Leontia Porphyrogenita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Leontia (457 – setelah 479) merupakan putri Kaisar Romawi Timur Leo I.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Leontia merupakan putri Kaisar Leo I dan istrinya Verina; ia merupakan saudari Ariadne, namun tidak seperti dirinya, ia dapat mengkalim dirinya sebagai porphyrogenita, "lahir di dalam warna ungu", karena ia dilahirkan selama tahun pertama masa pemerintahan ayahandanya (457).

Leo yang naik tahta atas jasa-jasa militernya dan tidak memiliki hubungan kekeluargaan dengan aristokrat Romawi, menggunakan perniakahn putri-putrinya untuk menguatkan posisinya: seperti Ariadne yang menikah dengan general Isauria Zeno, pernikahan Leontia dirancang untuk mengikatnya dengan komponen lain dari pasukan, suku Jermanik yang diwakili oleh Aspar Alan magister militum. Pernikahan tersebut dilaksanakan namun pada saat diumumkan antara putra Aspar, Julius Patricius, dan Leontia pemberontakan yang populer pecah (470): untuk para ulama dan rakyat Konstantinopel sebenarnya tidak dapat diterima oleh Arian karena Patricius memiliki kemungkinan menjadi kaisar. Pemberontakan hanya berhenti ketika Aspar dan Leo berjanji kepada para uskup bahwa Patricius akan memeluk Orthodoks sebelum menjadi kaisar, dan setelah itu ia akan menikah dengan Leontia.

Pada tahun 471 Julius Patricius menghilang dari kronik: ayahandanya Aspar dan saudaranya Ardabur terbunuh pada tahun itu atas perintah Leo. Leontia kemudian menikah dengan Marcianus, putra dari Kaisar Barat Anthemius: pernikahan tersebut menghubungkan kedua istana kerajaan Barat dan Timur. Hal tersebut terjadi namun pada tahun 472 Anthemius meninggal dan digantikan oleh Olybrius, dan setelah kematian Leo pada tahun 474, Zeno naik tahta di Kekaisaran Timur. Dibuang dari kedua tahta, Marcianus dan Leontia merencanakan pemberontakan melawan Zeno, pada tahun 479, yang berdasarkan pada hak Leontia yang diutamakan atas kakaknya sebagai porphyrogenita; namun pemberontakan tersebut dapat diredakan.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Alemany, Agustí, Sources on the Alans: A Critical Compilation, Brill Academic Publishers, 2000, ISBN 90-04-11442-4, p. 114.
  • Amory, Patrick, People and Identity in Ostrogothic Italy, 489-554, Cambridge University Press, 1997, ISBN 0-521-52635-3, p. 284, 288.
  • Bury, John Bagnall, "X.1 Leo I (A.D. 457‑474)", History of the Later Roman Empire, 1958, Dover Books, pp. 389–395
  • Thiele, Andreas, Erzählende genealogische Stammtafeln zur europäischen Geschichte Band III Europäische Kaiser-, Königs- und Fürstenhäuser Ergänzungsband, R.G. Fischer Verlag 1994 Tafel 490
  • Williams, Stephen, The Rome That Did Not Fall: the survival of the East in the fifth century, Routledge, 1999, ISBN 0-415-15403-0, p. 180.