John Richard Nicholas Stone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sir Richard Stone
Lahir 30 Agustus 1913
London, Inggris
Meninggal 6 Desember 1991 (umur 78)
Cambridge, Inggris
Kebangsaan Inggris
Institusi Universitas Cambridge
Bidang Ekonomi
Alma mater Universitas Cambridge
Dipengaruhi James Meade
Colin Clark
Kontribusi Akun nasional, input-output
Penghargaan Nobel Ekonomi (1984)
Informasi di IDEAS/RePEc

Sir John Richard Nicholas Stone (lahir 30 Agustus 1913 – meninggal 6 Desember 1991 pada umur 78 tahun) adalah seorang ekonom Inggris ulung, lulusan Sekolah Westminster, Universitas Cambridge, yang pada tahun 1984 menerima Hadiah Nobel dalam Bidang Ekonomi karena telah mengembangkan model perhitungan yang dapat digunakan untuk melacak kegiatan ekonomi pada skala nasional dan, kemudian, internasional.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa muda dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Richard Stone lahir di London, Inggris, pada 30 Agustus 1913. Ia memperoleh pendidikan kelas menengah atas saat semasa kecil ia bersekolah di sekolah Cliveden Place dan Westminster.[1] Ia tidak diajarkan matematika dan sains hingga sekolah menengah. Ketika ia berumur 17 tahun, ia mengikuti ayahnya ke India karena ayahnya ditunjuk sebagai hakim di Madras. Dari India, ia mengunjungi banyak negara Asia lainnya, antara lain Malaya, Singapura, dan Indonesia. Setelah berkeliling selama setahun, ia kembali ke London dan kuliah di Kolese Gonville dan Caius, Universitas Cambridge tahun 1931, tempat ia belajar hukum selama dua tahun.

Stone muda kemudian berubah haluan mulai mempelajari ekonomi. Ia tertarik pada ekonomi karena ia berpikir bahwa "jika ada lebih banyak ekonom, dunia akan menjadi tempat yang lebih baik". Selama Kemerosotan Besar tahun 1930-an, tingkat pengangguran sangat tinggi dan hal itu memotivasinya untuk mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya. Ia menghadapi tantangan dari orang tuanya karena mereka kecewa dengan pilihannya. Tapi, Stone sangat antusias ingin menjadi seorang ekonom dan kemudian menikmati masa-masa ia mempelajari ekonomi. Di jurusan barunya, ia diamati oleh Richard Kahn dan Gerald Shove. Tapi, pola pikir kuantitatif Stone sangat dipengaruhi oleh Colin Clark, guru Stone untuk mata kuliah statistik. Colin kemudian memperkenalkan Stone para proyeknya mengukur pendapatan nasional. Proyek ini kemudian membawa nama besar bagi Stone saat ia menerima Hadiah Nobel karena topik ini. Setelah pertemuan mereka di Cambridge, Stone dan Clark kemudian menjadi sahabat.

Pekerjaan pertama[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus dari Cambridge tahun 1936 dan hingga Perang Dunia II ia bekerja di Lloyd's of London.[2] Selama perang, Stone bekerja bersama James Meade sebagai ahli statistik dan ekonom untuk Pemerintah Inggris. Mereka diminta oleh pemerintah untuk menganalisis ekonomi Inggris terkait dengan seluruh sumber daya Inggris saat itu pada masa perang. Pada saat itulah mereka mengembangkan versi awal dari sistem akun nasional. Pekerjaan mereka menghasilkan akun nasional Inggris pertama tahun 1941.

Kolaborasi antara Stone dan Meade berakhir setelah 1941 karena kantor mereka dibagi menjadi dua kantor yang berbeda. Meade bertanggung jawab atas Seksi Ekonomi dan Stone bertanggung jawab atas pendapatan nasional. Di kantor barunya, Kantor Statistik Pusat, Stone menjadi asisten John Maynard Keynes. Ketika Perang Dunia II berakhir tahun 1945, Stone berhenti bekerja untuk pemerintah Inggris.

