Ludwig yang Saleh: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Adesio2010 (bicara | kontrib)
Adesio2010 (bicara | kontrib)
Baris 58: Baris 58:


[[Image:Charlemagne et Louis le Pieux.jpg|thumb|left|[[Karel yang Agung]] sedang memahkotai Ludwig]]
[[Image:Charlemagne et Louis le Pieux.jpg|thumb|left|[[Karel yang Agung]] sedang memahkotai Ludwig]]

==Kaisar==
Ketika berada di villanya, [[Doué-la-Fontaine]], Anjou, Ludwig menerima berita kematian ayahandanya.<ref name="Driscoll194">''Church Architecture and Liturgy in the Carolingian Era'', Michael S. Driscoll, '''A Companion to the Eucharist in the Middle Ages''', ed. Ian Levy, Gary Macy, Kristen Van Ausdall, (Brill, 2012), 194.</ref> Ia bergegas ke [[Aachen]] dan memahkotai dirinya sendiri sebagai kaisar disambut dengan teriakan ''Vivat Imperator Ludovicus'' oleh para bangsawan yang hadir.<ref name="Driscoll194" />

Dari awal pemerintahannya, mata uangnya meniru potret ayahandanya [[Karel yang Agung]], yang menciptakan gambaran kekuasaan kekaisaran dan prestise.<ref name="Driscoll194" /> Ia segera mengirim saudari-saudarinya yang belum menikah ke biara, untuk menghindari kemungkinan konflik dari saudara ipar yang lebih berkuasa.<ref name="Driscoll194" /> Ia mengampuni saudara-saudara tirinya dan mendesak sepupu-sepupu ayahandanya, [[Adalhard]] dan [[Wala]] untuk [[Tonsur|ditonsur]] dan mengirim mereka ke [[Île de Noirmoutier]] dan [[Corbie]], berturu-turut, meskipun oknum yang terakhir itu setia.<ref>''Church Architecture and Liturgy in the Carolingian Era'', Michael S. Driscoll, '''A Companion to the Eucharist in the Middle Ages''', 195.</ref>

Beberapa konselor utamanya adalah [[Bernard dari Septimania|Bernard, markgraf Septimania]], dan [[Ebo]], [[Keuskupan Reims]]. Tokoh yang terakhir lahir sebagai budak dan dibesarkan oleh Ludwig di istana dan mengkhianatinya kemudian. Ia menahan beberapa menteri ayahandanya, seperti [[Elisachar]], kepala biara St. Maximin di dekat [[Trier]], dan [[Hildebold]], [[Keuskupan Köln]]. Kemudian ia menggantikan Elisachar dengan [[Hilduin|Hildwin]], kepala dari banyak biara.

Ia juga mempekerjakan [[Benediktus dari Aniane]] (Benediktus kedua), seorang Septimania dari [[Visigoth]] dan pendiri monastik, untuk membantunya mereformasi gereja Franka. Salah satu reformasi utama Benediktus adalah untuk memastikan bahwa semua tempat agama di wilayah kerajaan Ludwig berpegang pada [[Peraturan Santo Benediktus]], yang dinamakan sama seperti penciptanya, [[Benediktus dari Nursia]] (480–550), Benediktus pertama.

Di tahun 816, [[Paus Stefanus IV]], yang menggantikan [[Paus Leo III]], mengunjungi [[Reims]] dan sekali lagi memahkotai Ludwig (Di hari Minggu, tanggal 5 Oktober). Kaisar dengan demikian memperkuat kepausan dengan mengakui pentingnya paus di dalam penobatan kekaisaran.

[[Image:Denier Louis le Pieux.jpg|thumb|''[[Denarius]]'' Ludwig.]]


