Verina: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
19 bita dihapus ,  2 tahun yang lalu
k
Bot: Perubahan kosmetika
(Verina)
k (Bot: Perubahan kosmetika)
Asal-usul Verina dan saudaranya Basiliskos tidak diketahui. Mereka dianggap memiliki leluhur di [[Balkan]] <ref>[http://www.roman-emperors.org/basilis.htm Hugh Elton, "Flavius Basiliscus (AD 475-476)"]</ref> tetapi tidak ada yang lebih spesifik yang diketahui. Mereka dianggap memiliki setidaknya satu saudara perempuan karena seorang hagiografi [[Daniel Stylite]] menamai saudara ipar Verina dan Basiliskos sebagai Zuzus.<ref>[http://www.fordham.edu/halsall/basis/dan-stylite.html ''The Life of Daniel The Stylite'', translation by Elizabeth Dawes (1948)], chapter 69)"</ref>
 
Stefan Krautschick dalam karya sejarahnya ''Zwei Aspekte des Jahres 476'' (1986) mengajukan teori bahwa dua saudara itu terkait dengan [[Odoaker]], [[Raja Italia]] barbar pertama.<ref name="Ostrogothic Italy 2003 page 282">[//en.wikipedia.org/wiki/Patrick_Amory Patrick Amory], ''Passage of "People and Identity in Ostrogothic Italy, 489-554" (2003)], page 282''</ref> Teori ini bergantung pada bagian 209.1 dalam tawarikh Ioannis dari Antiokhia yang terpisah-pisah, seorang rahib abad ke-7. Kronikus telah diidentifikasi sementara dengan [[Yohanes dari Sedre]], [[Patriark Ortodoks Suriah dari Antiokhia]] dari tahun 641 hingga 648.<ref>[http://www.newadvent.org/cathen/08468a.htm Catholic Encyclopedia, "John of Antioch"]</ref> Bagian ini mencatat pembunuhan [[Armatus]] oleh [[Hunulf]]. Berdasarkan interpretasi Odoaker adalah saudara laki-laki baik Hunulf sendiri atau keduanya. Interpretasi kedua diperkenalkan oleh Krautschick dan telah mendapat dukungan dari (antara lain) [[Alexander Demandt]] dan [[Patrick Amory]]. Armatus diidentifikasi sebagai keponakan Verina dan Basiliskos dalam sumber-sumber Bizantium lainnya, termasuk [[hagiografi]] [[Daniel Stylite]] <ref>[http://www.fordham.edu/halsall/basis/dan-stylite.html ''The Life of Daniel The Stylite'', translation by Elizabeth Dawes (1948)])"</ref> dan [[Suda]]. Teori ini akan membuat keponakan Hunulf dan Odoaker dari Verina dan Basiliskos.
 
Namun sebuah argumen untuk teori ini diberikan oleh Penny Macgeorge dalam studinya sendiri ''Late Roman Warlords'' (2003), halaman 284-285, berdasarkan kebungkaman baik [[Ioannes Malalas]], dan [[Malkhos]] pada hubungan darah Odoaker ke [[Wangsa Leo]]. Kedua sejarawan secara kronologis lebih dekat dengan peristiwa yang tercatat daripada Ioannis dari Antiokhia.
 
== Permaisuri ==
Pada bulan Januari, 457 Marcianus terserang suatu penyakit yang diduga [[Gangren|gangrenegangren]]e. Ia meninggal mendahului putrinya Eufemia dan menantunya [[Anthemius]].<ref>[http://www.roman-emperors.org/marcian.htm Geoffrey S. Nathan, Marcian (450-457 A.D.)]</ref> Leo pada saat ini adalah [[tribunus]] dari Mattiarii, resimen yang menggunakan mattea (bahasa [[Bahasa Latin|Latin]] untuk [[gada]]) sebagai senjata mereka.
 
