John Maxwell Coetzee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
John Maxwell Coetzee
J.M. Coetzee.JPG
Pekerjaan Novelis, Essayist, Kritikus literatur, Linguist
Kebangsaan Australia / Afrika Selatan
Penghargaan Penghargaan Nobel bidang Kesusastraan tahun 2003

John Maxwell Coetzee (lahir di Cape Town, Afrika Selatan, 9 Februari 1940; umur 74 tahun) adalah penulis dari Afrika Selatan. Pada tanggal 2 Oktober 2003 ia memperoleh Penghargaan Nobel dalam Sastra sebagai penulis ke-4 dari benua Afrika yang menerimanya.

Ia lahir di Cape Town sebagai John Michael Coetzee (ia kemudian mengubah nama tengahnya), dan masa mudanya dihabiskan antara kota pelabuhan itu dan Worcester. Ia belajar di Universitas Cape Town, di mana ia mendapatkan gelar dalam matematika dan bahasa Inggris.

Pada awal tahun 1960-an ia pindah ke Inggris, untuk bekerja sebagai programer komputer. Setelah itu ia belajar sastra di Universitas Texas, setelah itu mengajar bahasa Inggris dan sastra di Universitas Negeri New York, Buffalo hingga 1983.

Pada 1984 ia kembali ke Afrika Selatan untuk menjadi profesor sastra Inggris di University of Cape Town. Saat pensiun pada tahun 2002, ia pindah ke Adelaide, Australia di mana ia diterima di Universitas Adelaide.

Ia adalah penulis pertama yang dianugerahi Booker Prize 2 kali: The Life and Times of Michael K pada tahun 1983 dan Disgrace pada tahun 1999. Namun ia sendiri tidak mengkoleksi salah satu dari 2 bukunya yang memenangkan penghargaan itu. Di samping Hadiah Nobel maupun Booker Prize, ia juga menerima sejumlah penghargaan lain.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Landscape with Rowers : Poetry from the Netherlands, Princeton University Press, (2004) ISBN 0-691-11736-5.