Elinor Ostrom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Elinor Ostrom
Ekonom
Nobel Prize 2009-Press Conference KVA-30.jpg
Lahir 7 Agustus 1933 (umur 84)
Kewarganegaraan  Amerika Serikat
Bidang Ekonomi Publik

Elinor Ostrom (lahir 7 Agustus 1933 – meninggal 12 Juni 2012 pada umur 78 tahun) adalah seorang ahli politik dari Indiana University, Amerika Serikat yang diumumkan sebagai penerima Penghargaan Nobel untuk bidang Ekonomi tahun 2009 bersama-sama dengan Oliver E. Williamson untuk analisis ekonomi mereka berkaitan dengan kepemerintahan dan sistem kepemilikan kolektif. Melalui studi doktoral yang dia lakukan di berbagai negara, seperti Nepal, Spanyol, Swiss, Jepang, dan Indonesia, terbukti bahwa manusia memiliki cara tersendiri untuk bertahan dalam menurunnya sumber daya alam. Saat mengolah sumber daya yang terbatas, manusia menerapkan sejumlah aturan yang diawasi bersama. Sanksi akan dikenakan bagi siapa saja yang melanggar aturan ini. Ostrom juga menggunakan teori permainan (game theory) untuk memprediksi perilaku manusia ketika dihadapkan pada sumber daya yang terbatas.

Idealisme Ostrom adalah "Polycentrism"[1], dimana penggunaan sumber daya alam bersama dilakukan baik oleh pemerintah (top down) dan dikembangkan dalam masyarakat melalui norma budaya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Elinor Ostrom". The Economist (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-10. 
! Artikel utama untuk kategori ini adalah Elinor Ostrom.

[1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rampell, Catherine (2012-06-12). "Elinor Ostrom, Winner of Nobel in Economics, Dies at 78". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2017-12-08.