Apolitikion

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Apolitikion (Yunani: Ἀπολυτίκιον, translit. Ápolitíkion) yang juga disebut Himne Pembubaran atau Himne Penyelesaian merupakan suatu troparion atau suatu nyanyian pujaan singkat yang terdiri atas satu stanza yang dinyanyikan di bagian terakhir liturgi Gereja Kristen Ortodoks. Apolitikion ini merupakan bentuk simpulan atau rangkuman dari suatu perayaan yang dilaksanakan pada suatu hari tertentu. Apolitikion ini biasanya dinyanyikan pada ibadat Vesper, Matin, dan Liturgi Ilahi, serta beberapa waktu lainnya dalam jam kanonis. Nama Apolitikion sendiri dalam bahasa Yunani berarti pembubaran, penyelesaian, atau pengusaian karena nyanyian ini dinyanyikan pertama kali sebelum suatu ibadat atau liturgi berakhir atau usai.

Posisi Apolitikion ini pada gereja-gereja barat dapat disejajarkan dengan doa kolekta yang biasanya hanya didaraskan pada misa dan tidak pada peribadatan lainnya.

Contoh Apolitikion[sunting | sunting sumber]

Apolitikion Perayaan Natal: (25 Desember)

Kelahiran-Mu, Wahai Kristus Allah kami, yang menerbitkan cahaya pengetahuan di atas bumi. Karena kelahiran-Mulah, mereka yang memuja bintang diajari oleh suatu bintang untuk menyembah-Mu, Sang Cahaya Keadilan, dan untuk mengenal-Mu, Sang Timur dari tempat Yang Maha Tinggi. Kemuliaan bagi-Mu, Ya Tuhan.[1]

Apolitikion Perayaan Anunsiasi: (25 Maret)

Hari ini merupakan puncak dari keselamatan kita dan perwujudan dari sang Misteri yang berasal dari kekekalan; Putra Allah menjadi Putra sang perawan, Gabriel mengumumkan kabar gembira tentang kasih & karunia. Oleh karenanya, marilah kita berseru bersamanya kepada sang Bunda Allah; Salam! Penuh rahmat, Tuhan sertamu!

Apolitikion Paskah:

Kristus telah bangkit dari maut, menghancurkan maut dengan kematian, dan menganugerahkan hidup atas mereka yang di dalam kubur!

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hymns of the Feast". Feast of the Nativity of our Lord and Savior Jesus Christ. Greek Orthodox Archdiocese of America. 2009.