Kreol Haiti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Kreol Haiti
kreyòl ayisyen
Pengucapan[kɣejɔl ajisjɛ̃]
Dituturkan diHaiti
Penutur
12 juta (2022)[1]
Rincian data penutur

Jumlah penutur beserta (jika ada) metode pengambilan, jenis, tanggal, dan tempat.[2]

Latin (Alfabet bahasa Kreol Haiti)
Aspek ketatabahasaan
Tipologi
Status resmi
Bahasa resmi di
 Haiti
Diakui sebagai
bahasa minoritas di
Diatur olehAkademi Kreyòl Ayisyen[6]
Kode bahasa
ISO 639-1ht
ISO 639-2hat
ISO 639-3hat
Glottologhait1244  (Haitian)[7]
Linguasfer51-AAC-cb
IETFht
QIDQ33491
Status konservasi
C10
Kategori 10
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa telah punah (Extinct)
C9
Kategori 9
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa sudah ditinggalkan dan hanya segelintir yang menuturkannya (Dormant)
C8b
Kategori 8b
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa hampir punah (Nearly extinct)
C8a
Kategori 8a
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa sangat sedikit dituturkan dan terancam berat untuk punah (Moribund)
C7
Kategori 7
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa mulai mengalami penurunan ataupun penutur mulai berpindah menggunakan bahasa lain (Shifting)
C6b
Kategori 6b
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa mulai terancam (Threatened)
C6a
Kategori 6a
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa masih cukup banyak dituturkan (Vigorous)
C5
Kategori 5
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa mengalami pertumbuhan populasi penutur (Developing)
C4
Kategori 4
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa digunakan dalam institusi pendidikan (Educational)
C3
Kategori 3
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa digunakan cukup luas (Wider Communication)
C2
Kategori 2
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan di berbagai wilayah (Provincial)
C1
Kategori 1
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa nasional maupun bahasa resmi dari suatu negara (National)
C0
Kategori 0
Kategori ini menunjukkan bahwa bahasa merupakan bahasa pengantar internasional ataupun bahasa yang digunakan pada kancah antar bangsa (International)
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1
0
EGIDS SIL EthnologueC1 National
Kreol Haiti dikategorikan sebagai C1 National menurut SIL Ethnologue, artinya bahasa ini menjadi bahasa nasional maupun bahasa resmi dari suatu negara
Referensi: [8]

Lokasi penuturan
Distribution of Haitian Creole, areas in dark blue is where it is spoken by a majority, areas in light blue is where it is spoken by a minority.
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Kreol Haiti (Kreyòl ayisyen; diucapkan: [kɣejɔl ajisjɛ̃]), sering disebut secara sederhana Kreol atau Kreyòl, merupakan bahasa yang dituturkan di Haiti oleh sekitar delapan juta orang, yang sekitar 80 % dari keseluruhan populasi dari sekitar sepuluh juta, dan melalui emigrasi, dengan sekitar satu juta penutur bertempat tinggal di Bahama, Kuba, Kanada, Kepulauan Cayman, Republik Dominika, Guyana Prancis, Martinik, Guadeloupe, Belize, Puerto Riko, dan Amerika Serikat. Bahasa ini menjadi terkemuka karena menjadi Bahasa Kreol yang paling banyak diucapkan di dunia.[9]

Bahasa Kreol Haiti merupakan satu dari dua bahasa resmi di Haiti, bersama dengan bahasa Prancis. Bahasa ini merupakan Bahasa Kreol yang sebagaian besar didasarkan pada bahasa Prancis pada abad ke-18 dengan berbagai pengaruh lainnya yang beragam, terutama bahasa – bahasa Afrika (termasuk sejumlah Bahasa Arab), juga Bahasa Spanyol dan Bahasa Taíno dan tak ketinggalan Bahasa Inggris.

Atas upaya Félix Morisseau-Leroy, sejak tahun 1961, bahasa Kreol Haiti telah diakui sebagai sebuah bahasa resmi, bersama dengan bahasa Prancis, yang telah menjadi bahasa sastra tunggal negara tersebut, sejak kemerdekannya pada tahun 1904. Status resmi dipertahankan di bawah Konstitusi 1987 negara tersebut. Penggunaan Kreol dalam sastra dahulunya sangat sedikit, tetapi seiring waktu, penggunannya terus meningkat sedikit demi sedikit. Morisseau adalah salah satu penulis pertama dan paling berpengaruh untuk menulis dalam bahasa Kreol Haiti. Sejak 1980-an, banyak pendidik, penulis, dan aktivis telah menulis sastra dalam bahasa Kreol. Kini, banyak surat kabar, radio, dan program televisi yang diproduksi dalam bahasa Kreol.

Penggunaan di luar Haiti[sunting | sunting sumber]

Bahasa Kreol Haiti digunakan secara luas di antara bangsa Haiti yang telah pindah ke negara lain, terutama Amerika Serikat dan Kanada. Beberapa populasi berbahasa Kreol yang lebih besar dapat ditemukan di Montreal, Quebec (di mana bahasa Prancis merupakan bahasa resmi), New York City, Boston, dan Florida Tengah dan Florida Selatan (Miami, Fort Lauderdale, dan Palm Beach).

Untuk menjangkau penduduk Haiti yang jumlanhya besar, badan – badan pemerintah telah menciptakan berbagai pengumuman layanan masyarakat, komunikasi sekolah–orang tua, dan bahan lainnya dalam bahasa Kreol Haiti. Sebagai contoh, Miami-Dade County di Florida mengirimkan kertas komunikasi dalam bahasa Kreol Haiti selain bahasa Inggris dan bahasa Spanyol. Di kawasan Boston, sistem kereta bawah tanah Boston, pengumuman di rumah sakit daerah dan di kantor kesehatan menggunakan bahasa Kreol Haiti dan Inggris. Satu – satunya jaringan televisi berbahasa Kreol adalah HTN yang bermarkas di Miami. Area tersebut juga memiliki lebih dari setengah lusin stasiun Radio AM berbahasa Kreol.