Marcianus telah memproklamasikan seorang [[Augustus (gelar)|Augustus]] sebagai permaisuri Pulcheria, seroang anggota Dinasti Theodosia.Dengan kematiannya, suksesi dinasti berakhir. Anak perempuan satu-satunya dari pernikahan sebelumnya dan dengan demikian tidak dianggap sebagai pewaris dinasti. [[Angkatan Darat Bizantium|Tentara Bizantium]] dan [[Senat Romawi Timur|senat Bizantium]] harus memilih seorang Augustus baru. [[Aspar]], [[magister militum]] ("Tuan Tentara") dari [[Kekaisaran Romawi Timur]], tidak dapat menggugat takhta untuk dirinya sendiri karena asal-usul dan afiliasi keagamaannya.<ref name="penelope.uchicago.edu">[http://penelope.uchicago.edu/Thayer/E/Roman/Texts/secondary/BURLAT/10*.html#1 J. B. Bury, ''History of the Later Roman Empire from the Death of Theodosius I to the Death of Justinian'' (1923)]</ref> Dia adalah salah satu dari [[Suku Alan|Alan]], suku [[Bangsa Sarmatia|Sarmatia.]] Meskipun keluarganya telah bertugas di militer Romawi selama beberapa generasi, Aspar masih dianggap seorang barbar. Dia juga seorang penganut [[Arianisme]] sementara mayoritas kelas penguasa Kekaisaran Romawi Timur telah menerima [[Doa Syahadat Nicea]]. Karena itu, pilihan tak populer untuk takhta.
 
Aspar menggunakan pengaruhnya untuk menjadi seorang pembuat raja, setelah sebelumnya merekayasa peningkatan Marcianus yang telah melayani seorang perwira kelas menengah di bawahnya. Dia mampu memilih kandidat di antara bawahannya sendiri, mungkin mengandalkan kesetiaan mereka yang terus berlanjut. Dia memilih Leo dan Senat menerima pilihan itu. Pada tanggal 7 Februari 457, Leo dinobatkan oleh Patriark Anatolios dari Konstantinopel, penobatan pertama yang dikenal melibatkan seorang Patriark. Pada titik ini Verina menjadi permaisuri. Dia mungkin menambahkan "Aelia" ke namanya di proklamasinya sebagai Augusta. Nama itu menjadi umum untuk para Augusta Dinasti Theodosia.<ref name="roman-emperors.org">[http://www.roman-emperors.org/verina.htm Geoffrey B. Greatrex , "Aelia Verina, Wife of Leo I"]</ref>
 
Pada tahun 461, Leo mendirikan [[Excubitores]] sebagai penyeimbang bagi tentara [[Suku bangsa Jermanik|Jermanik]] di bawah Aspar. Dia merekrut sebagian besar anggotanya dari kalangan orang-orang Isauria yang kuat dan suka perang. Pada tahun 466, Tarasicodissa, seorang petugas Isauria dari Excubitores muncul dengan bukti bahwa Ardabur, putra Aspar, bersalah atas [[pengkhianatan]].<ref>[http://www.roman-emperors.org/zeno.htm Hugh Elton, Zeno (AD 474-491)]</ref> Skandal itu menyebabkan keretakan hubungan Leo dan Aspar, meninggalkannya lebih mengandalkan Excubitores.
Pada tahun 477, upaya pembunuhan pertama pada Illos dicegah oleh seorang [[Perbudakan di Romawi kuno|budak]]. Meskipun sumber-sumber utama tidak menghubungkan Verina dengannya, para sejarawan kemudian menyarankan bahwa ini memang benar. Pada tahun 478, upaya pembunuhan kedua Illos dicegah oleh Epinikos, favorit lama Verina. Epinikos mengizinkan pengamanan Illos dari tahanan dan interogasi menghasilkan pengakuan yang melibatkan Verina.
 
Illos terhindar dari serangan di negara asalnya Isauria dan dilaporkan menolak untuk kembali ke Konstantinopel sementara Verina masih tinggal di Istana. Zeno setuju untuk mengusirnya dari ibu kota dan dia memang tidak pernah kembali selama hidupnya. Menurut Ioannis dari Antiokhia, Verina pada awalnya dikurung di sebuah biara yang terletak di [[Tarsus]]. Dia kemudian dikirim pertama-tama ke Dalisandus (kedua nama kota tersebut ada di Isauria dan [[Pamfilia]]) dan kedua ke Cherris di Isauria.
 
Pada tahun 478-479, pemberontakan Marcianus, putra Anthemius terjadi. Dia menikah dengan Leontia, putri kedua Leo I dan Verina. Hak warisnya atas takhta mengandalkan istrinya sebagai [[Lahir ungu|Porphyrogenita]]. Secara teori Leontia mengungguli kakak perempuannya, Ariadne yang lahir sebelum orang tuanya meninggal ke singgasana. Marcianus dan saudara-saudaranya, Procopius dan Romulus, meluncurkan [[kudeta]] mereka di Konstantinopel. Mereka mengepung istana ketika Illos tiba dengan bala bantuan dari [[Kalsedon]]. Ioannis dari Antiokhia menghubungkan seluruh pemberontakan dengan Verina, tetapi sejauh mana keterlibatannya tidak pasti.
 
