Dikasteri untuk Gereja-gereja Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dikasteri untuk Gereja-gereja Timur
Lambang Takhta Suci

Palazzo dei Convertendi, takhta bagi Dikasteri untuk Gereja-gereja Timur
Informasi Dikasteri
Dibentuk6 Januari 1862; 162 tahun lalu (1862-01-06)
Nomenklatur sebelumnya
  • Congregatio de Propaganda Fide pro negotiis ritus orientalis
  • Congregatio pro Ecclesia Orientali
  • Congregation for the Oriental Churches
JenisDikasteri
Kantor pusatPalazzo dei Convertendi,
Roma,  Italia
Dikasteri eksekutif

Dikasteri untuk Gereja-Gereja Timur (juga disebut Dikasteri untuk Gereja-Gereja Timur), sebelumnya bernama Kongregasi untuk Gereja-Gereja Timur[1] atau Kongregasi untuk Gereja-Gereja Timur[2] (bahasa Latin: Congregatio pro Ecclesiis Orientalibus), adalah sebuah dikasteri dlam Kuria Roma yang bertanggung jawab untuk berhubungan dengan Gereja-Gereja Katolik Timur demi membantu perkembangan mereka dan melindungi hak-hak mereka. Dikaster ini juga mempertahankan keseluruhan dan keseluruhan warisan dalam satu Gereja Katolik dan hukum kanon dari berbagai tradisi Katolik Timur. Dikasteri ini memiliki otoritas eksklusif atas wilayah berikut: Mesir dan Semenanjung Sinai, Eritrea dan utara Ethiopia, selatan Albania dan Bulgaria, Siprus, Yunani, Iran, Irak, Lebanon, Israel (dan wilayah Palestina), Suriah, Yordania dan Turki,[1] dan juga mengawasi yurisdiksi yang berbasis di Rumania, Italia Selatan , Hongaria, India dan Ukraina.

Didirikan oleh motu proprio Dei providentis dari Paus Benediktus XV sebagai "Kongregasi Suci untuk Gereja Timur" pada tanggal 1 Mei 1917.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Jemaat Gereja-Gereja Oriental: Profil". vatican.va. Diakses tanggal 2019-06-10. 
  2. ^ per-le-chiese-orientali.index.html "Jemaat untuk Gereja-Gereja Timur" Periksa nilai |url= (bantuan). www.vatican.va. Diakses tanggal 08-06-2022.