Pegunungan Troodos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Troodos
Chionistra winter 1.JPG
Pohon-pohon di Gunung Olimpus
Titik tertinggi
Puncak Gunung Olimpus
Naming
Native name
  • Τρόοδος
  • Trodos Dağları
Letak Geografis
Negara Siprus

Pegunungan Troodos (kadang-kadang dieja Troödos; bahasa Yunani: Τρόοδος [ˈtɾooðos]; bahasa Turki: Trodos Dağları) adalah pegunungan terbesar di Siprus. Pegunungan ini kurang lebih terletak di tengah-tengah pulau ini. Puncak tertingginya adalah Gunung Olimpus, yang juga dikenal dengan nama Chionistra (bahasa Yunani: Όλυμπος atau bahasa Yunani: Χιονίστρα), yang memiliki ketinggian 1.952 meter.

Di pegunungan ini terdapat banyak sanggraloka pegunungan, biara-biara Bizantium, dan gereja-gereja di puncak pegunungan. Di lembah-lembahnya juga terdapat desa-desa. Kawasan ini sudah dikenal akan tambangnya dari zaman klasik, dan selama berabad-abad memasok persediaan tembaga ke seluruh kawasan Laut Tengah. Pada masa Romawi Timur, kawasan ini menjadi pusat seni Bizantium dengan dibangunnya gereja-gereja dan biara-biara di pegunungan yang jauh dari ancaman di wilayah pesisir.[1] Di pegunungan ini juga terdapat RAF Troodos, stasiun angkatan udara Britania yang digunakan untuk menyadap oleh badan NSA dan GCHQ.[2]

Terdapat dua penjelasan mengenai asal nama Troodos: "tria odos" yang mengacu kepada tiga jalan yang bersimpangan di pegunungan ini, atau "to-oro-ados" yang berarti pegunungan Adonis.[3][4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cyprus Travel Series: Troodos Mountains". Expand Your Property World (dalam bahasa Inggris). 2017-11-23. Diakses tanggal 2018-02-16. 
  2. ^ Spies in the sky, by Cora Currier and Henrik Moltke, The Intercept_, January 29, 2016
  3. ^ "Places to visit - Troodos Cyprus". www.justaboutcyprus.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-09-18. 
  4. ^ "Snowy Mountains of Troodos - December at Olympos - Chionistra". www.cyprusalive.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-09-18.