Gereja Ortodoks Yunani Antiokhia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gereja Ortodoks Yunani Patriarkat Antiokhia
بطريركية أنطاكية وسائر المشرق للروم الأرثوذكس
Coat of arms Greek Orthodox Patriarchate of Antioch and all East.svg
Lambang Patriarkat Antiokhia
KlasifikasiOrtodoks Timur
OrientasiOrtodoksi Yunani
Naskah agamaSeptuaginta, Perjanjian Baru
TeologiPalamisme
Struktur organisasiEpiskopal
PemimpinYohanes X dari Antiokhia
WilayahSuriah, Lebanon, Yordania, Palestina, Israel,  Irak, Kuwait, Uni Emirat Arab, Bahrain, Oman, sebagian Turki, Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Australia, Selandia Baru, Uni Eropa, sebagian wilayah Kaukasus
BahasaYunani Koine, Arab, Inggris, Prancis, dan Spanyol
PendiriPara rasul St. Petrus dan St. Paulus
Umat4.3 juta (2012)[1]
Nama lainGereja Ortodoks Timur Patriarkat Antiokhia, Patriarkat Antiokhia
Situs webwww.antiochpatriarchate.org

Gereja Ortodoks Yunani Antiokhia (bahasa Arab: بطريركية أنطاكية وسائر المشرق للروم الأرثوذكس, translit. Baṭriyarkiyyat ʾAnṭākiya wa-Sāʾir al-Mašriq li-r-Rūm al-ʾUrṯūḏuks‎) adalah sebuah Gereja Ortodoks Yunani otosefalus dalam persekutuan yang lebih luas dari Kristen Ortodoks Timur. Gereja yang dipimpin oleh Patriark Ortodoks Yunani Antiokhia ini menganggap bahwa mereka merupakan penerus komunitas Kristen yang didirikan oleh Rasul Petrus dan Paulus di Antiokhia.

Kursi patriarkat Antiokhia dahulu berada di tempat yang sekarang merupakan wilayah dari Turki. Namun, pada abad ke-14, kursi patriarkat dipindahkan ke Damaskus, yang sekarang merupakan ibu kota Suriah, setelah invasi Ottoman ke Antiokhia. Wilayah tradisional dari gereja ini meliputi Suriah, Lebanon, Irak, Kuwait, negara-negara Arab di Teluk Persia dan juga bagian dari Turki. Wilayahnya dahulu juga mencakup Gereja Siprus sampai akhirnya Gereja Siprus menjadi gereja otosefalus yang independen pada tahun 431. Baik Gereja Ortodoks Antiokhia maupun Siprus merupakan anggota Dewan Gereja-gereja Timur Tengah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]

Literatur[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]