Daniel Little McFadden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Daniel McFadden)

Daniel McFadden
Lahir29 Juli 1937 (umur 86)
Raleigh, North Carolina, Amerika Serikat
KebangsaanAmerika Serikat
AlmamaterUniversitas Minnesota
Dikenal atasPilihan diskrit
PenghargaanJohn Bates Clark Medal (1975)
Frisch Medal (1986)
Penghargaan Nobel dalam Ekonomi (2000)
Karier ilmiah
BidangEkonometrika
InstitusiUniversitas California, Berkeley
Pembimbing doktoralLeonid Hurwicz
Mahasiswa doktoralWalter Erwin Diewert

Daniel Little "Dan" McFadden (lahir 29 Juli 1937) ialah Profesor Ekonomi E. Morris Cox dan Direktur Econometrics Laboratory. Ia adalah pemenang Nobel Ekonomi tahun 2000 untuk karyanya dalam metode ekonometri untuk mempelajari pola perilaku dalam pembuatan keputusan buat seorang individu. Menyusul kelulusannya sebagai doktor pada tahun 1962 di University of Minnesota, Profesor McFadden meneruskan ke University of Pittsburgh sebagai staf pascadoktoral Mellon. Pada tahun berikutnya, ia bergabung dengan Fakultas Ekonomi Universitas California, Berkeley. Pada tahun 1979, Profesor McFadden pindah ke FE MIT, dan tahun 1991 kembali ke UC Berkeley.

Di antara sejumlah penghargaan dan penghormatan yang diterimanya, Profesor McFadden menerima John Bates Clark Medal dari American Economics Association pada tahun 1975; ia dipilih ke American Academy of Arts dan Sciences pada tahun 1977 dan ke National Academy of Science pada tahun 1981; pada tahun 1985 ia menyampaikan Kuliah Yayasan Jahnsson di Helsinki, Finland; pada tahun 1986 memenangkan Frisch Medal dari Econometrics Society, dan pada tahun 2000 menerima Penghargaan Erwin Plein Nemmers dalam Ilmu Ekonomi dari Northwestern University.

Minat penelitiannya termasuk ekonomi penuaan, perilaku menabung, tren demografi, mobilitas perumahan, dinamika kesehatan dan kematian, analisis permintaan konsumen menggunakan data psikometri, metode simulasi dalam ekonometri, model variabel laten, model pilihan dan aplikasi, ekonometri bersampel besar, teori sampel, teori produksi, dan teori konsumen.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]