Kampanye militer Kepulauan Solomon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kampanye militer Kepulauan Solomon adalah sebuah kampanye militer utama dari Perang Pasifik pada Perang Dunia II. Kampanye tersebut dimulai dengan pendaratan Jepang dan pendudukan beberapa wilayah di Kepulauan Solomon Britania dan Bougainville, di Teritorial Nugini, pada enam bulan pertama 1942. Jepang menduduki wilayah-wilayah tersebut dan mulai membangun beberapa pangkalan angkatan laut dan udara dengan tujuan melindungi serangan Jepang di Nugini, mendirikan sebuah barrier keamanan untuk pangkalan Jepang utama di Rabaul, Britania Baru, dan menyediakan pangkalan untuk jalur suplai antara kekuatan Sekutu Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Komisioner Residen Britania Protektorat Kepulauan Solomon Britania dan kemudian dijadikan komandan pasukan militer Persemakmuran di Kepulauan Solomon
  2. ^ Mengkomandani Coastwatchers.
  3. ^ a b Jumlahnya meliputi presonil yang terbunuh oleh seluruh sebaba termasuk combat, penyakit, dan kecelakaan. Kapal yang tenggelam meliputi kapal perang dan auksilier. Pesawat yang hancur meliputi yang kalah combat maupun operasional.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]