== Catatan ==
== Catatan ==

Revisi per 15 Oktober 2016 15.56

Ludwig yang Saleh
Ludwig I, gambaran kontemporer tahun 826 sebagai Miles Christi (serdadu Kristus), dengan dilapisi oleh puisi Rabanus Maurus. Vatikan, Biblioteca Apostolica Vaticana, Codex Reg. lat 124, f.4v.
Raja Franka
Berkuasa814–840
Perancis13 September 813, Aachen
PendahuluCharlemagne
PenerusLothair I
Ludwig II
Karl yang Botak
Kaisar Romawi Suci
Berkuasa813–840
PenobatanOleh Paus Stefanus IV: 5 Oktober 816, Reims
PendahuluCharlemagne
PenerusLothair I
Raja Aquitaine
Berkuasa781–814
PendahuluKarel I sebagai Raja Franka
PenerusPippin I
Informasi pribadi
Kelahiran778
Cassinogilum
Kematian20 Juni 840 – 778; umur -63–-62 tahun
Ingelheim am Rhein
Pemakaman
WangsaKaroling
AyahCharlemagne
IbuHildegarde
PasanganErmengarde dari Hesbaye
Judith dari bayern
Anak

Ludwig yang Saleh (778 – 20 June 840), juga disebut yang Adil, dan Debonaire,[1] merupakan Raja Aquitaine dari tahun 781. Ia juga adalah Raja Franka dan rekan-Kaisar (sebagai Ludwig I) dengan ayahandanya, Charlemagne, Kekaisaran Romawi Suci dari tahun 813.

Ia adalah putra Charlemagne and Hildegard, ia menjadi pemimpin tunggal Franka setelah kematian ayahandanya di tahun 814, jabatan yang dipegangnya sampai kematiannya, selain di tahun 833–34, dimana ia dipecat.

Selama pemerintahannya di Aquitaine, Ludwig bertanggung jawab dengan pertahanan perbatasan barat daya kekaisaran. Ia menaklukkan Barcelona dari Muslim di tahun 801 dan menegaskan otoritas Franka atas Pamplona dan Basque, Pirenia selatan di tahun 812. Sebagai kaisar ia mengikutsertakan putra-putranya yang dewasa, Lothair I, Pippin I, dan Ludwig II, di dalam pemerintahan dan mendirikan divisi kerajaan yang cocok di antara mereka. Dekade pertama pemerintahannya ditandai oleh beberapa tragedi yang memalukan, terutama perlakuan brutal keponakannya, Bernard dari Italia, dimana Ludwig dihina di depan umum.

Pada tahun 830-an kerajaannya dirusak oleh perang saudara di antara putra-putranya, yang diperparah oleh upaya Ludwig untuk mengikutsertakan putranya Karl dengan istri keduanya di dalam rencana suksesi Meskipun pemerintahannya berakhir di nilai yang tinggi, dengan aturan sebagian besar dikembalikan ke kerajaannya, hal tersebut diikuti oleh perang saudara selama tiga tahun. Ludwig dianggap kurang beruntung daripada ayahandanya, meskipun masalah yang ia hadapi jelas berbeda.

Kelahiran dan memerintah di Aquitaine

Ludwig dilahirkan ketika ayahandanya, Karel yang Agung sedang kampanye di Spanyol, di villa Karoling, Cassinogilum, menurut Einhard dan penulis sejarah anonim yang disebut Vita Hludovici; Lokasi tempat ini biasanya dikenal dengan nama Chasseneuil, di dekat Poitiers.[2] Ia merupakan putra ketiga karel dan istrinya Hildegard. Kakeknya adalah Pippin yang Pendek.

Ludwig dinobatkan sebagai Raja Aquitaine ketika ia masih bocah pada tahun 781[3] dan dikirim ke sana bersama beberapa bupati dan sebuah istana. Karel membuat cabang-kerajaan untuk mengamankan perbatasan kerajaannya setelah kehancuran dari peperangan melawan bangsa Aquitaine dan Basque di bawah pimpinan Waïfre (menyerah skt. 768) dan kemudian Hunald I, yang memuncak di dalam Pertempuran Roncesvalles (778). Karel menginginkan Ludwig dibesarkan di wilayah dimana ia memerintah. Namun di tahun 785, waspada akan kebiasaan putranya yang mungkin telah diambilnya di Aquitaine, Karel mengirimkannya ke Aquitaine dan Ludwig menghadiri Konsili Paderborn di kerajaan dengan mengenakan pakaian kostum Basque seperti layaknya para pemuda lainnya di masa itu, yang menimbulkan kesan yang baik di Toulouse, karena Basque dari Gascogne adalah andalan pasukan Aquitaine.

