Gandum kamut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gandum kamut
Triticum turanicum
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmonocots
Kladcommelinids
OrdoPoales
FamiliPoaceae
SubfamiliPooideae
TribusTriticeae
GenusTriticum
SpesiesTriticum turanicum
Jakubz.
Tata nama
Sinonim takson

Gandum khorasan atau gandum kamut ( Triticum turgidum ssp. turanicum disebut juga Triticum turanicum ) merupakan spesies gandum tetraploid. [2] Bijinya berukuran dua kali lipat gandum modern dan memiliki rasa kacang yang kuat.

Bentuk kehidupan[sunting | sunting sumber]

Sebagai rumput tahunan yang subur dan dibudidayakan untuk diambil bijinya, gandum kamut terlihat sangat mirip dengan gandum pada umumnya . Namun, butirannya dua kali lebih besar dari biji gandum modern, dengan berat seribu biji hingga 60 gram (2,1 ons) . Mereka mengandung lebih banyak protein, lipid, asam amino, vitamin dan mineral dibandingkan gandum modern. [3] Bijinya memiliki warna kuning dan kebeningan yang tinggi. [4]

Hasil[sunting | sunting sumber]

Hasil rata-rata aktual gandum kamut adalah 11–13 ton per hektare (9.800–11.600 pon per ekar) .[butuh rujukan]</link>[ kutipan diperlukan ] Di tahun-tahun yang lebih kering, gandum kamut kadang-kadang dapat menghasilkan hasil lebih banyak daripada gandum durum .[butuh rujukan]</link>[ kutipan diperlukan ] Namun, pada tahun-tahun normal atau basah, hasil panennya sekitar 1/3 lebih sedikit dibandingkan gandum durum .

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Dengan hanya 6.500 hektare (16.000 ekar) yang dibudidayakan di seluruh dunia, gandum kamut tidak memainkan peran penting dalam sistem pangan dunia. Dengan menangkap ceruk pasar ini, gandum Kamut mengimbangi kelemahan agronominya. [5]

Penggunaan produk[sunting | sunting sumber]

Gandum kamut digunakan sama seperti gandum modern. Biji-bijiannya bisa dikonsumsi utuh, atau digiling menjadi tepung. Hal ini dapat ditemukan dalam roti, campuran roti, sereal sarapan, kue, wafel, pancake, bulgur, makanan yang dipanggang, pasta, minuman, bir, dan makanan ringan.

Terlepas dari kualitas nutrisinya, gandum Kamut dikenal karena teksturnya yang halus dan rasa seperti kacang dan mentega. [6]

Nutrisi dan komposisi[sunting | sunting sumber]

Nutrisi[sunting | sunting sumber]

  Di setiap 100-gram (3+12-ons)Penyajian referensi , gandum Kamut menyediakan 1.410 kilojoule (337 kilocalorie) energi makanan dan merupakan sumber yang kaya (lebih dari 19% Nilai Harian, DV) dari berbagai nutrisi penting, termasuk protein (29% DV), serat makanan (46% DV), beberapa vitamin B dan mineral makanan, terutama mangan (136% DV) (tabel). Gandum Khorasan mengandung 11% air, 70% karbohidrat, 2% lemak, dan 15% protein (tabel).

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Gandum Kamut memiliki kandungan protein tinggi yang meningkatkan sifat kebeningannya [7] yang menunjukkan hasil penggilingan yang baik. [8]

Perekat[sunting | sunting sumber]

Karena gandum kamut mengandung gluten, maka tidak cocok untuk orang dengan kelainan terkait gluten, seperti penyakit celiac, sensitivitas gluten non-celiac, dan penderita alergi gandum, dan lain-lain. [9]

Persyaratan iklim dan tanah[sunting | sunting sumber]

Iklim kontinental sedang dengan malam dingin di awal musim semi (lihat vernalisasi ), tingkat curah hujan rendah hingga sedang (500–1.000 mm per tahun), dan musim panas yang cerah dan hangat untuk pematangan yang optimal merupakan kondisi iklim khas yang disukai gandum kamut. Kondisi ini sangat mirip dengan gandum durum yang berasal dari wilayah yang sama. Namun, karena upaya pemuliaan gandum Khorasan sangat jarang (lihat bab di bawah), adaptasi terhadap kondisi iklim lainnya masih terbatas.

