Zona Penyangga Perserikatan Bangsa-Bangsa di Siprus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Zona Penyangga Perserikatan Bangsa-Bangsa di Siprus
Emblem of the United Nations.svg
GreenLine BufferZone Large.JPG
Zona penyangga di Nikosia
Tanggal pembentukan1974
JenisZona demiliterisasi
Organisasi induk
Pasukan penjaga perdamaian PBB di Siprus

Zona Penyangga Perserikatan Bangsa-Bangsa di Siprus adalah zona demiliterisasi yang dijaga oleh Pasukan Penjaga Perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa di Siprus (UNFICYP). Zona ini didirikan pada tahun 1964 dan diperpanjang pada tahun 1974 setelah invasi Turki ke Siprus dan disepakatinya gencatan senjata 16 Agustus 1974. Pulau Siprus sendiri secara de facto terbagi menjadi tiga, yaitu Republik Siprus di selatan yang dikuasai oleh etnis Yunani, pangkalan Britania di Akrotiri dan Dhekelia, dan Republik Siprus Utara yang dikuasai oleh etnis Turki. Zona ini (yang juga dikenal dengan nama "Garis Hijau", bahasa Yunani: Πράσινη Γραμμή, Prasini Grammi; bahasa Turki: Yeşil Hat) terbentang sepanjang 180 km dari Paralimni di timur hingga Kato Pyrgos di barat dengan seksi yang terpisah yang mengelilingi Kokkina. Zona ini melintasi pusat kota Nikosia dan membagi kota tersebut menjadi dua. Secara keseluruhan, garis ini mencakup wilayah seluas 346 km2, dan lebarnya bervariasi dari kurang dari 20 meter hingga lebih dari 7 km.[1][2][3]

Garis ini juga dinamai "Garis Attila";[4] nama ini merupakan kode operasi Turki saat melakukan intervensi militer pada tahun 1974, yaitu Operasi Attila. Pasukan Turki telah membangun penghalang di sisi utara zona ini yang terdiri dari pagar berduri, tembok, menara pengawas, lubang anti-tank dan ranjau.

Sekitar 10.000 orang tinggal di beberapa desa yang terletak di dalam zona ini; desa Pyla dikenal sebagai satu-satunya desa yang menjadi tempat tinggal bersama orang Yunani dan Turki. Desa-desa lainnya adalah Deneia, Athienou dan Troulloi. Sementara itu, beberapa wilayah sama sekali tidak dijamah oleh manusia.[2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "UNFICYP Background". UN.org. UN Peacekeeping. Diakses tanggal 10 March 2016. 
  2. ^ a b "About the Buffer Zone". unficyp.unmissions.org. United Nations Peacekeeping Force in Cyprus. Diakses tanggal 10 March 2016. 
  3. ^ Konyalian, Claudia. "Biodiversity in Cyprus 346 square kilometres Buffer Zone". undp.org. United Nations Development Programme. Diakses tanggal 10 March 2016. 
  4. ^ Oxford References: Attila Line

Pranala luar[sunting | sunting sumber]