Pada tahun 480, Verina masih dikurung di Isauria di bawah tahanan Illos. Namun dia mampu berkorespondensi dengan Ariadne dan meyakinkan putrinya untuk campur tangan atas namanya. Ariadne berusaha untuk mendapatkan pembebasannya, pertama dari Zeno, dan kemudian dari Illos, kepada siapa kaisar merujuknya. Illos tidak hanya menolak permintaannya, tetapi menuduhnya dengan ingin menempatkan orang lain di takhta suaminya. Ini membuatnya kesal; dan dia, seperti ibundanya, berusaha membunuh Illos. [[Jordanes]] menghubungkan kebenciannya dengan sebab lain: ia mengatakan bahwa Illos telah menanamkan kecurigaan ke dalam pikiran Zeno yang telah menyebabkan Zeno mencoba membunuhnya, dan bahwa pengetahuannya tentang hal-hal ini mendorongnya untuk membalas dendam. Pembunuh yang dia pekerjakan gagal membunuh Illos, tetapi memotong telinganya dalam upaya itu. Pembunuh itu ditahan, dan Zeno, yang tampaknya telah mengetahui rahasia pengkhianatannya, tidak dapat mencegah eksekusinya.<ref name="roman-emperors.org" /><ref>[http://www.ancientlibrary.com/smith-bio/1677.html Smith, ''Dictionary of Greek and Roman Biography and Mythology'', v. 1, page 569–570] {{webarchive|url=https://web.archive.org/web/20080504214355/http://www.ancientlibrary.com/smith-bio/1677.html |date=2008-05-04 }}</ref>
Pada tahun 483 atau 484, Illos bangkit memberontak melawan Zeno. Verina masih memiliki peringkat kekaisarannya dan masih bisa memahkotai Augustus lainnya. Dia membebaskannya dari kurungan dan memiliki mahkotanya [[Leontios]], seorang jenderal, sebagai Augustus di Tarsus. Pemberontakan itu juga memiliki makna religius karena para pemberontak adalah orang-orang Kristen [[Kristen Kalsedon|Kalsedon]] sementara Zeno adalah penganut [[Monofisitisme]].<ref name="Warren T. Treadgold 1997 pages 161-174">[Warren T. Treadgold, A History of the Byzantine State and Society (1997), pages 161–174]</ref>
 
Ioannis Malalas menggambarkan bahwa Verina bergabung dengan aliansi baru dengan gembira, sesuai dengan berbagai kota dan mencoba memenangkan dukungan mereka untuk pemberontakan. Namun, ada keraguan atas ketulusan dari keyakinan barunya dan "persahabatan" politiknya dengan musuh lamanya. Dia mungkin masih menjadi tahanan Illos dan bertindak di bawah komandonya untuk menjaga keselamatannya. Dia terutama tidak bergabung dengan Leontios dan Illos dalam kampanye mereka untuk [[Antiokhia]] tetapi dikirim ke benteng [[Papurius]] di Isauria.
 
Pemberontakan gagal mendapatkan dukungan yang cukup dan para pemberontak harus mundur dari Antiokhia kembali ke Papurius. Zeno mengirim pasukan termasuk Roma dan [[Ostrogoth]] di bawah [[Ioannis Skithia]] yang berhasil mengalahkan mereka. Benteng itu dikepung dari tahun 484 hingga 488. Verina meninggal pada awal pengepungan Apakah kematiannya melalui kekerasan atau tidak itu tidak dapat dipastikan. Menurut Malalas, ketika pengepungan berakhir, jenazah Verina ditemukan dan dikirim ke Ariadne untuk dimakamkan.
 
== Keturunan dugaan ==
{{s-roy}}
{{s-bef|before=[[Pulcheria]]}}
{{s-ttl|title=[[Daftar Kaisar Romawi Timur|Permaisuri Bizantium]]|years=457&ndash;474457–474}}
{{s-aft|after=[[Aelia Ariadne|Ariadne]]}}
{{s-end}}

Menu navigasi