Gandum Kamut terkenal karena ketahanannya terhadap kekeringan, bahkan lebih baik dibandingkan gandum durum. Curah hujan yang terlalu banyak, terutama pada akhir musim, biasanya menyebabkan masalah penyakit yang parah (lihat bagian di bawah).

Tanah yang biasanya digunakan untuk gandum Kamut sama dengan tanah untuk gandum durum: tanah liat hitam gembur dengan kapasitas penyimpanan air tertentu, juga dikenal sebagai vertisol . [10]

Penanaman[sunting | sunting sumber]

Praktek budidayanya sangat mirip dengan spesies gandum lainnya, terutama gandum durum. Karena sebagian besar gandum Kamut diproduksi secara organik, pasokan nutrisi (terutama nitrogen ) harus diberikan melalui rotasi tanaman yang sesuai, seperti legum padang rumput sebelumnya. [11] Kandungan nutrisi pada gandum Kamut menjadi ciri terpenting dari tanaman ini dan menjadi alasan mengapa ia dibudidayakan. Oleh karena itu, pasokan nutrisi merupakan salah satu aspek penting dalam produksi ini.

Panen secara umum mengikuti prosedur yang sama seperti pada spesies gandum lainnya. Segera setelah biji-bijian matang, mesin pemanen gabungan mengirik gandum Kamut. Namun berbeda dengan gandum pada umumnya, biji gandum Kamut sangat rapuh dan mudah pecah menjadi dua, sehingga proses panen dan pasca panen menjadi lebih lembut.

Penyakit[sunting | sunting sumber]

Kisaran penyakit pada gandum Kamut kurang lebih sama dengan semua spesies gandum lainnya. Penyakit utama biasanya disebabkan oleh jamur, misalnya penyakit hawar kepala Fusarium atau “ ujung hitam ”. Gandum Kamut iketahui sangat rentan terhadap penyakit hawar kepala Fusarium . [12]

Karena tingginya kerentanan terhadap jamur, rotasi tanaman menjadi cukup penting, terutama dalam kondisi produksi organik. Persyaratan rotasinya kurang lebih mirip dengan gandum durum. [13] Tergantung pada kondisi produksi tertentu, produksi gandum kamut setelah jagung atau serealia lainnya harus dihindari. Rotasi yang kuat biasanya mencakup beberapa tanaman berikut: kanola, bunga matahari, kacang-kacangan, sorgum, dan kacang-kacangan padang rumput .

Aspek pemuliaan[sunting | sunting sumber]

