Geografi Luksemburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kota dan sungai di Luksemburg

Luksemburg adalah negara kecil yang terletak di dataran rendah dan bagian dari Eropa Barat. Negara ini berbatasan dengan Belgia sepanjang 148 kilometer (92 mil) ke barat dan utara, Prancis (73 km [45 mi]) ke selatan, dan Jerman (138 km [86 mi]) ke timur. Luksemburg merupakan negara yang terkurung daratan dan dipisahkan dari Laut Utara oleh Belgia.

Topografi negara ini terbagi dengan sangat jelas antara perbukitan Oesling di sepertiga utara Grand Duchy dan dataran Gutland, yang menempati dua pertiga wilayah selatan. Sungai terpanjang di negara ini adalah Sauer, yang merupakan anak sungai dari Moselle, cekungan yang mencakup hampir semua wilayah Luksemburg. Sungai besar lainnya termasuk Alzette di selatan dan Wiltz di utara.

Kota Luksemburg adalah ibu kota negara dan sejauh ini merupakan kota terbesar, yang terletak di Gutland, seperti juga sebagian besar pusat populasi utama negara, termasuk Esch-sur-Alzette, Dudelange, dan Differdange. Selain Kota Luksemburg, kota-kota utama lainnya terutama terletak di wilayah Tanah Merah selatan, yang melapisi perbatasan antara Luksemburg dan Prancis di selatan.

Geografi fisik[sunting | sunting sumber]

Topografi[sunting | sunting sumber]

Peta relief Luksemburg dengan jelas menggambarkan dikotomi antara perbukitan Oesling di utara dan selatan Gutland.

Meskipun ukurannya kecil, Luksemburg memiliki topografi yang bervariasi, dengan dua fitur utama pada lanskapnya. Bagian utara negara itu dibentuk oleh bagian dari dataran tinggi Ardennes, di mana ketinggian gunung berkisar dari 450 hingga 560 meter (1.500 hingga 1.800 kaki). Sisa negara terdiri dari pedesaan bergelombang dengan lembah yang luas. Ibukotanya, Kota Luksemburg terletak di bagian selatan negara itu.

Hijau jantung Eropa[sunting | sunting sumber]

Karena tanahnya sangat sulit untuk diolah, sebagian besar tanah digunakan untuk penggembalaan ternak. Wilayah Ardennes juga mencakup Taman Nasional Upper Sûre, kawasan konservasi penting dan tempat peristirahatan pejalan kaki.

Di sebelah selatan Sungai Sauer, negara ini dikenal sebagai Gutland. Wilayah ini mencakup sedikit lebih dari dua pertiga negara.

Medannya naik dan turun perlahan dengan ketinggian rata-rata 200 m (700 ft). Pertanian adalah kegiatan utama sebagai istilah Gutland muncul dari tanah yang subur dan hangat, musim panas yang kering dialami adalah bagian dari Kadipaten dibandingkan dengan wilayah Oesling.

Akibatnya, sayuran dan buah-buahan, seperti strawberry, Apel, Prem, dan Ceri, ditanam dalam jumlah besar. Erosi sungai di daerah ini telah menciptakan ngarai dan gua yang dalam, menghasilkan beberapa pemandangan yang spektakuler.

Di ujung selatan negara itu terletak "tanah batu merah" - referensi ke deposit mineral yang ditemukan di sini. Kaya akan bijih besi, distrik ini telah menjadi kawasan pertambangan dan industri berat sejak zaman Romawi dan membentang lebih dari 19 km (12 mi). Cerobong-cerobong tinggi dari besi dan baja adalah ciri khas kawasan industri selatan. Di sebelah timur terdapat lembah anggur yang tumbuh di Moselle. Banyak desa terletak di lembah yang dalam dan di belakang kebun anggur di sepanjang tepi sungai. Sebagian besar desa memiliki setidaknya satu kilang anggur. Juga di timur adalah area "Swiss Kecil", yang dicirikan oleh lembah berhutan dan jurang dalam formasi batuan yang tidak biasa.

Sungai dan danau[sunting | sunting sumber]

Luksemburg memiliki sejumlah sungai kecil, seperti Eisch, Alzette, dan Pétrusse, tetapi sungai utamanya adalah Moselle dengan anak-anak sungainya-Sre dan Our. Bersama-sama mereka berfungsi sebagai batas alami antara Luksemburg dan Jerman. Di sepanjang tepiannya, banyak kastil abad pertengahan di negara itu dapat ditemukan.

Moselle sebenarnya naik di timur laut Prancis dan mengalir ke utara melalui Luksemburg untuk 31 km (19 mi) untuk bergabung dengan Rhine yang perkasa di Koblenz, Jerman. Moselle memiliki panjang 544 km (544 km), dan dapat dilayari, karena kanalisasi untuk 64 km (40 mi). Lereng hijau, ditutupi dengan tanaman merambat, mengapit aliran sungai yang berkelok-kelok.

Naik di Belgia, Sungai Sûre mengalir sejauh 172 km (107 mi) ke arah timur melalui Luksemburg dan masuk ke Moselle. Jalurnya yang berliku-liku pada dasarnya memotong Luksemburg dari timur ke barat. Sungai Our, yang mengalir di sepanjang perbatasan timur laut, adalah anak sungai dari Sûre. Lembahnya dikelilingi oleh pedesaan yang masih alami.

