Miss Grand Indonesia 2020

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Miss Grand Indonesia 2020
Kharisma Aura Miss Grand Indonesia 2020.jpg
Kharisma Aura, Miss Grand Indonesia 2020.
Tanggal21 Juni 2020
TempatIndonesia Goodrich Suites, Artotel Portofolio, Jakarta
Pembawa acaraHerjuno Syaputra
Pengisi acaraSarwendah Tan
PenyiaranMOP Channel (live streaming)
Peserta5
Tidak tampil
PemenangKharisma Aura
Coats of arms of None.svg Jawa Barat
PersahabatanJazmine Rowe
Coats of arms of None.svg Jawa Tengah
FotogenikJessika Lagu
Coats of arms of None.svg Nusa Tenggara Timur
← 2019
2021 →

Miss Grand Indonesia 2020 adalah edisi ke-3 kontes kecantikan Miss Grand Indonesia dan edisi perdana dibawah Yayasan Dunia Mega Bintang, dimana tahun sebelumnya diselenggarakan dibawah Yayasan Dharma Gantari. Berlangsung di Goodrich Suites, Artotel Portofolio pada tanggal 21 Juni 2020 dan disiarkan di kanal YouTube MOP Channel.

Kharisma Aura dari Jawa Barat dinobatkan sebagai pemenang mengungguli 4 finalis lainnya dan mewakili Indonesia pada kontes Miss Grand International 2020 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand.[1][2]

Runner-up, Bella Aprilia dari Jawa Timur ditunjuk sebagai Miss Intercontinental Indonesia 2020 dan diumumkan sebagai perwakilan Indonesia pada kontes Miss Intercontinental 2021 dimana lisensi dimiliki oleh The Beauty Organization yang bekerjasama dengan YDMB.[3]

Selain itu, 5 Besar, Nadia Ingrida Tjuatja ditunjuk langsung oleh Ivan Gunawan selaku direktur nasional sebagai Miss Face of Humanity Indonesia 2021 dan mewakili Indonesia pada Miss Face of Humanity 2021 di Toronto, Kanada.

Berbeda dengan konsep pemilihan kontes kecantikan lainnya, kontes kali ini diselenggarakan hanya dengan 5 finalis yang sebelumnya melalui tahap audisi, dengan format reality show dan disiarkan di MOP Channel juga. Karantina dimulai sejak Maret 2020, namun tertunda karena Pandemi COVID-19.

Pembawa acara[sunting | sunting sumber]

Juri[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah dewan juri yang menilai finalis:[4]

Mahkota[sunting | sunting sumber]

Untuk edisi perdana dibawah organisasi Yayasan Dunia Mega Bintang, Ivan Gunawan mendesain sendiri mahkota yang akan digunakan oleh pemenang dan akan diturunkan di edisi penyelenggaraan sebelumnya. Mahkota yang bernana "World of Victory" terinspirasi dari cahaya bintang yang bersinar terang di gelapnya langit malam dan melambangkan sebuah keteguhan dan tekad untuk berjuang mewujudkan harapan untuk menang bagi Indonesia.

Terbuat dari logam mulia berlapis emas putih dan rose gold, serta dihiasi 7.000 batu cubic zirconia berbentuk bundar dan pir. Sebanyak 154 di antaranya dipasang dengan mekanisme Dancing Stone. Mahkota ini juga tercatat mencetak sejarah, karena menggunakan Dancing Stone terbanyak di dunia, yang diberikan langsung oleh Crossfor Co Ltd., pemegang lisensi resmi Dancing Stone.

Dancing Stone merupakan teknik pemasangan batu mulia asal Jepang yang dikenal dengan kerumitan namun hasilnya mengagumkan. Teknologi Dancing Stone memungkinkan batu yang terpasang dapat bergerak sendiri, menghasilkan kilau cahaya, yang tampak seperti menari.

Pengerjaan mahkota Miss Grand Indonesia 2020 membutuhkan waktu selama dua bulan karena prosesnya yang rumit dan perlu ketelitian maksimal dengan nominal harga 3.5 milyar. Meskipun teknologi pemasangan Dancing Stone berasal dari Jepang, namun penggarapannya dilakukan oleh produsen emas lokal YT Utama Putra.[5]

Hasil[sunting | sunting sumber]

Utama
Gelar Kontestan
Miss Grand Indonesia 2020 Coats of arms of None.svg Jawa Barat - Kharisma Aura
Miss Intercontinental Indonesia 2020 Coats of arms of None.svg Jawa Timur - Bella Aprilia
Miss Face Of Humanity Indonesia 2021 Coat of arms of Jakarta.svg Jakarta - Nadia Ingrida Tjuatja
Penghargaan khusus
Gelar Kontestan
Miss Congeniality Coats of arms of None.svg Daerah Istimewa Yogyakarta - Jazmine Rowe
Miss Photogenic Coats of arms of None.svg Nusa Tenggara Timur - Jessika Lagu
Miss Glowing Skin Coat of arms of Jakarta.svg Jakarta - Nadia Ingrida Tjuatja

Peserta[sunting | sunting sumber]

5 peserta telah dipilih dan siap berkompetisi.

Provinsi Kontestan Usia Kota asal
Coat of arms of Jakarta.svg Jakarta Nadia Ingrida Tjoa 26 Jakarta
Coats of arms of None.svg Jawa Barat Kharisma Aura Islami 22 Majalengka
Coats of arms of None.svg Jawa Timur Bella Aprilia Sant 25 Surabaya
Coats of arms of None.svg Daerah Istimewa Yogyakarta Jazmine Rowe 19 Yogyakarta
Coats of arms of None.svg Nusa Tenggara Timur Jessica Lagu 18 Kupang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kharisma Aura Terpilih Jadi Miss Grand Indonesia 2020". Fimela.com. 21 Juni 2020. Diakses tanggal 22 Juni 2020. 
  2. ^ "Kharisma Aura Asal Majalengka Pemenang Miss Grand Indonesia 2020". Prima Barita. 21 Juni 2020. Diakses tanggal 22 Juni 2020. 
  3. ^ "We are gladly to announce that Ivan Gunawan as the National Director of Miss Intercontinental Indonesia 2020, has appointed". YDMB Official Instagram. 22 Juni 2020. Diakses tanggal 22 Juni 2020.  line feed character di |title= pada posisi 31 (bantuan)
  4. ^ "Panel of judges for tonight's Grand Final Miss Grand Indonesia 2020". YDMB Official Instagram. 21 Juni 2020. Diakses tanggal 22 Juni 2020. 
  5. ^ Hestianingsih (22 Juni 2020). "Mahkota Miss Grand Indonesia 2020 Cetak Sejarah, Dihiasi 154 Dancing Stone". detikcom. Diakses tanggal 22 Juni 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]