebut banyak dipromosikan oleh penulis dan personel militer Jerman setelah Perang Dunia II,[2] di mana mereka kebanyakan menyangkal kesalahan komando militer Jerman dalam perencanaan dan pelaksanaan kejahatan perang. Bahkan ketika tindakan kejahatan perang dan kampanye pemusnahan, khususnya di Uni Soviet – dimana Nazi memandang penduduk di sana sebagai “submanusia” yang diperintah oleh para konspirator “Bolshevik Yahudi” – telah diakui, tindakan-tindakan tersebut tetap dianggap sebagai perbuatan "korps tentara Partai", Schutzstaffel (SS), bukan militer reguler Jerman.

Mitos ini dimulai selama masa perang, dipromosikan dalam propaganda resmi Wehrmacht dan oleh tentara dari semua kepangkatan yang berusaha untuk menggambarkan institusi mereka sebaik mungkin; ketika prospek kemenangan memudar, para prajurit ini mulai menggambarkan diri mereka sebagai korban.[3] Setelah kekalahan Jerman, putusan Pengadilan Militer Internasional (1945–1946), yang membebaskan banyak terdakwa, disalahartikan sebagai pembebasan bagi Wehrmacht. Franz Halder dan pemimpin Wehrmacht lainnya menandatangani memorandum Jenderal berjudul "Tentara Jerman dari tahun 1920 hingga 1945", yang menguraikan elemen kunci dari mitos tersebut, mencoba untuk membebaskan Wehrmacht dari tuduhan kejahatan perang.

Pasukan Sekutu Barat yang menang menjadi semakin khawatir dengan berkembangnya Perang Dingin melawan bekas sekutu mereka, Uni Soviet, dan ingin Jerman Barat mulai mempersenjatai diri untuk melawan ancaman Soviet. Pada tahun 1950, Kanselir Jerman Barat Konrad Adenauer dan para mantan perwira bertemu secara diam-diam di Biara Himmerod untuk membahas persoalan dipersenjatakannya kembali Jerman Barat dan akhirnya menyetujui memorandum Himmerod. Memorandum ini menetapkan syarat-syarat yang harus dipenuhi agar Jerman Barat dapat mempersenjatai diri mereka kembali, di antaranya adalah: penjahat perang mereka harus dibebaskan, "pencemaran nama baik" terhadap tentara Jerman harus dihentikan, dan opini publik asing terhadap Wehrmacht harus ditingkatkan. Presiden Amerika Dwight D. Eisenhower, sebelumnya menggambarkan Wehrmacht sebagai Nazi, namun keprihatinannya yang mendalam terhadap dominasi Soviet di Eropa Timur membuatnya berbalik arah dan memfasilitasi persenjataan kembali tersebut. Britania Raya menjadi enggan untuk melanjutkan persidangan lebih lanjut dan membebaskan para penjahat yang sudah dihukum lebih awal.

Ketika Adenauer mendapatkan suara para veteran dan memberlakukan undang-undang amnesti, Halder mulai bekerja untuk Divisi Sejarah Angkatan Darat Amerika Serikat. Perannya adalah mengumpulkan dan mengawasi mantan perwira Wehrmacht untuk membuat laporan operasional bervolume-volume mengenai Front Timur.[4] Ia mengawasi tulisan 700 mantan perwira Jerman dan menyebarkan mitos tersebut melalui jaringan ini. Para perwira dan jenderal Wehrmacht membuat memoar yang bersifat ekslusif yang memutarbalikkan catatan sejarah. Tulisan-tulisan ini terbukti sangat populer, terutama memoar Heinz Guderian dan Erich von Manstein, dan selanjutnya menyebarkan mitos tersebut di kalangan masyarakat Jerman yang ingin menghilangkan rasa malu terhadap Nazisme.