Ada kontroversi untuk mengajar Kreole di Sekolah Publik Miami-Dade County.[butuh rujukan] Beberapa orang[siapa?] berpendapat Kreol adalah sebuah bahasa petani yang belum sepenuhnya dikembangkan untuk tujuan sastra, sementara pihak lain [siapa?] berpendapat, adalah penting untuk anak - anak untuk belajar bentuk tertulis dari bahasa ibu orang tua mereka.

Bahasa dan budaya Haiti diajarkan di banyak perguruan tinggi di Amerika Serikat dan di Bahama. Universitas Indiana memiliki sebuah Instititut Kreol, yang didirikan oleh Dr. Albert Valdman, di mana Kreol Haiti, bersama dengan aspek lain mengenai Haiti, dipelajari dan diteliti. Universitas Kansas, Lawrence memiliki sebuah institute pembelajaran bangsa Haiti, yang didirikan oleh Dr. Bryant Freeman. Selain itu, Universitas Massachussets, Boston, Univeristas Internasional Florida, dan Univeristas Florida menawarkan seminar – seminar dan program pembelajaran setiap tahunnya di Institut Kreol Haiti musim panas mereka. Universitas Tulane, Universitas Brown, Universitas Colombia, dan Universitas Miami juga menawarkan kelas dalam Kreol Haiti. Universitas Oregon dan Universitas Duke akan menawarkan kelas serupa.

Kreol Haiti adalah bahasa yaling paling diucapkan kedua di Kuba, di mana lebih dari 300.000 imigran Haiti mengucapkannya. Bahasa ini diakui sebagai bahasa di Kuba dan sejumlah besar bangsa Kuba dapat berbicara dalam bahasa Kreol Haiti dengan cukup baik. Kebanyakan para pengucap tidak pernah pergi ke Haiti dan tdiak memiliki keturunan (darah) Haiti, tetapi hanya mempelajarinya di dalam komunitas mereka. Selain itu, ada sebuah stasiun radio yang berbahasa Kreol Haiti yang bermarkas di Havana.[10]

Bahasa ini juga dituturkan oleh lebih dari 150.000 bangsa Haiti. Namun, diperkirakan bahwa ada lebih dari sejuta penutur, mengingat banyaknya jumlah penduduk asing ilegal dari Haiti,[11] yang tinggal di negara tetangga mereka, Republik Dominika,[12] walaupun penduduk setempat tidak berbicara dalam bahasa Kreol Haiti.

Upaya penerjemahan paska gempa bumi Haiti 2010[sunting | sunting sumber]

Paska gempa bumi yang melanda Haiti pada tahun 2010, bantuan inernasional untuk alat penerjemah sangat dibutuhkan, agar komunikasi dalam bahasa Kreol Haiti dapat terbentuk dengan baik. Publik dan beberapa lembaga swasta membuat hal itu ada,[13] seperti Universitas Carnegie Mellon, Microsoft Research, dan Penerjemah Tanpa Batas.

  1. ^ Mikael Parkvall, "Världens 100 största språk 2007" (100 Bahasa Terbesar pada2007), di Nationalencyklopedin
  2. ^ Nationalencyklopedin (dalam bahasa Swedia), OCLC 185256473, Wikidata Q1165538, diakses tanggal 24 April 2022 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Gurevich2004
  4. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Haitian". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  5. ^ a b Dufour, Fritz, ed. (2017). "Exploring the Possibilities for the Emergence of a Single and Global Native Language". Language Arts & Disciplines. hlm. 4. Diakses tanggal 11 October 2020. 
  6. ^ "Cérémonie de lancement d'un partenariat entre le Ministère de l'Education Nationale et de la Formation Professionnelle et l'Académie Créole" (dalam bahasa Prancis and Kreol Haiti). Port‑au‑Prince, Haiti: Government of the Republic of Haiti. 8 July 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 July 2015. Diakses tanggal 5 December 2015. 
  7. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Haitian". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  8. ^ "Kreol Haiti". www.ethnologue.com (dalam bahasa Inggris). SIL Ethnologue. 
  9. ^ Creole: The National Language of Haiti Diarsipkan 2015-07-13 di Wayback Machine., Situs Indiana.edu. Diakses pada 3 April 2010.
  10. ^ Haiti in Cuba, Situs Afro Cuba, 3 April 2004. Diakses pada 5 April 2010.
  11. ^ Illegal Haitians deported Diarsipkan 2015-06-10 di Wayback Machine., dr1.com, 16 Mei 2005. Diakses pada 5 April 2010.
  12. ^ Languages of Dominican Republic, Ethnologue. Diakses pada 5 April 2010.
  13. ^ Carnegie Mellon releases data on Haitian Creole to hasten development of translation tools, Situs Berita e! Science, 27 Januari 2010. Diakses pada 5 April 2010.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Degraff, Michel (2001), "Morphology in Creole genesis: Linguistics and ideology", ditulis di Cambridge, dalam Kenstowicz, Michael, Ken Hale: A life in language, MIT Press.
  • Fattier, Dominique (1998), "Contribution à l'étude de la genèse d'un créole: L'Atlas linguistique d'Haïti, cartes et commentaires (Dissertation)", Language in Society (Université de Provence).
  • Fattier, Dominique (1998), "Contribution à l'étude de la genèse d'un créole: L'Atlas linguistique d'Haïti, cartes et commentaires (Dissertation)", Language in Society (Université de Provence).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]