Geografi Ukraina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Peta relief
Peta klasifikasi iklim Köppen.

Geografi Ukraina mempunyai variasi antarwilayahnya, dengan sebagian besar wilayah negara berada di Dataran Eropa Timur. Ukraina merupakan negara dengan luas wilayah terbesar kedua di Eropa setelah Rusia. Ukraina memiliki jenis wilayah yang beragam mulai dari dataran tinggi hingga dataran rendah serta ragam iklim dan variasi hidrografi.

Lokasi Geografis[sunting | sunting sumber]

Ukraina memiliki posisi yang strategis di Eropa Timur Tengah: berada di sebelah utara pesisir Laut Hitam dan Laut Azov, berbatasan dengan sejumlah negara Eropa yakni Polandia, Slowakia dan Hongaria di barat, Belarus di utara, Moldova dan Rumania di barat daya dan Rusia di timur. Luas wilayah Ukraina mencapai 603.550 square kilometer (233.030 sq mi) mil persegi). Garis perbatasan Ukraina sepanjang 4.558 kilometer (2.832 mi) mil). Panjang perbatasan dengan masing-masing negara adalah: Belarus 891 kilometer (554 mi)mil), Hongaria 103 kilometer (64 mi)mil), Moldova 939 kilometer (583 mi)mil), Polandia 428 kilometer (266 mi)mil), Rumania 169 kilometer (105 mi)mil) di bagian selatan dan 362 kilometer (225 mi)mil) di bagian barat, Rusia 1.576 kilometer (979 mi)mil), dan Slowakia 90 kilometer (56 mi)mil). Ukraina mempunyai panjang garis pantai 3.783 kilometer (2.351 mi)mil).

Garis perbatasan dengan Rusia merupakan garis perbatasan terpanjang di Ukraina dan berbatasan dengan Laut Azov.

Relief[sunting | sunting sumber]

Penggambaran sederhana dari bioma di sekitar wilayah Ukraina. Daerah yang berwarna hijau muda yang berbatasan dengan pesisir Laut Hitam, merupakan wilayah subtropis.

Sebagian besar wilayah Ukraina terletak di Dataran Eropa, sedangkan wilayah bagian barat dan selatan terletak di sistem Alpen. Secara umum Ukraina terdiri dari dua bioma yang berbeda: hutan iklim sedang di dataran hingga tengah benua dan stepa di zona litoral Laut Hitam. Wilayah utama di Ukraina antara lain, Dataran Rendah Polesia, Dataran Rendah Dnieper, Dataran Tinggi Volynia-Podolia, Dataran Rendah Laut Hitam-Azov, Dataran Tinggi Donets-Azov, Dataran Tinggi Rusia Tengah, Carpathia, dan Cekungan Pannonian.

Daerah barat mempunyai Pegunungan Carpathia, Carpathia Timur yang membentang hingga Polandia, Ukraina dan Rumania. Puncak tertinggi di Ukraina adalah Hoverla, dengan ketinggian 2.061 meter (6.762 ft)kaki). Di wilayah barat juga terdapat Perbukitan Donets di timur dekat dengan Laut Azov.

Sebagian besar wilayah Ukraina merupakan wilayah menyerupai stepa di utara Laut Hitam. Sebagian besar wilayah Ukraina terdiri dari dataran subur (atau stepa) dan dataran tinggi. Dalam penggunaan lahan, 58% dari wilayah Ukraina merupakan tanah garapan; 2% yang digunakan untuk pertanian tetap, 13% untuk padang rumput tetap, 18% adalah hutan, dan 9% untuk lainnya.

Pembagian Fisiografik Ukraina[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar wilyah Ukraina terdiri dari dataran dengan ketinggian rata-rata 175 meter (574 kaki) di atas permukaan laut yang dikelilingi oleh pegunungan di bagian barat dan selatan jauh. Lahan luas dari dataran negara ini terletak di barat daya Dataran Eropa Timur. Dataran tersebut mempunyai banyak dataran tinggi dan dataran rendah yang disebabkan kristalisasi dasar tidak merata dari kraton Eropa Timur. Dataran tinggi mempunyai ciri batuan dasar Precambrian dari Perisai Ukraina.

Hidrografi[sunting | sunting sumber]

Sungai Kalmius, Donetsk

Wilayah Ukraina berbatasan dengan Laut Hitam dan Laut Azov. Lebih dari 95% sungai adalah bagian dari dua daerah aliran sungai. Beberapa sungai mengalir ke Laut Baltik. Ada tujuh sungai utama di Ukraina: Desna, Dnieper, Dniester, Donau, Pripyat, Siverian Donets, dan Bug Selatan.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Ukraina beriklim sedang dengan musim dingin yang dingin dan musim panas yang hangat. Iklim Ukraina dipengaruhi oleh udara lembab dari Samudera Atlantik.[1]

Sumber Daya alam[sunting | sunting sumber]

Sumber daya alam di Ukraina antara lain: bijih besi, batubara, mangan, gas alam, minyak, garam, belerang, grafit, titanium, magnesium, kaolin, nikel, dan merkuri.

Masalah Lingkungan[sunting | sunting sumber]

Ukraina memiliki banyak masalah lingkungan. Beberapa daerah kekurangan air minum. Polusi udara dan air mempengaruhi negara, serta deforestasi, dan kontaminasi radiasi di timur laut yang berasal dari kecelakaan di Chernobyl.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ukraine. (2010).

Tautan Eksternal[sunting | sunting sumber]