Tahun 1995 terbukti menjadi titik balik kesadaran masyarakat Jerman. Pameran Wehrmacht yang digelar oleh Institut Penelitian Sosial Hamburg, memperlihatkan 1.380 gambar grafis pasukan Wehrmacht "biasa" yang terlibat dalam kejahatan perang, memicu perdebatan publik yang berkepanjangan dan penilaian kembali terhadap mitos tersebut. Hannes Heer menulis bahwa kejahatan perang tersebut ditutup-tutupi oleh para cendekiawan dan mantan tentara. Sejarawan Jerman Wolfram Wette menyebut tesis Wehrmacht yang bersih sebagai "sumpah palsu kolektif". Generasi masa perang mempertahankan mitos tersebut dengan semangat dan tekad. Mereka menekan informasi dan memanipulasi kebijakan pemerintah. Setelah kematian mereka, tidak ada cukup motif untuk mempertahankan kebohongan yang dibantah oleh Wehrmacht sebagai mitra penuh dalam industri genosida Nazi.

Garis besar mitos[sunting | sunting sumber]

Wehrmacht adalah gabungan angkatan bersenjata Nazi Jerman dari tahun 1935 hingga 1945, Angkatan Darat (Heer), Angkatan Laut (Kriegsmarine) dan Angkatan Udara (Luftwaffe) yang berjumlah sekitar 18 juta orang, dibentuk pada tanggal 16 Maret 1935 dengan Undang-Undang Pertahanan zaman Hitler yang memperkenalkan wajib militer.[5] Sekitar setengah dari seluruh warga laki-laki Jerman melakukan dinas militer sebagai wajib militer atau sukarelawan.[6][7][8]

Istilah "Wehrmacht bersih" (saubere Wehrmacht) berarti tentara, pelaut, dan penerbang Jerman memiliki "tangan yang bersih"; dengan kata lain, mereka mengklaim bahwa tangan mereka tidak terkena darah tawanan perang, Yahudi, atau warga sipil yang dibunuh.[9] Mitos tersebut menegaskan bahwa Hitler dan Partai Nazi sendirilah yang merancang perang pemusnahan dan kejahatan perang hanya dilakukan oleh SS, angkatan bersenjata khusus Partai Nazi.

Kenyataannya, para jenderal Wehrmacht, dan banyak personel berpangkat lebih rendah hingga prajurit biasa, bersedia ikut serta dalam perang pemusnahan Hitler melawan musuh-musuh Jerman. Pasukan Wehrmacht terlibat atau melakukan berbagai kejahatan perang, secara rutin membantu unit-unit SS dengan persetujuan diam-diam dari para perwira.[10] Setelah perang, pemerintah Jerman Barat dengan sengaja berusaha untuk menyembunyikan informasi tentang kejahatan tersebut untuk membebaskan mantan penjahat perang dan memungkinkan mereka berintegrasi kembali ke dalam masyarakat Jerman.[11]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Terkait dengan Nazi Jerman:

Fenomena serupa terjadi di tempat lain:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wette 2007, hlm. 269.
  2. ^ Beorn 2014, hlm. 12-17.
  3. ^ Harrisville, David A. (2021). The Virtuous Wehrmacht: Crafting the Myth of the German Soldier on the Eastern Front, 1941-1944 (dalam bahasa Inggris). Cornell University Press. hlm. 12–13. ISBN 978-1-5017-6006-8. 
  4. ^ Smelser & Davies 2008, hlm. 64.
  5. ^ Wette 2007, hlm. 157.
  6. ^ Wette 2007, hlm. 158.
  7. ^ Müller 2016, hlm. 16.
  8. ^ "Chapter I – The German Military System". Handbook on German Military Forces. War Department. 15 March 1945. hlm. [I-57]. Technical Manual TM-E 30-451. Diakses tanggal 14 August 2019 – via Hyperwar Foundation. 
  9. ^ Wette 2007, hlm. 195.
  10. ^ Wette 2007, hlm. 292–297.
  11. ^ Wette 2007, hlm. 222.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Sumber daring[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Sumber daring[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]