Geografi Siprus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Siprus
  • Κύπρος (Greek)
  • Kıbrıs  (Turkish)
Citra satelit Siprus pada 2022
Lokasi Siprus
Geografi
LokasiLaut Mediterania
Koordinat
35°N 33°E / 35°N 33°E / 35; 33Koordinat: 35°N 33°E / 35°N 33°E / 35; 33
Kota terbesarNikosia
Luas9.251 km2
Garis pantai648 km
Titik tertinggiGunung Olympus (1.952 m)
Pemerintahan
Negara
Ibu kota dan kota terbesarNikosia
Luas bagian5.896 km2[convert: nomor tidak sah]
 63.7%)
Negara
Republik Turki Siprus Utara
(de facto memerintah bagian utara, diproklamasikan dan hanya diakui oleh negara Turki)
Ibu kota dan kota terbesarNikosia Utara
Luas bagian3.355 km2[convert: nomor tidak sah]
 36.3%)
Negara
Ibu kota dan permukiman terbesarEpiskopi Cantonment
Luas bagian254 km2[convert: nomor tidak sah]
 2.7%)
Kependudukan
Penduduk1.278.686 jiwa (2021)
Kepadatan138 jiwa/km2
Kelompok etnik
Peta

Siprus adalah sebuah negara pulau di Cekungan Timur Laut Mediterania. Pulau ini merupakan pulau terbesar ketiga di Laut Mediterania, setelah pulau Sisilia dan Sardinia di Italia, dan pulau terbesar ke-80 di dunia menurut luas wilayah. Pulau ini terletak di sebelah selatan Semenanjung Anatolia, meskipun pulau ini termasuk dalam Busur Siprus.[1] Secara geografis, Siprus terletak di Asia Barat,[2] tetapi negara ini dianggap sebagai negara Eropa dalam geografi politik.[3] Siprus mengalami periode panjang dipengaruhi oleh bangsa Yunani dan kemudian oleh Anatolia, Levant, Bizantium, Turki, dan Eropa Barat.

Pulau ini didominasi oleh dua pegunungan, yaitu Pegunungan Troodos dan Pegunungan Kyrenia atau Pentadaktylos, dan dataran Mesaoria yang berada di tengah-tengahnya.[4] Pegunungan Troodos meliputi sebagian besar wilayah selatan dan barat pulau dan mencakup hingga setengah luas wilayah tersebut.[4] Pegunungan Kyrenia membentang fi sepanjang garis pantai utara.[4] Pegunungan ini tidak setinggi Pegunungan Troodos, dan mencakup wilayah yang lebih sedikit.[4] Kedua pegunungan berhubungan secara paralel dengan Pegunungan Taurus di Turki daratan, yang bagian luarnya bisa dilihat dari Siprus utara.[4] Dataran rendah berupa pesisir, dengan luas yang beragam, mengelilingi pulau ini.[4]

Secara geopolitik, pulau ini terbagi dalam empat segmen. Republik Siprus, satu-satunya pemerintahan yang diakui internasional, meliputi 60% pulau di bagian selatan, dan merupakan negara anggota Uni Eropa sejak 1 Mei 2004. Republik Turki Siprus Utara, secara diplomatis hanya diakui oleh negara Turki; pemerintahan ini meliputi sepertiga pulau di bagian utara, sekitar 36% luas pulau. Garis Hijau yang dikontrol oleh PBB adalah sebuah zona penyangga yang memisahkan kedua pemerintahan tersebut dan meliputi 4% luas pulau. Yang terakhir, dua daerah—Akrotiri dan Dhekelia—tetap berada di bawah kedaulatan Inggris untuk tujuan militer, secara kolektif membentuk Wilayah Pangkalan Kedaulatan Akrotiri dan Dhekelia (SBA). SBA berlokasi di pesisir selatan pulau dan keduanya mencakup seluas 254 km2, atau 2,8% luas pulau.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Shimon Wdowinski: Research: Eastern Mediterranean". faculty.fiu.edu. 
  2. ^ UNSD: M49 Standard
  3. ^ The CIA World Factbook: Cyprus
  4. ^ a b c d e f Solsten, Eric, ed. (1993). Cyprus: a country study (edisi ke-4th). Washington, D.C.: Federal Research Division, Library of Congress. hlm. 50–53. ISBN 0-8444-0752-6. OCLC 27014039. Artikel ini memuat teks dari sumber tersebut, yang berada dalam ranah publik. 

Atribusi:


Templat:Topik Siprus