Gereja Ortodoks Yunani Antiokhia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Ortodoks Yunani Patriarkat Antiokhia
بطريركية أنطاكية وسائر المشرق للروم الأرثوذكس
Lambang Patriarkat Antiokhia
PenggolonganOrtodoks Timur
OrientasiOrtodoksi Yunani
Kitab suciSeptuaginta, Perjanjian Baru
TeologiPalamisme
Bentuk
pemerintahan
Episkopal
PemimpinYohanes X dari Antiokhia
WilayahSuriah, Lebanon, Yordania, Palestina, Israel, Irak, Kuwait, Uni Emirat Arab, Bahrain, Oman, sebagian Turki, Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Australia, Selandia Baru, Uni Eropa, sebagian wilayah Kaukasus
BahasaYunani Koine, Arab, Turki, Inggris, Prancis, dan Spanyol
PendiriPara rasul St. Petrus dan St. Paulus
Kemerdekaan518 M
Terpecah dariGereja Antiokhia[1]
Umat4.3 juta (2012)[2]
Nama lainGereja Ortodoks Timur Patriarkat Antiokhia, Patriarkat Antiokhia
Situs web resmiwww.antiochpatriarchate.org

Gereja Ortodoks Yunani Antiokhia (Arab: بطريركية أنطاكية وسائر المشرق للروم الأرثوذكس, translit: Baṭriyarkiyyat ʾAnṭākiya wa-Sāʾir al-Mašriq li-r-Rūm al-ʾUrṯūḏuks) adalah sebuah Gereja Ortodoks Yunani otosefalus dalam persekutuan yang lebih luas dari Kristen Ortodoks Timur. Gereja yang dipimpin oleh Patriark Ortodoks Yunani Antiokhia ini menganggap bahwa mereka merupakan penerus komunitas Kristen yang didirikan oleh Rasul Petrus dan Paulus di Antiokhia.

Kursi patriarkat Antiokhia dahulu berada di tempat yang sekarang merupakan wilayah dari Turki. Namun, pada abad ke-14, kursi patriarkat dipindahkan ke Damaskus, yang sekarang merupakan ibu kota Suriah, setelah invasi Utsmaniyyah ke Antiokhia. Wilayah tradisional dari gereja ini meliputi Suriah, Lebanon, Irak, Kuwait, negara-negara Arab di Teluk Persia dan juga bagian dari Turki. Wilayahnya dahulu juga mencakup Gereja Siprus sampai akhirnya Gereja Siprus menjadi gereja otosefalus yang independen pada tahun 431. Baik Gereja Ortodoks Antiokhia maupun Siprus merupakan anggota Dewan Gereja-gereja Timur Tengah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "CATHOLIC ENCYCLOPEDIA: Church of Antioch". www.newadvent.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-26. Diakses tanggal 2020-06-04. 
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-20. Diakses tanggal 2020-06-04. 

Literatur[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]