Geografi Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Geografi Geografi Republik Rakyat Tiongkok (中华人民共和国)
Geografi Republik Rakyat Tiongkok (中华人民共和国)
BenuaAsia
KawasanAsia Timur/Tenggara
Koordinat35°0′N 105°0′E / 35.000°N 105.000°E / 35.000; 105.000[1]
WilayahPeringkat Ke-4/ke-3
9.596.960[1] km² (Kesalahan ekspresi: Karakter tanda baca "" tak dikenali, mil²)
97.2[1]% daratan
2.8[1]% perairan
PerbatasanAfghanistan, Bhutan, Burma, India, Korea Utara, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Laos, Mongolia, Nepal, Pakistan, Rusia, Tajikistan, Vietnam
Titik tertinggiGunung Everest, 8848 m (29029 ft)[2]
Titik terendahTurpan Pendi, −154 m (−505 ft)[1]
Sungai terpanjangSungai Yangtse[3]
Danau terbesarDanau Qinghai[butuh rujukan]
Geografi dan Iklim Tiongkok
Gambar Satelit Tiongkok

Terletak di Asia Tenggara di sepanjang garis pantai Samudra Pasifik, Tiongkok adalah negara terbesar ketiga di dunia, setelah Rusia dan Kanada. Dengan luas 9,6 juta kilometer persegi dan garis pantai sepanjang 18.000 km, bentuknya di peta seperti ayam jago. Mencapai Mohe di Provinsi Heilongjiang sebagai ujung utara, Zengmu Ansha (atau James Shoal) di selatan, Pamirs di barat, dan meluas ke perbatasan timur di persimpangan Sungai Heilongjiang (Amur) dan Sungai Wusuli (Ussuri), membentang sekitar 50 derajat lintang dan 62 derajat bujur.

Tiongkok berbatasan dengan 14 negara - Korea, Vietnam, Laos, Burma, India, Bhutan, Nepal, Pakistan, Afganistan, Tajikistan, Kirgistan, Kazakhstan, Mongolia, dan Rusia. Tetangga sisi laut mencakup delapan negara - Korea Utara, Korea Selatan, Jepang, Filipina, Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam.[4]

Fitur fisik[sunting | sunting sumber]

Bentangan daratan Tiongkok yang luas meliputi dataran tinggi, dataran, cekungan, kaki bukit, dan gunung. Mendefinisikan dataran tinggi, kaki bukit, dan gunung sebagai Pegunungan, mereka menempati hampir dua pertiga daratan lebih tinggi di barat dan lebih rendah di timur seperti tangga tiga langkah. Langkah tertinggi dari "topogragi langkah" dipikal dibentuk oleh Dataran Tinggi Qinghai-Tibet pada ketinggian rata-rata lebih dari 4000 meter, dengan jajaran Kunlunshan, jajaran Qilianshan, dan rantai gunung Hengduan sebagai pembagian antara langkah ini dan yabg kedua. Puncak tertinggi di dunia, Everest, pada ketinggian 8844,43 meter dikenal sebagai 'Atap Dunia'.

Pada langkah kedua adalah cekungan besar dan dataran tinggi, yang sebagian besar adalah 1.000 - 2.000 meter. Pegunungan Daxing'an, Taihang, Wu dab Xuefeng membagi langkah ini dan yang lebih rendah berikutnya. Dataran tinggi termasuk Mongolia Dalam, Loess, Dataran Yungui, dan cekungan seperti Tarim, Junggar, dan Cekungan Sichuan terletak di sini.

Langkah ketiga, berlimpah di dataran luas, dihiasi dengan kaki bukit dan pegunungan yang lebih rendah, dengan ketinggian lebih dari 500 meter. Disini terletak Dataran yang terkenal: Timur Laut, China Utara, dan Dataran Yangtse Menengah-Bawah, berdekatan satu sama lain dari utara ke selatan. Tanah yang subur ini menghasilkan tanaman berlimpah.

Divisi Regional[sunting | sunting sumber]

Meskipun ciri-ciri fisiknya seperti yang dijelaskan, penduduk cenderung membagi Tiongkok menjadi empat wilayah, yaitu Wilayah Utara, Selatan, Barat Laut, dan Qinghai-Tibet. Karena perbedaan geografis, penduduk di setiap daerah memiliki gaya hidup dan kebiasaan yang berbeda.

Wilayah Utara dan Selatan terletak di wilayah monsun Timur dan dibagi oleh Sungai Qinling-Huai. Hampir 95% penduduk Tiongkok tinggal disini. Dua wilayah lainnya, wilayah Barat Laut dan Qinghai-Tibet yang menempati 55% dari daratan, memikiki lebih sedikit penduduk, meskipun sebagian besar kelompok etnis berkelompok disana.

Sungai dan danau[sunting | sunting sumber]

Tiongkok memiliki banyak sungai dan danau. Menurut statistik, lebih dari 50.000 sungai memiliki daerah drainase yang melebihi 100 kilometer persegi; lebih dari 1.500 melebihi 1000 kilometer persegi. Sungai-sungai ini juga dapat diklasifikasikan sebagai sungai eksterior dan interior. Yangtze, yang terpanjang di Tiongkok bahkan Asia, adalah yang terpanjang ketiga di dunia. Sungai Kuning, 'Sungai Ibu Rakyat Tiongkok', tepat di belakang Yangtze, keduanya mengalir ke Samudra Pasifik. Sungai Yarlong Zangbo milik sistem air Samudra Hindia, dan Sungai Irtysh ke Samudra Arktik. Di sisi lain, sungai bagian dalam mengeringkan area yang lebih sedikit daripada bagian eksterior.

Danau juga penting. Daerah-daerah dengan danau terbanyak adalah Dataran Yangtze dan Dataran Tinggi Qinghai-Tibet. Banyak danau asin di barat laut. Danau Qinghai, danau air asin alami yang indah, adalah yang terbesar. Di Tiongkok tenggara, sebagian besar danau adalah air tawar. Danau Poyang, Danau Dongting, dan Danau Taihu semuanya adalah danau air tawar.

Ini memberi Tiongkok sumber daya berharga seperti produk akuatik, minyak bumi, gas alam, tambang, dan sumber daya terbarukan termasum tenaga pasang surut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "China". The World Factbook. CIA. Diakses tanggal 2015-12-31. 
  2. ^ Based on the 1999 and 2005 surveys of elevation of snow cap, not rock head. For more details, see Surveys.
  3. ^ "Yangtze River". University of Washington. Diakses tanggal 2015-12-31. 
  4. ^ "China Geography: Location, Regional Divisions, Mountains, Rivers". www.travelchinaguide.com. Diakses tanggal 2019-11-06. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]