Isauria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Isauria
Region kuno di Anatolia
LetakAnatolia Selatan-Barat
BahasaIsauria
Kota terbesarIsaura Palaea
Satrap PersiaFrigia/Secara intermiten merdeka bersama Pisidia
Provinsi (Romawi)Galatia
Asia Kecil/Anatolia pada zaman Yunanu-Romawi. Wilayah klasik dan pemukiman utama mereka, termasuk Isauria.

Isauria (/ˈzɔːriə/ atau /ˈsɔːriə/; bahasa Yunani Kuno: Ἰσαυρία), dalam geografi kuno, adalah sebuah distrik terisolasi yang keras di pedalaman Asia Kecil Selatan, dengan luas yang sangat berbeda pada periode-periode yang berbeda,[1] tetapi umumnya meliputi apa yang sekarang menjadi Distrik Bozkır dan sekitarnya di Provinsi Konya di Turki, atau inti dari Pegunungan Taurus. Dalam bentang pesisir, Isauria berbatasan dengan Kilikia.

Lokasi Isauria dalam Asia Kecil

Namanya berasal dari suku Isauria yang kontroversial dan pemukiman kembar Isaura Palaea (Ίσαυρα Παλαιά, Latin: Isaura Vetus, "Isaura Lama") dan Isaura Nea(Ίσαυρα Νέα, Latin:Isaura Nova, "Isaura Baru").

Perampok Isaurian adalah orang gunung yang sangat independen yang menciptakan malapetaka di distrik tetangga di bawah pendudukan Makedonia dan Romawi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal[sunting | sunting sumber]

Inti permanen Isauria berada di utara Pegunungan Taurus yang terletak tepat di sebelah selatan Ikonium dan Listra. Likaonia mencakup seluruh dataran Ikonia; tetapi Isauria dimulai segera setelah kaki bukitnya dicapai. Dua kota awalnya, Isaura Nea dan Isaura Palaea, terletak di salah satu di antara kaki bukit ini (Doria) dan yang lainnya di pembagi air (Zengibar Kalesi).[1] Sekitar 37° 29′ Lintang Utara 32° 12′ Bujur Timur dekat Bozkir.

Pada abad ke-4 SM, Isauria merupakan distrik liar sekitar Isaura Palaea dan hulu Calycadnus.[1] Ketika ibu kota, Isaura (juga dikenal sebagai Isaura Vetus atau Isaura Palaea), sebuah kota yang dibentengi kuat di kaki Gunung Taurus, dikepung oleh Perdiccas, regen Makedonia setelah kematian Aleksander Agung, orang-orang Isauria membumihanguskan tempat itu dan membiarkannya musnah terbakar daripada menyerah direbutnya.[1][2]

Pemerintahan Romawi[sunting | sunting sumber]

Tata letak reruntuhan Isaura (Davis, 1879)

Ketika Romawi pertama kali bertemu orang-orang Isauria (pada awal abad ke-1 SM), mereka menganggap Kilikia Trakea sebagai bagian dari Isauria, yang kemudian membentang hingga Laut Mediterania; dan perpanjangan nama ini terus digunakan secara umum selama dua abad. Seluruh cekungan Calycadnus dianggap Isauria, dan kota-kota di lembah cabang selatannya membentuk apa yang dikenal sebagai Dekapolis Isauria.[1]

Isauria dikuasai sebagian (76–75 SM) oleh orang-orang Romawi. Selama perang Kilikia dan bajak laut lainnya melawan Roma, orang-orang Isauria terlibat sangat aktif sehingga prokonsul P. Servilius menganggap perlu untuk mengikuti mereka ke dalam benteng keras mereka, dan memaksa seluruh masyarakatnya untuk tunduk, suatu perbuatan berani sehingga dia memperoleh gelar Isaurikus.(75 BC).[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f  Satu atau lebih kalimat sebelum ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikHogarth, David George (1911). "Isaura". Dalam Chisholm, Hugh. Encyclopædia Britannica. 14 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 866. 
  2. ^ Rogers, Clifford (June 2010). The Oxford Encyclopedia of Medieval Warfare and Military Technology, Volume 1. Oxford University Press. hlm. 42. ISBN 0-1953-3403-5.