Di tahun 794, Karel menetapkan empat bekas villa Galia Romawi kepada Ludwig, yang berpendapat bahwa ia akan menggilir tempat-tempat tersebut sebagai tempat tinggal musim dinginnya: Doué-la-Fontaine yang sekarang Anjou, Ébreuil di Allier, Angeac-Charente, dan yang bersengketa Cassinogilum. Niat Karel adalah untuk melihat seluruh putranya dibesarkan seperti penduduk asli di wilayah yang diberikan kepada mereka, dengan mengenakan kostum nasional dari wilayah yang dikuasainya dan memahami adat istiadat setempat. Dengan demikian anak-anak dikirim ke kerajaan masing-masing di usianya yang begitu muda. Setiap kerajaan memiliki kepetingan di dalam menjaga beberapa perbatasan, seperti untuk Ludwig adalah Marca Hispánica. Di tahun 797, Barcelona, kota terbesar Marca, jatuh ke Suku Franka ketika Zeid, gubernurnya, memberontak melawan Kordoba namun gagal dan akhirnya menyerah kepada mereka. Kekuasaan Kekhalifahan Umayyah direbut kembali di tahun 799. Namun Ludwig memeprsiapkan seluruh pasukannya di kerajaan termasuk Gascogne beserta adipati Lupus Sancho, Provençal di bawah pimpinan Leibulf, dan Visigoth di bawah pimpinan Berà, atas Pirenia dan mendudukinya selama dua tahun, musim dingin disana dari tahun 800 sampai 801, ketika diserahkan.[4] Namun putra-putra Karel tidak diberikan kebebasan dari kekuasaan pusat, dan Karel menanamkan di dalamnya konsep dan kesatuan kerajaan dengan mengirimkan mereka ke ekspedisi militer jauh dari basis kediaman mereka. Ludwig berkampanye di Mezzogiorno, Italia melawan Kadipaten Benevento setidaknya sekali.

Ludwig merupakan salah satu dari ketiga putra Karel yang sah yang selamat sampai dewasa. Ia memiliki saudara kembar, Lothar yang meninggal ketika ia masih bocah. Menurut adat suku Franka, Ludwig diharapkan untuk berbagi warisan dengan saudara-saudaranya, Karl dari Ingelheim, Raja Neustria, dan Pippin, Raja Italia. Di dalam Divisio Regnorum tahun 806, Karel telah menetapkan putranya, Karl sebagai ahli warisnya sebagai kaisar dan raja kepala, yang memerintah di jantung Franka, Neustria dan Austrasia, dan memberikan Pippin Mahkota besi Lombardia, yang dimiliki oleh Karel melalui penaklukan. Untuk Ludwig kerajaan Aquitaine, ia menambahkan Septimania, Provence, dan bagian dari Bourgogne.

Namun malangnya putra-putra sah Karel lainnya meninggal – Pippin di tahun 810 dan Karl di tahun 811 – dan tinggal Ludwig sendiri yang dimahkotai sebagai rekan-kaisar dengan Karel di tahun 813. Setelah kematian ayahandanya di tahun 814, ia menjadi ahli waris kerajaan Franka beserta seluruh hartanya (dengan pengecualian tunggal Italia, yang tetap berada di dalam kerajaan Ludwig, namun berada di bawah pemerintahan langsung dari Bernard, putra Pippin).

Karel yang Agung sedang memahkotai Ludwig

Kaisar

Ketika berada di villanya, Doué-la-Fontaine, Anjou, Ludwig menerima berita kematian ayahandanya.[5] Ia bergegas ke Aachen dan memahkotai dirinya sendiri sebagai kaisar disambut dengan teriakan Vivat Imperator Ludovicus oleh para bangsawan yang hadir.[5]

Dari awal pemerintahannya, mata uangnya meniru potret ayahandanya Karel yang Agung, yang menciptakan gambaran kekuasaan kekaisaran dan prestise.[5] Ia segera mengirim saudari-saudarinya yang belum menikah ke biara, untuk menghindari kemungkinan konflik dari saudara ipar yang lebih berkuasa.[5] Ia mengampuni saudara-saudara tirinya dan mendesak sepupu-sepupu ayahandanya, Adalhard dan Wala untuk ditonsur dan mengirim mereka ke Île de Noirmoutier dan Corbie, berturu-turut, meskipun oknum yang terakhir itu setia.[6]

Beberapa konselor utamanya adalah Bernard, markgraf Septimania, dan Ebo, Keuskupan Reims. Tokoh yang terakhir lahir sebagai budak dan dibesarkan oleh Ludwig di istana dan mengkhianatinya kemudian. Ia menahan beberapa menteri ayahandanya, seperti Elisachar, kepala biara St. Maximin di dekat Trier, dan Hildebold, Keuskupan Köln. Kemudian ia menggantikan Elisachar dengan Hildwin, kepala dari banyak biara.