Karier akademis[sunting | sunting sumber]

Setelah perang, Stone bekerja di Cambridge sebagai direktur dari Departemen Ekonomi Terapan (bahasa Inggris: Department of Applied Economics, disingkat DAE) (1945-1955) yang baru dibentuk. Sebagai direktur, Stone menjadikan departemennya fokus pada program penelitian tentang teori ekonomi dan metodologi statistik. Strategi ini menarik banyak ekonom top pada era itu untuk bergabung dengan departemen itu. Beberapa hasil kerja terkenal di departemen itu, misalnya, uji korelasi serial dalam ekonometri oleh Durbin dan Watson dan analisis permintaan oleh Alan Prest dan Derek Rowe. Kondisi ini membuat DAE menjadi salah satu pusat penelitian ekonomi kuantitatif terkemuka di dunia pada eranya.[3] Stone sendiri memiliki banyak proyek di DAE, antara lain akuntansi nasional tempat ia mempekerjakan Agatha Chapman sebagai rekan sejawat penelitian,[4] analisis permintaan konsumen, dan sistem akun sosio-demografis.

Tahun 1955 Stone melepaskan jabatan direkturnya di departemen setelah ia ditunjuk sebagai Dekan Keuangan dan Akuntansi di Cambridge (emeritus dari tahun 1980). Bersama-sama dengan Alan Brown, ia memulai Proyek Pertumbuhan Cambridge, yang mengembangkan Model Dinamis Multisektoral Cambridge dari ekonomi Inggris (MDM). Dalam membangun Proyek Pertumbuhan Cambridge, mereka menggunakan Matriks Akuntansi Sosia (Sosial Akuntansi Matrices, disingkat SAM), yang juga membentuk model keseimbangan yang dapat dihitung yang kemudian dikembangkan di Bank Dunia. Posisinya sebagai pemimpin proyek digantikan oleh Terry Barker. Pada tahun 1970, Stone ditunjuk sebagai ketua dari Dewan Fakultas Ekonomi dan Politik selama dua tahun ke depan. Sebuah perusahaan yang didirikan oleh beberapa anggota Departemen dan dibatasi oleh jaminan, Cambridge Econometrics, didirikan pada tahun 1978 dengan Stone sebagai presiden kehormatan pertamanya. Perusahaan terus mengembangkan MDM dan menggunakan model untuk membuat ekonomi forecasts. Sebelum pensiun dari Cambridge pada tahun 1980, Batu melayani sebagai Presiden dari Royal Ekonomi Masyarakat untuk 1978-1980.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Tahun 1936, Stone menikahi Winifred Maria Jenkins yang juga dari Cambridge. Mereka berdua memiliki minat pada ekonomi dan mulai menerbitkan majalan bulanan bernama Trends, yang merupakan suplemen untuk majalah periodik, Industry Illustrated. Trends berisi artikel-artikel tentang kondisi ekonomi Inggris. Segera setelah itu, tahun 1939, ia diminta untuk bergabung dengan Kementerian Perang Ekonomi. Tahun 1941, Stone menikah dengan istri keduanya, Feodora Leontinoff, setelah pernikahan pertamanya berakhir tahun 1940.

Istri keduanya, Feodora, meninggal tahun 1956, dan tahun 1960, ia menikah dengan Giovanna Saffi, cicit patriot Italia Aurelio Saffi, yang menjadi mitranya dalam banyak karyanya.[5]

Stone meninggal pada 6 Desember 1991. Dengan istri ketiga, Stone bekerjasama untuk beberapa proyek dalam ekonomi, misalnya dalam menulis ulang bukunya yang terkenal "National Income and Expenditure" pada tahun 1961. Ia meninggalkan Giovanna dan putrinya, Caroline.

Publikasi terpilih[sunting | sunting sumber]

  • Richard Stone dan Giovanna Saffi Stone, Social Accounting and Economic Models (1959)
  • Richard Stone dan Giovanna Saffi Stone, National Income and Expenditure (1961).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pesaran, M. H.; Harcourt, G. C. (Februari 2000). "Life and Work of John Richard Nicholas Stone 1913–1991". The Economic Journal (dalam bahasa Inggris) 110 (461): 146–165. doi:10.1111/1468-0297.00511. 
  2. ^ "The Papers of John Richard Nicholas Stone". Janus (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 26-07-2016. 
  3. ^ "Stone, John Richard Nicholas (1913–1991)" (PDF). Princeton University (dalam bahasa Inggris). Princeton, NJ, A.S. Diakses tanggal 26-07-2016. 
  4. ^ McDowall, Duncan (22-09-2007). "The trial and tribulations of Miss Agatha Chapman: statistics in a Cold War climate". Queen's Quarterly (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 28-02-2014. 
  5. ^ "A summary biographical sketch of Sir Richard Stone (1913–1991)" (PDF). Universita' Degli Studi di Milano-Bicocca (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 26-07-2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Auhtority control