Danau Sre Atas adalah hamparan air terbesar di Grand Duchy. Dikelilingi oleh vegetasi yang rimbun dan anak sungai yang tenang, danau ini merupakan pusat olahraga air, seperti berlayar, kano, dan kayak. Kegiatan di luar ruangan seperti itu, yang menjadikannya tempat yang menarik bagi wisatawan, telah menyebabkan pertumbuhan industri kerajinan lokal.

Kota Esch-sur-Sre terletak di salah satu ujung danau. Tepat di atasnya, sungai telah dibendung untuk membentuk waduk pembangkit listrik tenaga air yang memanjang beberapa 10 km (6 mi) ke atas lembah. Bendungan Upper Sûre dibangun pada tahun 1960-an untuk memenuhi kebutuhan air minum negara tersebut.

Titik ekstrim[sunting | sunting sumber]

Elevasi ekstrem:
titik terendah: Moselle di Wasserbillig 133 m
titik tertinggi: Kneiff di Troisvierges 560 m

Lingkungan[sunting | sunting sumber]

Iklim[sunting | sunting sumber]

Luxembourg City climate.PNG

Luksemburg adalah bagian dari wilayah iklim benua Eropa, dan menikmati iklim sedang tanpa ekstrem. Musim dingin ringan, musim panas cukup sejuk, dan curah hujan tinggi.

Cuaca musiman agak berbeda antara wilayah utara dan selatan. Di utara ada pengaruh yang cukup besar dari sistem Atlantik, di mana berlalunya depresi tekanan yang sering menimbulkan kondisi cuaca yang tidak stabil. Hal ini menyebabkan langit mendung dan gerimis yang cukup besar di musim dingin.

Curah hujan mencapai 1.200 mm (47,2 in) setahun di beberapa daerah. Di musim panas, panas yang berlebihan jarang terjadi dan suhu turun drastis di malam hari. Temperatur dan kelembapan yang rendah membuat apa yang disebut oleh mereka yang tinggal di bagian negara ini, secara optimis, sebagai "iklim yang menyegarkan".

Di selatan, meskipun curah hujan tidak terlalu rendah, sekitar 800 mm (31,5 in), dan musim dingin tidak lebih ringan, perbedaan utamanya adalah pada suhu musim panas yang lebih tinggi, terutama di Lembah Moselle. Tanaman, terutama anggur anggur, tumbuh subur di sini. Dengan suhu tahunan rata-rata 10 °C (50 °F), bulan-bulan tercerah adalah Mei hingga Agustus. Di musim semi, pedesaan dipenuhi dengan bunga liar dan bunga bermekaran.

Flora[sunting | sunting sumber]

Flora Luksemburg dicirikan oleh lokasi negara di perbatasan antara zona iklim Atlantik-Eropa dan Eropa Tengah. Di utara, pohon beech dan oak berlimpah. Pohon ek dapat tumbuh hingga 30–45 m (98–148 ft), dengan diameter 12–24 m (39,4–78,7 ft). Mereka memasok kayu keras yang sangat baik dalam jumlah besar karena kekuatannya.

Di sepanjang tepi sungai, spesies seperti alder hitam dan dedalu dapat ditemukan. Kayu alder berwarna kuning pucat hingga coklat kemerahan, bertekstur halus dan tahan lama bahkan di bawah air. Ini juga merupakan pohon kayu yang penting terutama karena sifatnya yang tahan penyakit. Pohon willow dapat mencapai ketinggian 20 m (66 ft), dan dihargai untuk tujuan hias.

Lembah-lembah sempit di utara yang menorehkan dalam juga menyediakan habitat bagi tumbuhan dan hewan langka, terutama Berang-berang Eropa, spesies yang dilindungi. Di selatan industri, di antara tambang yang terbengkalai dan tambang terbuka yang sepi, alam telah mengambil kembali miliknya, dan ada bunga di mana-mana.

Perjanjian internasional[sunting | sunting sumber]

Pesta ke: Polusi Udara, Polusi Udara-Nitrogen Oksida, Polusi Udara-Belerang 85, Polusi Udara-Belerang 94, Polusi Udara-Senyawa Organik Mudah Menguap, Keanekaragaman Hayati, Perubahan Iklim, Desertifikasi, Spesies Terancam Punah, Limbah Berbahaya, Pembuangan Laut, Larangan Uji Nuklir, Lapisan Ozon Perlindungan, Polusi Kapal, Kayu Tropis 83, Kayu Tropis 94, Lahan Basah

Ditandatangani, tetapi tidak diratifikasi: Polusi Udara-Pencemar Organik Persisten, Perubahan Iklim-Protokol Kyoto, Modifikasi Lingkungan, Hukum Laut

Statistik Geografis[sunting | sunting sumber]

Peta detail Grand Duchy

Koordinat geografis: 49°45′N 6°10′E / 49.750°N 6.167°E / 49.750; 6.167

Daerah:
jumlah: 2 586 km2
tanah: 2 586 km2
air: 0 km2

Sumber daya alam: bijih besi (tidak lagi dieksploitasi), tanah subur

Penggunaan lahan:
tanah subur: 23,9%
tanaman permanen: 0,56%
lainnya: 75,52% (2011)

Tanah irigasi: 10 km2 (termasuk Belgia) (perkiraan 1993)

Total sumber daya air terbarukan: 3,1 km3

Referensi[sunting | sunting sumber]