Gascogne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Peta Gascogne.
Bendera Gascogne.

Gascogne (/ˈɡæskəni/; bahasa Perancis: Gascogne [ɡaskɔɲ]; Gascon: Gasconha [ɡasˈkuɲɔ]) adalah sebuah wilayah di sebelah barat daya Perancis yang pernah menjadi bagian dari "Provinsi Guyenne dan Gascogne" sebelum meletusnya Revolusi Perancis. Batas wilayah ini masih belum ditetapkan secara pasti, dan perbedaan antara Guyenne dan Gascogne masih belum jelas; kadang-kadang keduanya dianggap bertumpang tindih, dan kadang Gascogne dianggap sebagai bagian dari Guyenne. Umumnya Gascogne ditempatkan di sebelah timur dan selatan Bordeaux.

Gascogne saat ini terdiri dari region Aquitaine (departemen Landes, Pyrénées-Atlantiques, Gironde barat daya, dan Lot-et-Garonne selatan) dan region Midi-Pyrénées (departemen Gers, Hautes-Pyrénées, Tarn-et-Garonne barat daya, dan Haute-Garonne barat).

Dalam sejarah, Gascogne dihuni oleh orang-orang yang terkait dengan etnik Basque dan menuturkan bahasa yang mirip dengan mereka. Nama Gascogne berasal dari akar yang sama dengan kata Basque. Dari abad pertengahan hingga abad ke-19, bahasa Gascon yang merupakan varian regional bahasa Occitan menjadi bahasa yang umum dituturkan penduduk Gascogne.

Gascogne dikenal akan douceur de vivre ("kemanisan hidup"), kulinernya (seperti foie gras dan brandi Armagnac), kota-kota dan desa-desa dari abad pertengahan yang disebut bastides, serta alamnya, sehingga Gascogne menjadi tujuan wisata yang populer.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 43°58′37″LU 0°10′34″BB / 43,977°LU 0,176°BB / 43.977; -0.176