Ermengarde dari Hesbaye

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Ermengarde dari Hesbaye (atau Irmengarde) (sekitar tahun 778 – 3 Oktober 818) merupakan Ratu Franka dan Maharani Romawi Suci sebagai istri Kaisar Ludwig I. Ia merupakan putri Franka, putri Ingram, Comte Hesbaye, dan Hedwig dari Bayern. Keluarganya dikenal sebagai Robertian.

Pada tahun 794/5 Ermengarde menikah dengan Ludwig yang Saleh, raja Aquitaine, raja Franka, raja Italia, pemimpin Kekaisaran Romawi Suci.

Ia memiliki enam orang anak:

Charlemagne awalnya bermaksud untuk membagi Kekaisaran Karoling di antara Ludwig dan saudara-saudaranya Pippin dari Italia dan Karl, yang bagaimanapun meninggal berturu-turut di tahun 810/11. Pada tanggal 10 September 813, Charlemagne menunjuk Ludwig sebagai ahli warisnya dan mengumumkannya sebagai rekan-kaisar. Suami Ermengarde menjadi pemimpin tunggal Kaisar Romawi Suci dan Raja Franka setelah kematian ayahandanya pada tanggal 28 Januari 814. Pasangan tersebut diurapi dan dimahkotai sebagai Kaisar dan Ratunya oleh Paus Stefanus IV pada tanggal 5 Oktober 816 di Katedral Reims.

Ia meninggal di Angers, (yang sekarang wilayah di Perancis) pada tanggal 3 Oktober 818. Beberapa tahun setelah kematiannya, suaminya menikah lagi dengan Judith dari Bayern, yang memberinya Karl yang Botak.

Didahului oleh:
Tidak ada
Maharani Romawi Suci
814–818
Diteruskan oleh:
Judith dari Bayern
Didahului oleh:
Luitgard
Ratu Franka
814–818