Horoskop

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Horoskop yang diperhitungkan untuk 1 Januari 2000 pada pk. 00:01:00 lewat tengah malam Eastern Standard Time di New York City, New York, Amerika Serikat (074 00' 23" BB, 40 42'51" LU).

Dalam astrologi, horoskop adalah sebuah bagan atau diagram yang menggambarkan posisi Matahari, bulan, planet-planet, aspek-aspek astrologis, dan sudut-sudut sensitif pada saat kelahiran seorang anak. Kata horoskop berasal dari bahasa Yunani, horoskopos (jamak: horoskopoi) yang berarti "mengamati", "memeriksa waktu", jam, atau "tanda (tanda-tanda) jam". Kata ini digunakan sebagian metode ramalan mengenai peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan waktu-waktu tertentu yang digambarkan dalam dasar-dasar astrologi horoskopis.

Dalam penggunaan sehari-hari horoskop sering kali dihubungkan dengan penafsiran sang astrolog, yang biasanya dilakukan melalui sistem lambang-lambang astrologi. Dalam berbagai suratkabar dan majalah kita dapat menemukan kolom atau artikel yang memuat ramalan-ramalan yang didasarkan pada posisi Matahari dalam kaitannya dengan hari kelahiran seseorang.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Bagan kelahiran, horoskop yang diperhitungkan dari kelahiran seseorang

Pranala luar[sunting | sunting sumber]