Theodoros Anagnostes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pandangan seorang seniman tentang Konstantinopel di zaman Bizantium 
Theodoros kemungkinan menyaksikan kehancuran Hagia Sophia selama kerusuhan Nika pada tahun 532. Dia sebelumnya telah menjadi pembaca di basilika. Yang ditunjukkan di sini adalah sisa-sisa karya patung yang menghiasi gereja tua ketika Theodoros mengetahuinya.

Theodoros Lektor (bahasa Yunani: Θεόδωρος Ἀναγνώστης, Theodoros Anagnostes) merupakan seorang penceramah, atau pembaca, di Hagia Sophia di Konstantinopel selama awal abad keenam.[1] Dia menulis dua karya sejarah; salah satunya adalah kumpulan sumber yang menghubungkan peristiwa-peristiwa yang dimulai pada tahun 313, selama masa pemerintahan awal Konstantinus hingga tahun 439, pada masa pemerintahan Theodosius II. Yang lain adalah karya Theodoros sendiri, menceritakan kembali peristiwa-peristiwa dari kematian Theodosius II pada tahun 450 hingga permulaan pemerintahan Yustianus I pada tahun 518. Pekerjaan sebelumnya penting bagi para sarjana yang mengedit para penulis yang dikutip oleh Theodoros; yang terakhir hanya ada dalam fragmen dan lebih penting lagi pada "sedikit informasi kami mengenai periode yang diperlakukan daripada manfaatnya."[2]

Historia Tripartita[sunting | sunting sumber]

Sementara seorang penceramah di Hagia Sophia, Theodoros mengumpulkan karya-karya sejarahwan abad kelima Socrates Scholasticus, Sozomen, dan Theodoret dari Cyrrhus untuk membuat catatan sejarah gereja dari Konstantinus ke Theodosius II. Karya yang dihasilkan, Seleksi dari Sejarah Gereja (Τριμερὴς Ἱστορία), dikenal lebih baik dengan judul Latinnya Historia Tripartita, adalah narasi tunggal dalam empat buku yang memberikan bacaan yang disukai Theodoros untuk setiap bagian sejarah yang terkait, dengan catatan dan perbandingan dalam margin.

Historia Ecclesiastica[sunting | sunting sumber]

Theodoros kemudian melanjutkan babadnya, menggunakan sumber lain yang tersedia untuk menulis Sejarah Gereja (Ἐκκλησιαστικὴ Ἱστορία) dari kematian Theodosius II hingga ke 518. Tanggal komposisi tidak diketahui, meskipun mungkin selesai sebelum 543, karena dapat diduga bahwa Theodorus tidak akan berbicara tentang "memori suci" Theodoret setelah timbulnya Kontroveri Tiga Bab.[3] Kronik itu tidak bertahan; kutipan ada dalam riwayat lain, dan juga dikutip dalam traktat oleh Yohanes dari Damaskus, dan oleh tindakan Konsili Nicea II. Diyakini bahwa naskah yang rusak parah dari karya ini bertahan di Perpustakaan Santo Markus di Venesia, namun belum ada penelitian ilmiah yang telah dilakukan di dalamnya.[page 1048. 1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Encyclopædia Britannica dates his tenure from 520-530
  2. ^ quoted from the Catholic Encyclopedia article, see External links
  3. ^ cf. Catholic Encyclopedia article, see External links

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smith, William (1849). A Dictionary of Greek and Roman Biography and Mythology: Oarses-Zygia (dalam bahasa Inggris). J. Murray. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]