Ia juga mempekerjakan Benediktus dari Aniane (Benediktus kedua), seorang Septimania dari Visigoth dan pendiri monastik, untuk membantunya mereformasi gereja Franka. Salah satu reformasi utama Benediktus adalah untuk memastikan bahwa semua tempat agama di wilayah kerajaan Ludwig berpegang pada Peraturan Santo Benediktus, yang dinamakan sama seperti penciptanya, Benediktus dari Nursia (480–550), Benediktus pertama.

Di tahun 816, Paus Stefanus IV, yang menggantikan Paus Leo III, mengunjungi Reims dan sekali lagi memahkotai Ludwig (Di hari Minggu, tanggal 5 Oktober). Kaisar dengan demikian memperkuat kepausan dengan mengakui pentingnya paus di dalam penobatan kekaisaran.

Denarius Ludwig.

Catatan

  1. ^ Jerman: Ludwig der Fromme, Prancis: Louis le Pieux atau Louis le Débonnaire, bahasa Italia: Luigi il Pio atau Ludovico il Pio, Spanyol: Luis el Piadoso atau Ludovico Pío.
  2. ^ Einhard gives the name of his birthplace as Cassanoilum. In addition to Chasseneuil near Poitiers, scholars have suggested that Louis may have been born at Casseneuil (Lot et Garonne) or at Casseuil on the Garonne near La Réole, where the Dropt flows into the Garonne.
  3. ^ Pierre Riche, The Carolingians:The Family who Forged Europe, transl. Michael Idomir Allen, (University of Pennsylvania Press, 1993), 116.
  4. ^ Pierre Riche, The Carolingians:The Family who Forged Europe, 94.
  5. ^ a b c d Church Architecture and Liturgy in the Carolingian Era, Michael S. Driscoll, A Companion to the Eucharist in the Middle Ages, ed. Ian Levy, Gary Macy, Kristen Van Ausdall, (Brill, 2012), 194.
  6. ^ Church Architecture and Liturgy in the Carolingian Era, Michael S. Driscoll, A Companion to the Eucharist in the Middle Ages, 195.

Sumber

Bacaan selanjutnya

  • Booker, Courtney M. Past Convictions: The Penance of Louis the Pious and the Decline of the Carolingians, University of Pennsylvania Press, 2009, ISBN 978-0-8122-4168-6
  • De Jong, Mayke. The Penitential State: Authority and Atonement in the Age of Louis the Pious, 814–840. New York: Cambridge University Press, 2009.
  • Depreux, Philippe. Prosopographie de l'entourage de Louis le Pieux (781–840). Sigmaringen: Thorbecke, 1997. A useful prosopographical overview of Louis' household, court and other subordinates.
  • Eichler, Daniel. Fränkische Reichsversammlungen unter Ludwig dem Frommen. Hannover: Hahnsche Buchhandlung, 2007 (Monumenta Germaniae Historica Studien und Texte, 45).
  • Ganshof, François-Louis The Carolingians and the Frankish Monarchy. 1971.
  • Godman, Peter, and Roger Collins (eds.). Charlemagne's Heir: New Perspectives on the Reign of Louis the Pious (814–840). Oxford and New York: Clarendon Press, 1990.
  • Oman, Charles. The Dark Ages 476–918. London, 1914.

Pranala luar

Ludwig yang Saleh
Lahir: 16 April 778 Meninggal: 20 June 840
Gelar
Jabatan baru Raja Aquitaine
781–814
Diteruskan oleh:
Pippin I
Didahului oleh:
Charlemagne
Kaisar Romawi
813–840
bersama dengan Lothair I (817–840)
Diteruskan oleh:
Lothair I
Raja Franka
814–840
Diteruskan oleh:
Lothair I
sebagai raja Franka Tengah
Diteruskan oleh:
Ludwig II
sebagai raja Franka Timur
Diteruskan oleh:
Karl II
sebagai raja Franka Barat