Myron Scholes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Myron Scholes
LahirMyron Samuel Scholes
1 Juli 1941 (umur 82)
Timmins, Ontario, Canada
KebangsaanCanada, United States
BidangFinancial economics
MazhabChicago School of Economics
Alma materUniversity of Chicago
DipengaruhiGeorge Stigler, Milton Friedman, Merton Miller
KontribusiBlack–Scholes model
PenghargaanNobel Memorial Prize in Economics (1997)

Myron Samuel Scholes (lahir 1 Juli 1941) ialah seorang ekonom Kanada.

Ia menerima gelar sarjana dalam ekonomi dari Universitas McMaster di Kanada pada tahun 1962. Di Universitas Chicago, ia menerima gelar magister pada tahun 1964 dan Ph.D. pada tahun 1969.

Setelah menyelesaikan disertasi di University of Chicago, ia menerima kedudukan sebagai profesor pembantu di Sloan School of Management MIT. Di Sloan-lah Scholes mulai menguji aset modal model harga. Pada tahun 1973, Scholes kembali ke Graduate School of Business di Universitas Chicago. Di sana ia melanjutkan penelitiannya pada pengaruh pajak pada harga aset. Antara tahun 1973-–1980, ia menjadi peneliti aktif di Center for Research in Security Prices.

Pada tahun 1981, Scholes menerima kedudukan di Fakultas Bisnis dan Fakultas Hukum Universitas Stanford pada 1983. Bersama dengan Mark Wolfson, Scholes mengembangkan teori baru untuk perencanaan pajak di bawah ketakpastian. Wolfson dan Scholes menerbitkan penemuan mereka dalam Taxes and Business Strategy: A Planning Approach (1992).

Ia adalah salah satu pengarang persamaan Black-Scholes (diturunkan bersama Fisher Black) yang terbit pada 1973. Black-Scholes ialah model bermacam hadiah selama masa instrumen keuangan (di saham tertentu) yang kini juga digunakan dalam manajemen dan hipotek risiko.

Pada tahun 1997, ia dianugerahi Hadiah Nobel dalam Ekonomi, bersama dengan Robert Carhart Merton, untuk "cara baru menentukan nilai turunan".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]