Tujuan tradisional pemuliaan tanaman adalah untuk meningkatkan kualitas agronomi atau nutrisi suatu tanaman. Tujuan umumnya adalah meningkatkan hasil, mengurangi kerentanan terhadap penyakit dan hama, pematangan homogen (untuk mengoptimalkan panen) dan meningkatkan toleransi terhadap tekanan lingkungan, misalnya kekeringan, tanah asam, suhu tinggi atau dingin, dll. Sebagian besar spesies gandum yang dikenal saat ini adalah poliploid . Sedangkan gandum roti pada umumnya bersifat heksaploid, sedangkan gandum Kamut bersifat tetraploid . [14] Untuk melakukan pembiakan lebih lanjut dengan gandum Kamut tetraploid ini, kumpulan genetik yang digunakan sedikit terbatas pada subspesies tetraploid triticum turgidum seperti durum (subsp. durum ), gandum polandia (subsp. polonicum ), gamdum persia (subsp. carthlicum ), Gandum Emmer (subsp. dicoccum ) dan Poulard (subsp. turgidum ). Terutama untuk mengembangkan resistensi terhadap jamur umum (misalnya penyakit hawar kepala Fusarium), kumpulan genom ini menarik. Permasalahan dalam hal ini adalah tidak pentingnya secara ekonomi sebagian besar subspesies gandum tetraploid (kecuali durum), yang membatasi investasi untuk melakukan pembiakan intensif, terutama dibandingkan dengan gandum roti biasa yang sangat penting. [15]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Plant List: A Working List of All Plant Species". 
  2. ^ Oliver R. E.; Cai X.; Friesen T. L.; Halley S.; Stack R. W.; Xu S. S. (2008). "Evaluation of Fusarium Head Blight Resistance in Tetraploid Wheat (Triticum turgidum L.)". Crop Science. 48 (1): 213–222. doi:10.2135/cropsci2007.03.0129. 
  3. ^ Amal M.H. Abdel Haleem; Henar A. Seleem; Wafaa K. Galal (2012). "Assessment of Kamut wheat quality". World Journal of Science, Technology and Sustainable Development. 9 (3): 194–203. doi:10.1108/20425941211250543. 
  4. ^ Quinn, R.M (1999). "Kamut: Ancient grain, new cereal". In Janick, J. Perspectives on new crops and new uses. Alexandria: ASHS Press. hlm. 182–183. 
  5. ^ Singh, Av (Winter 2007). "Ancient Grains, a wheat by any other name". The Canadian Organic Grower. 
  6. ^ Amal M.H. Abdel Haleem; Henar A. Seleem; Wafaa K. Galal (2012). "Assessment of Kamut wheat quality". World Journal of Science, Technology and Sustainable Development. 9 (3): 194–203. doi:10.1108/20425941211250543. 
  7. ^ El-Rassas, H.N.; Atwa, M.F.; Mostafa, K.M. (1989). "Studies on the effect of gamma rays on the technological characteristics of some Egyptian wheat varieties". Faculty Journal of Agricultural Research Development. 3 (1): 1–21. 
  8. ^ Amal M.H. Abdel Haleem; Henar A. Seleem; Wafaa K. Galal (2012). "Assessment of Kamut wheat quality". World Journal of Science, Technology and Sustainable Development. 9 (3): 194–203. doi:10.1108/20425941211250543. 
  9. ^ Tovoli F, Masi C, Guidetti E, Negrini G, Paterini P, Bolondi L (Mar 16, 2015). "Clinical and diagnostic aspects of gluten related disorders". World J Clin Cases. 3 (3): 275–84. doi:10.12998/wjcc.v3.i3.275. PMC 4360499alt=Dapat diakses gratis. PMID 25789300. 
  10. ^ Kneipp J. (2008), Durum wheat production, State of New South Wales through NSW Department of Primary Industries - Tamworth Agricultural Institute, Calala
  11. ^ Kneipp J. (2008), Durum wheat production, State of New South Wales through NSW Department of Primary Industries - Tamworth Agricultural Institute, Calala
  12. ^ Oliver R. E.; Cai X.; Friesen T. L.; Halley S.; Stack R. W.; Xu S. S. (2008). "Evaluation of Fusarium Head Blight Resistance in Tetraploid Wheat (Triticum turgidum L.)". Crop Science. 48 (1): 213–222. doi:10.2135/cropsci2007.03.0129. 
  13. ^ Kneipp J. (2008), Durum wheat production, State of New South Wales through NSW Department of Primary Industries - Tamworth Agricultural Institute, Calala
  14. ^ Singh, Av (Winter 2007). "Ancient Grains, a wheat by any other name". The Canadian Organic Grower. 
  15. ^ Oliver R. E.; Cai X.; Friesen T. L.; Halley S.; Stack R. W.; Xu S. S. (2008). "Evaluation of Fusarium Head Blight Resistance in Tetraploid Wheat (Triticum turgidum L.)". Crop Science. 48 (1): 213–222. doi:10.2135/cropsci2007.03.0129.